Rabu, 08 Juni 2011

Metode Pemahaman dan Analisis Hadits

A. Pendahuluan
Secara epistemologis, hadis dipandang oleh mayoritas umat Islam sebagai sumber ajaran Islam kedua setelah Al-Qur’an. Sebab ia merupakan baya>n (penjelas), terhadap ayat-ayat Al-Qur’an yang masih mujmal (global), ‘a>m (umum) dan yang mut}laq (tanpa batasan). Bahkan secara mandiri hadis dapat berfungsi sebgai penetap (muqarrir) suatu hukum yang belum ditetapkan oleh Al-Qur’an.[1]
Hadis sebagai sumber kedua, nampaknya selalu menarik untuk dikaji, baik yang menyangkut tentang kritik otentitas atau validitas (sanad dan matan) maupun metodologi pemahaman (syarh}) hadis itu sendiri.
Para ulama dahulu telah banyak mencoba melakukan penafsiran atau pemahaman hadis yang terdapat dalam al-Kutub al-Sittah, yakni dengan menulis kitab syarah terhadap kitab tersebut.

Meskipun demikian, upaya untuk menemukan metode yang digunakan ulama dalam penyusunan kitab syarah hadis tersebut hampir-hampir tidak pernah tersentuh. Namun dari beberapa metode yang dipergunakan oleh para ulama dalam menyusun kitab syarh} tersebut dapat diklasifikasikan beberapa metode pemahaman hadis, yakni metode tahli>li>, metode ijma>li>, dan metode muqa>rin.[2]
B. Metodologi Pemahaman Hadis
1. Metode dan Metodologi
Kata “metode” berasal dari bahasa Yunani methodos, yang berarti cara atau jalan.[3] Dalam bahasa Inggris, kata ini ditulis method, dan bangsa Arab menerjemahkannya dengn t}ari>qat dan manhaj. Dalam bahasa Indonesia, kata tersebut mengandung arti: cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki; cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.[4] Sedangkan metodologi berasal dari bahasa Yunani methodos yang berarti cara atau jalan, logos artinya ilmu. Kata metodologi dalam Kamus Besar Bahasa Indosesia diartikan sebagai ilmu tentang metode; uraian tentang metode.[5]
2. Pemahaman (Syarh})
Kata syarah (Syarh} ) berasal dari bahasa Arab, Syarah}a-Yasyrah}u-Syarh}an yang artinya menerangkan, membukakan, melapangkan.[6] Istilah syarh} (pemahaman) biasanya digunakan untuk hadis, sedangkan tafsir untuk kajian Al-Qur’an. Dengan kata lain, secara substansial keduanya sama (sama-sama menjelaskan maksud, arti atau pesan); tetapi secara istilah, keduanya berbeda. Istilah tafsir (tafsi>r) spesifik bagi Al-Qur’an (menjelaskan maksud, arti, kandungan, atau pesan ayat Al-Qur’an), sedangkan istilah Syarah (syarh}) meliputi hadis (menjelaskan maksud, arti, kandungan, atau pesan hadis) dan disiplin ilmu lain.[7]
Jadi maksud dari metodologi pemahaman (syarh}) hadis ialah ilmu tentang metode memahami hadis. Dengan demikian, kita dapat membedakan antara dua istilah, yakni metode syarh}: cara-cara memahami hadis, sementara metodologi syarh}: ilmu tentang cara tersebut. Metode yang digunakan oleh pensyarahan hadis ada tiga, yaitu metode tahli>li>, metode ijma>li>, dan metode muqa>rin. Adapun untuk melihat kitab dari sisi bentuk pensyarahan, digunakan teori bentuk syarh} bi al-ma`s|ur dan syarh} bi al-ra’y. Sedangkan dalam menganalisis corak kitab digunakan teori kategorisasi bentuk syarh} fiqhy, falsafy, sufy, atau lugawy.[8]
C. Metode-metode Pemahaman (syarh}) Hadis
1. Metode Tahli>li> (Analitis)
a. Pengertian
Metode syarh} tahli>li> adalah menjelaskan hadis-hadis Nabi dengan memaparkan segala aspek yang terkandung dalam hadis tersebut serta menerangkan makna-makna yang tercangkup di dalamnya sesuai dengan kecenderungan dan keahlian pensyarah. [9]
Dalam menyajikan penjelasan atau komentar, seorang pensyarah hadis mengikuti sistematika hadis sesuai dengan urutan hadis yang terdapat dalam sebuah kitab hadis yang dikenal dari al-Kutub al-Sittah.
Pensyarah memulai penjelasannya dari kalimat demi kalimat, hadis demi hadis secara berurutan. uraian tersebut menyangkut berbagai aspek yang dikandung hadis seperti kosa kata, konotasi kalimatnya, latar belakang turunnya hadis (jika ditemukan), kaitannya dengan hadis lain, dan pendapat-pendapat yang beredar di sekitar pemahaman hadis tersebut, baik yang berasal dari sahabat, para tabi'in maupun para ulama hadis.[10]
b. Ciri-ciri Metode Tahli>li>
Secara umum kitab-kitab syarah yang menggunakan metode tahli>li> biasanya berbentuk ma's\ur (riwayat) atau ra'y (pemikiran rasional). Syarah yang berbentuk ma's\ur ditandai dengan banyaknya dominasi riwayat-riwayat yang datang dari sahabat, tabi'in atau ulama hadis. Sementara syarah yang berbentuk ra'y banyak didominasi oleh pemikiran rasional pensyarahnya.
Kitab-kitab syarah yang menggunakan metode tahli>li> mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1). Pensyarahan yang dilakukan menggunakan pola menjelaskan makna yang terkandung di dalam hadis secara komprehensif dan menyeluruh.
2). Dalam pensyarahan, hadis dijelaskan kata demi kata, kalimat demi kalimat secara berurutan serta tidak terlewatkan juga menerangkan sabab al wuru>d dari hadis-hadis yang dipahami jika hadis tersebut memiliki sabab wuru>dnya.
3). Diuraikan pula pemahaman-pemahaman yang pernah disampaikan oleh para sahabat, tabi' in dan para ahli syarah hadis lainnya dari berbagai disiplin ilmu.
4). Di samping itu dijelaskan juga muna>sabah (hubungan) antara satu hadis dengan hadiis lain.
5). Selain itu, kadang kala syarah dengan metode ini diwamai kecenderungan pensyarah pada salah satu mazhab tertentu, sehingga timbul berbagai corak pensyarahan, seperti corak fiqhy dan corak lain yang dikenal dalam bidang pemikiran Islam.[11]
c. Contoh
Dalam kitab syarah hadis fat}h al-Ba>ri> bi Syarh} Sah}ih} al-Bukha>ri terhadap hadis al-Bukhari sebagai berikut:[12]
حدثنا الحميدي عبد الله بن الزبير قال حدثنا يحيى بن سعيد الأنصاري قال أخبرنـي محمّد ابن إبراهيم التيمي أنه سمع علقة بن وقاص الليثي يقول سمعت عمر بن الخطاب رضي الله عنه على الـمنبر قال سمعت رسول الله صلّى الله عليه و سلّميقول إنّما الأعمال بالنّيات و إنّما لكلّ امرئ ما نوى فمن كانت هجرته الى دنيا يصيبها أو إلى امرأة ينكحها فهجرته إلى ما هجر إليه.
قوله حدثنا (الحميدي (هو أبو بكر(عبد الله بن الزبير) بن عيسى منسوب إلى حميد بن أسامة بطن من بني أسد بن عبد العزى بن قصي رهط خديجة زوج النّبي صلّى الله عليه و سلّم يجتمع معها في أسد ويجتمع مع النّبي صلّى الله عليه وسلّم في قصي وهو إمام كبير مصنف رافق الشافعي في الطلب عن بن عيينة وطبقته و أخذ عنه الفقه و رحل معه إلى مصر ورجع بعد وفاته ‘لى مكة ‘لى أن مات بها سنة تسع عشرة و مائتين فكأن البخاري امتثل قوله صلّى الله عليه و سلّم قدموا قريشا فافتتح كتابه بالرواية عن الحميدي لكونه أفقه قرشي أخذ عنه و له مناسبة أخرى لأنه مكي كشيخه فناسب أن يذكر في أول ترجمة بدء الوحي لأن ابتداءه كان بمكة ومن ثم ثنى بالرواية عن مالك لأنه شيخ أهل المدينة وهي تالية لمكة في نزول الوحي و في جميع الفضل و مالك و ابن عيينة قرينان قال الشّافعي لولاهما لذهب العلم من الحجاز قوله (حدثنا سفيان) هو ابن عيينة بن أبي عمران الهلالي أبو محمد المكي أصله و مولده الكوفة و قد شارك مالكا في كثير من شيوخه و عاش بعده عشرين سنة وكان يذكر أنه سمع من سبعين من التّابعين قوله (عن يحي بن سعيد) حدثنا يحي بن سعيد (الأنصاري) اسم جده قيس بن عمرو و هو صحابي و يحي من صغار التّابعين و شيخه(محمد بن إبراهيم) بن الحارث بن خالد (التيمي) من أوساط التّابعين...والله اعلم.
وقد اعترض على المصنف في إدخاله حديث الأعمال هذا في ترجمة بدء الوحي و أنه لا تعلق له به أصلا بحيث أن الخطابي في شرخه و الإسماعيلي في مستخرجه أخرجاه قبل الترجمة لاعتقادهما أنه إنما أورده للتبرك به فقد واستصوب أبو القاسم بن منده صنيع الإسماعيلي في ذلك وقال بن رشيد لم يقصد البخاري بإراده سوى بيان حسن نيته فيه في هذا التأليف و قد تكلفت مناسبته للترجمة فقال كل بحسب ماظهر له انتهى و قد قيل إنه أراد أنيقيمه مقام الخطبة للكتاب لأنه في سياقه أن عمر قاله على المنبر بمحضرة الصحابة فـإذا صلح أن يكون في خطبة المنبر صلح أن يكون في خطبة الكتاب وحكى الملهب أن النبي صلّى الله عليه وسلّم خطب به حين قددم المدينة مهاجرا فنـاسب إيراده في بدء الوحي لأن الأحوال التي كانت قبل لهـجرة كانت كالمقدمة لها لأن بالهجرة افتتح الإذن في قـتال المشركين ويعقبه النصر والظفر والفتح انتهى وهذا وجه حسن إلا أنني لأم أر ماذكره من كونـه صلى الله عليه وسلم يقول ياأيها الناس إنـما الأعمال بالنية الحديث ففي هذا إلى أنه كان في حال الخطبة أما كونه في ابتداء قدومه إلى المدينـة فلم أر مايدل عليه ولعل قائله استند إلى ماروى في قصة مهاجر أم قيس قال بن دقيق العيد نقلوا أن رجلا هاجر من مكة إلى المدينة لا يريد بذلك فضيلة
...فزادت على مانقل عمن تقدم كما سيأتي مثال لذالك في الكلام على حديث بن عمر في غسل الجمعة إن شاءالله تعالى قوله على المنبر بكسر الميم و اللام للعهد أي منبر المسجد النبوي و وقع في رواية حماد بن زيد عن يحي في ترك الحيل سمعت عمر يخطب قوله إنما الأعمال بالنيات كذا أورد هنا وهو من مقابلة الجمع بالجمع أي كل عمل بنيته و قال الخوبي كأنه أشار بذلك إلى أن النية تتنوع كما تتنوع الأعمال مكن قصد بعمله وجه الله أو تحصيل موعوده أو اتقاء لوعيده ووقع في معظم الروايات بإفراد النية ووجه أن محل النية القلب وهو متحد فناسب افرادها بخلاف الأعمال فأنـها متعلقة بالظواهر و هي متعددة فناسب جمعها ولأن النية ترجع إلى الإخلاص وهو واحد للواحد الذي لا شريك له ووقع في صحيح بن حبان بلفظ الأعمال بالنيات بحذف إنّما و جمع الأعمال و النيات و هي ما وقع في كتاب الشهاب للقضاعي و وصله في مسنده كذلك وأنكره أبو موسى المديني كما نقله النووي و أقره و هو متعقب برواية بن حبان بل و قع في رواية مالك عن يحي الثوري و في الهجرة من رواية حماد بن زيد و وقع عنده فى النكاه بلفظ العمل بالنية بإفراد كل منهما والنية بكسر النون و تشديد التحتانية على المشهور و في بعض اللغات بتحفيفها قال الرماني قوله إنما الأعمال بالنيات هذا التركيب يفيد الحصر عند المحققين و اختلف في وجه افادتـه فقيل لأن الأعمال جمع محلى بالألف و اللام مفيد للاستغراق و هو ملتزم للقصر لأن معناه كل عمل بنية فلا عمل الا بنية و قيل لأن إنما للحصر و هل افادتـها له بالمنطوق أو بالمفهوم أو تفيد الحصر بالوضع أو العرف أو تفيده بالحقيقة أو المجاز....الى الأخر
... لأن المراد بالأعمال أعمال العبادة و هي لا تصح من الكافر وإن كان مخاطبا بها معاقبا على تركها ولا يرد العتق و الصدقة لأنـهما بدليل آخر قوله بالنيات الباء للمصاحبة و يحتمل أن تكون للسببية بمعنى أنها مقومة للعمل فكأنها سبب في ايجاده و على الأول فهي من نفس العمل فيشترط أن لا تتخلف عن أوله قال النووي النية القصد و هي عزيمة القلب و تعقبه الكرماني بأن عزيمة القلب قدر زائد على أصل القصد واختلف الفقهاء هل هي ركن أو شرط والمرجح أن ايجادها ذكرا في أول العمل ركن واستصحابـها حكما بمعنى أن لايأتي بمناف شرعا شرط و لابد من محذوف يتعلق به الجار و المجرور فقيل تعتبر و قيل تصح و قبل تحصل و قيل تستقر.
...قال الطبي كلام الشارع محمول على بيان الشرع لأن المخاطبين بذلك هم أهل اللسان فكأنـهم خوطبوا بما ليس لهم به علم إلا من قبل الشارع فيتعين الحمل على مايفيد الحكم الشرعي و قال البيضاوي النية عبارة عن انبعاث القلب نحو مايراه موافقا لغرض من جلب نفح أو دفع ضر حالا أو مالآ
و الشرع خصصه بالارادة المتوجهة نحو الفعل لابتغاء رضاء الله وامتثال حكمه و النية في الحديث محمولة على المعنى اللغوي ليحسن تطبيقه على مابعده و تقسيمه أحوال المهاجر فإنـه تفصيل لما أجمل....
Dari kutipan syarah di atas dapat diketahui bahwa dalam menerangkan hadis, pensyarah mengemukakan analisis tentang periwayat (ra>wi>) sesuai dengan urutan sanad, sabab al-wuru>d, juga menyajikan hadis-hadis lain yang berhubungan dengan hadis tersebut, bahkan ayat al-Qur’an yang berkenaan dengan hadis. Pensyarah menggunakan riwayat riwayat dari para ulama. Syarah banyak didominasi oleh pendapat mereka, sehingga dari uraian yang demikian panjang, pendapat dari pensyarah hampir-hampir tidak diketemukan. Selain itu juga, disajikan penjelasan kosa kata yang terdapat didalamnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa meskipun syarah yang memakai metode analitis ini mengandung uraian yanglebih rinci, namun karena berbentuk al-ma’s\ur , pendapat dari pensyarah tetap sukar ditemukan. Inilah salah satu ciri utama yang membedakan secara mencolok dengan Syarh} bi-al-ra’y. [13]
d. Kelebihan dan Kekurangan Metode Tahli>li>
Kelebihan
1). Ruang lingkup pembahasan yang sangat luas.
Metode analitis dapat menyakup berbagai aspek: kata, frasa, kalimat, sabab al wuru>d, muna>sabah (munasabah internal) dan lain sebagainya.
2). Memuat berbagai ide dan gagasan.
Memberikan kesempatan yang sangat longgar kepada pensyarah untuk menuangkan ide-ide, gagasan-gagasan yang pernah dikemukakan oleh para ulama.
Kekurangan
1). Menjadikan petunjuk hadis parsial
Metode analitis menjadikan petunjuk hadis bersifat parsial atau terpecah-pecah, sehingga seolah-olah hadis memberikan pedoman secara tidak utuh dan tidak konsisten karena syarah yang diberikan pada hadis lain yang sama karena kurang memperhatikan hadis lain yang mirip atau sama redaksinya dengannya.
2). Melahirkan syarah yang subyektif
Dalam metode analitis, pensyarah tidak sadar bahwa dia telah mensyarah hadis secara subyektif, dan tidak mustahil pula ada di antara mereka yang mensyarah hadis sesuai dengan kemauan pribadinya tanpa mengindahkan kaidah-kaidah atau norma-norma yang berlaku.[14]
2. Metode Ijma>li> Global)
a. Pengertian
Metode ijma>li> (global) adalah menjelaskan atau menerangkan hadis­-hadis sesuai dengan urutan dalam kitab hadis yang ada dalam al-Kutub al-Sittah secara ringkas, tapi dapat merepresentasikan malrna literal hadis dengan bahasa yang mudah dimengerti dan gampang dipahami. [15]
b. Ciri-ciri Metode Ijma>li> [16]
1). Pensyarah langsung melakukan penjelasan hadis dari awal sampai akhir tanpa perbandingan dan penetapan judul.
2). Penjelasan umum dan sangat ringkas.
Pensyarah tidak memiliki ruang untuk mengemukakan pendapat sebanyak-banyaknya. Namun demikian, penjelasan terhadap hadis-hadis tertentu juga diberikan agak luas, tetapi tidak seluas metode tahli>li>.
c. Contoh
Dalam kitab syarah hadis ’Aun al-Ma’bud Syarh} Sunan Abi> Da>wud karya Muhammad bin Asyraf bin ’Ali H}aidar Al-S}iddi>qi> al-’Az}i>m A>ba>di> sebagai berikut:[17]
(غسل يوم الجمعة واجب) قال الخطابي معناه وجوب الاختيار و الاستحباب دون وجوب الفرض كما يقول الرجل لصاحبه حقك علي واجب وأنا أوجب حقك و ليس ذلك بمعنى اللزوم و الذي لا يسع غيره ويشهد لصحة هذا التأويل حديث عمر الذي تقدم ذكره انتهىز قال ابن دقيق العيد في شرح عمدة الأحكام ذهب الأكثرون إلى استحباب غسل الجمعة و هم محتاجون إلى الأعتذار عن مخالفة هذا الظاهر وقد أولوا صيغة الأمر عل الندب و صيغة الوجوب على التأكيد كمايقال إكراماك على واجب وهو تأويل ضعيف إنما يصار إليه إذا كان المعارض راجحا على هذا الظاهر وأقوى ماعارضوابه هذا الظاهر حديث من توضأ يوم الجمعة فيها ونعمت ومن اغتسل فالغسل أفضل ولايعارض سنده سند هذه الأحادث انتهى (على كل محتلم) أي بالغ وإنما ذكر الإحتلام لكونه الغالب وتفسيره بالبالغ مجاز لأن الإحتلام يستلزم البلوغ والقرينة الماسة عن الحمل على الحقيقة أن الإحتلام إذا كان معه انزال موجب للغسل سواء كان يوم الجمعة أم لا. ذكره الزرقاني قال المنذري و أخرجه البخاري و مسلم والنسائي وابن ماجه.
d. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan
1). Ringkas dan padat
Metode ini terasa lebih praktis dan singkat sehingga dapat segera diserap oleh pembacanya. Syarah tidak bertele-tele, sanad dan kritik matan sangat minim.
2). Bahasa Mudah
Pensyarah langsung menjelaskan kata atau maksud hadis dengan tidak mengemukakan ide atau pendapatnya secara pribadi.
Kekurangan
1). Menjadikan petunjuk hadis bersifat parsial
Metode ini tidak mendukung pemahaman hadis secara utuh dan dapat menjadikan petunjuk hadis bersifat parsial tidak terkait satu dengan yang lain, sehingga hadis yang bersifat umum atau samar tidak dapat diperjelas dengan hadis yang sifatnya rinci.
2). Tidak ada ruang untuk mengemukakan analisis yang memadai.
Metode ini tidak mnyediakan ruangan yang memuaskan berkenaan dengan wacana pluralitas pemahaman suatu hadis.[18]
3. Metode Muqa>rin (komparatif)
a. Pengertian
Metode Muqa>rin adalah metode memahami hadis dengan cara: (1) membandingkan hadis yang memiliki redaksi yang sama atau mirip dalam kasus yang sama atau memiliki redaksi yang berbeda dalam kasus yang sama. (2) Membandingkan berbagai pendapat ulama syarah dalam mensyarah hadis. 19
Jadi metode ini dalam memahami hadis tidak hanya membandingkan badis dengan hadis lain, tetapi juga membandingkan pendapat para ulama (pensyarah) dalam mensyarah hadis.
Diantara Kitab yang menggunakan metode muqa>rin ini adalah S}ah}i>h} Muslim bi Syarh} al-Nawawi> karya Imam Nawawi>, Umdah al-Qa>ri Syarh} S}ah}i>h} al-Bukha>ri> k=karya Badr al-Din Abu> Muh}ammad Mah}mu>d al-’Aini, dan lain-lain
b. Ciri-ciri Metode Muqa>rin
1). Membandingkan analitis redaksional (maba>his\ lafz\iyyah) dan perbandingan periwayat periwayat, kandungan makna dari masing-masing hadis yang diperbandingkan.
2). Membahas perbandingan berbagai hal yang dibicarakan oleh hadis tersebut.
3). Perbandingan pendapat para pensyarah mencakup ruang lingkup yang sangat luas karena uraiannya membicarakan berbagai aspek, baik menyangkut kandungan (makna) hadis maupun korelasi (muna>sabah) antara hadis dengan hadis. 20
Ciri utama metode ini adalah perbandingan, yakni membandingkan hams dengan hadis, dan pendapat ulama syarah dalam mensyarah hadis.
c. Urutan Metode Muqa>rin
Metode ini diawali dengan menjelaskan pemakaian mufradat (suku kata), urutan kata, kemiripan redaksi. Jika yang akan diperbandingkan adalah kemiripan redaksi misalnya, maka langkah-yang ditempuh sebagai berikut :
1). mengidentifikasi dan menghimpun hadis yang redaksinya bermiripan,
2). memperbandingkan antara hadis yang redaksinya mirip tersebut, yang membicarakan satu kasus yang sama, atau dua kasus yang berbeda dalam satu redaksi yang sama,
3). menganalisa perbedaan yang terkandung di dalam berbagai redaksi yang mirip, baik perbedaan itu mengenai konotasi hadis maupun redaksinya, seperti berbeda dalam menggunakan kata dan susunannya dalam hadis, dan sebagainya,
4). memperbandingkan antara berbagai pendapat para pensyarah tentang hadis yang dijadikan objek bahasan.21
d. Contoh
Salah satu kitab yang menggunakan Syarh} muqa>ri>n adalah Umdah al-Qa>ri> Syarh} S}ahi>h al-Bukha>ri> karya Badr al-Di>n Abu> Muh}ammad Mah}mu>d bin Ah}mad al-’Aini>.22
قد حصل من الطرق المذكورة أربعة ألفاظ "إنما الأعمال بالنيات" و" الأعمال بالنية" و "العمل بالنية" وادعى النووي في تلخيصه قلتـهاز والرابع "إنـما الأعمال بالنية" وأورده القضاعي في الشهاب بلفظ "الأعمال بالنيات" بحذف "إنما" و الحافظ أبو موسى الأصبـهاني: لا يصح إسنادها,وإقره النووي على ذلك في تلخيصه وغيره,وهو غريب منهما,وهي رواية صحيحة أخرجها ابن حبان في صحيحه...و أورده الرافعي في شرحه الكبير بلفظ آخر غريب وهو "ليس للمرء من عمله إلا نواه"....وفي البيهقي في حديث آخر مرفوعا"لا عمل لـمن لا نية له....لكن اسناده جهالة.
....الأول: احتجت الأئمة الثلاثـة في وجوب النية في الوضوء والغسل فقالوا: التقدير فيه صحة الأعمال بالنيات والألف و اللام فيه لاستغراق الجنس,فيدخل فيه جميع الأعمال من الصوم و الصلاة و الزكاة و الوضوء...ومن الثاني أن النيات إنما تكون مقبولة إذا كانت مقرونـة بالإخلاص انتهي. وذهب أبو حنيفـة و أبو يوسف و محمد و زفر والنواوي والأوزاعي و الحسن بن حي ومالك في رواية إلى أن الوضوء لا يحتاج إلى نية,وكذلك الغسل. و زاد الأوزعي و الحسن التيمم.وقال عطاء ومجاهد: لا يحتاج صيام رمضان إلى نية إلا أنيكون مسافرا أو مريضا...
...الثاني احتجت به أبو حنيفة و مالك وأحمد في أن من أحرم بالحج في غير أشهر الحج أنه لا ينعقد عمرة لأنـه لم ينوها فإنما له مانواه,وهو أحد أقوال الشافعي,إلا أن الأئمة الثلاثة قالوا: ينعقد إحرامه بالحج ولكنـه يكره,ولم يخـتلف قول الشافعي أنـه لا ينعقد بالحج...
...الثالث: احتجت به مالك في اكتفائه بنية واحدة في أول شهر رمضان...
e. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan
1). Memberikan wawasan pemahaman yang relatif lebih luas kepada para pembaca bila dibandingkan denga metode lain.
2) Membuka pintu untuk selalu bersikap toleran terhadap pendapat orang lain yang terkadang jauh. berbeda.
3) Pemahaman dengan metode muqarin sangat berguna bagi mereka yang ingin mengetahui berbagai pendapat tentang sebuah hadis.
4) Pensyarah didorong untuk mengkaji berbagai hadis serta pendapat­pendapat para pensyarah lainnya.
Kekurangan
1) Metode ini tidak relevan bagi pembaca tingkat pemula, karena pembahasan yang dikemukakan terlalu luas sehingga sulit untuk menentukan pilihan.
2) Metode ini tidak dapat diandalkan untuk menjawab permasalah sosial yang berkembang di tengah masyarakat, karena pensyarah lebih mengedepankan perbandingan daripada pemecahan masalah
3) Metode ini terkesan lebih banyak menelusuri pemahaman yang pernah diberikan oleh mama daripada mengemukakan pendapat baru23.
Untuk dapat memahami hadis dengan tepat, kelengkapan ilmu bantu mutlak diperlukan. Berkaitan dengan ilmu bantu daIam memahami hadis, Yusuf Al Qardawi memberikan beberapa pedoman, yaitu24 :
1). Mengetahui petunjuk Al Qur'an yang berkenaan dengan hadis tersebut.
2). Menghimpun hadis-hadis yang se-tema.
3). Menggabungkan dan mentarjihkan antar hadis-hadis yang tampak bertentangan.
4). Mempertimbangkan latar belakang, situasi dan kondisi hadis ketika diucapkan diperbuat serta tujuaannya.
5). Mampu membedakan antara sasaran yang berubah-­ubah dengan sasaran yang tetap.
6). Mampu membedakan antara ungkapan yang bermakna sebenarnya dan bersifat metafora.
7). Mampu membedakan antara hadis yang berkenaan dengan alam gaib (kasat mata) dengan yang tembus pandang.
8). Mampu memastikan makna dan konotasi kata-kata dalam hadis.
D. Kesimpulan
Dalam metode pemahaman (syarh}) hadis, para ulama menggunakan 3 metode, yaitu metode tahli>li> (analitis), metode ijma>li> (global), dan metode muqa>rin (perbandingan). Ibarat gading tak retak, ketiga metode itu mempunyai kelebihan maupun kelemahan masing-masing. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan, maka tak diragukan lagi akan muncul metode maupun pendekatan baru untuk memahami hadis, karena hadis merupakan salah satu sumber pokok hukum Islam kedua setelah Al-Qur’an tak kan lepas dari kajian maupun penelitian. Wallahu’alam bi-as-sa>wa>b.
E. Daftar Pustaka
Al-Asqala>ni>, Fath} al-Ba>ri> S}ah}ih} al-Bukha>ri. Beirut: Da>r al-Ma’rifah. Jilid 1.
Agil Husain Munawwar, Said dan Mustaqim, Abdul. 2001. Asbabul Wurud. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ali, Nizar. 2001. Memahami Hadis Nabi (Metode dan Pendekatan). Yogyakarta: Center for Educational Studies and Development (CESaD) YPI Al-Rahmah.
________. 2007. (Ringkasan Desertasi) Kontribusi Imam Nawawi dalam Penulisan Syarh} Hadis. Yogyakarta.
Baidan, Nashrudin. 2000. Metodologi Penafsiran Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
al-Di>n Abu> Muh}ammad Mah}mu>d bin Ah}mad al-’Aini, Badr. 1972. Syarh} muqa>rin adalah Umdah al-Qa>ri> Syarh} S}ahi>h al-Bukha>ri>,. Aleppo: Mustafa> al-ba>bi> al-H}alabi.
al-Hay al-Farma>wi, Abd. 1997. Al-Bida>yah fi> al-Tafsi>r al-Maud}u>’i. ,t.tp: Matba’ah al-H}ad}arah al-‘Arabiyyah.
Hasan, Fuad dan Koentjaraningrat. 1997. Beberapa Asas Metodologi Ilmiah, dalam Koentjaraningrat (ed.), Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa KBBI. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. jakarta: Balai Pustaka. Cetakan ketiga, edisi III.
Yunus, Mahmud. 1973. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah Penafsir Al-Qur’an.
al-Qardhawi, Yusuf. 1993. Bagaimana Memahami Hadis Nabi saw. edisi terjemahan Bandung: Kharisma.

[1] Said Agil Husain Munawwar dan Abdul Mustaqim. 2001. Asbabul Wurud. Yogyakarta: Pustaka Pelajar., hal. 24.
[2] Metode ini diadopsi dari metode penafsiran Al-Qur’an dengan melihat karakter persamaan yang terdapat antara penafsiran Al-Qur’an dan penafsiran atau syarh}} hadis. Artinya metode penafsiran Al-Qur’an dapat diterapkan dalam syarh} h}adis} dengan mengubah redaksi/kata Al-Qur’an menjadi hadis; tafsir menjadi syarh}. (baca Nizar Ali. 2001. Memahami Hadis Nabi (Metode dan Pendekatan). Yogyakarta: Center for Educational Studies and Development (CESaD) YPI Al-Rahmah., hal. 28.
Dalam studi tafsir telah dijumpai beberapa teori tentang tafsir Al-Qur’an dengan melihat metode dan corak penafsiran yang dipakai oleh para ulama tafsir dalam kitab-kitab tafsir. Ada 4 (empat) metoden penafsiran, yaitu: metode tafsir tah}li>li> (analitis), metode tafsir ijma>li> (global), metode tafsir muqa>rin (perbandingan) dan metode tafsir maud}u>i (tematik). Ibid., hal. 28, atau baca Nashrudin Baidan. 2000. Metodologi Penafsiran Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[3] Ibid.,hal. 1 atau baca Fuad Hasan dan Koentjaraningrat. 1997. Beberapa Asas Metodologi Ilmiah, dalam Koentjaraningrat (ed.), Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia., hal. 16.
[4] Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa KBBI. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. jakarta: Balai Pustaka. Cetakan ketiga, edisi III., hal. 740.
[5] Ibid., hal. 741.
[6] Mahmud Yunus. 1973. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah Penafsir Al-Qur’an.,hal.
[7] Nizar Ali., op.cit., hal 28.
[8] Nizar Ali. 2007. (Ringkasan Desertasi) Kontribusi Imam Nawawi dalam Penulisan Syarh} Hadis. Yogyakarta., hal. 4.
[9] Nizar Ali.,op.cit., hal. 29 atau baca Abd al-Hay al-Farma>wi.1997. Al-Bida>yah fi> al-Tafsi>r al-Maud}u>’i. ,t.tp: Matba’ah al-H}ad}arah al-‘Arabiyyah., hal.24.
[10] Ibid, hal. 29.
[11] Ibid., hal.30-31.
[12] Ibid.,hal. 31 atau Al-Asqala>ni>, Fath} al-Ba>ri> S}ah}ih} al-Bukha>ri. Beirut: Da>r al-Ma’rifah. Jilid 1., hal. 10-18.
[13] Ibid., hal. 31-37.
[14] Ibid., hal 38-39.
[15] Ibid., hal. 42.
[16] Ibid., hal. 43.
[17] Ibid., hal. 43 atau Muhammad bin Asyraf bin ’Ali H}aidar Al-S}iddi>qi> al-’Az}i>m A>ba>di>. 1979. ‘Aun al-Ma’bud Syarh} Sunan Abi> Da>wud. Beirut: Da>r al-Fikr., hal. 5-6.
[18] Ibid., hal.44-46.
19 Ibid.,hal. 46.
20 Ibid.,hal 48-49.
21 Ibid., hal. 49.
22 Ibid.,hal.49 atau Badr al-Di>n Abu> Muh}ammad Mah}mu>d bin Ah}mad al-’Aini>,1972. Syarh} muqa>ri>n adalah Umdah al-Qa>ri> Syarh} S}ahi>h al-Bukha>ri>, . Aleppo: Mustafa> al-ba>bi> al-H}alabi., hal. 24, 33-34.
23 Ibid., hlm.51-52.
24 Ibid., hlm. 25 atau baca Yusuf al-Qardhawi, 1993. Bagaimana Memahami Hadis Nabi saw. edisi terjemahan (Bandung: Kharisma), hlm. 92

Tidak ada komentar:

Posting Komentar