Bagaimana Cara menentukan strategi, metode, pendekatan, dan teknik pembelajaran?
Kegiatan guru saat merancang pembelajaran amatlah krusial. Salah satu
bagian dari kegiatan merancang pembelajaran ini adalah menentukan
pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran. Apabila guru
memilih pendekatan, metode, strategi, dan teknik yang tidak tepat dapat
dipastikan bahwa pembelajaran tidak akan berjalan efektif. Sementara
bila guru berhasil memilih dan menentukan pendekatan, metode, strategi,
dan teknik pembelajaran dengan baik, dapat diasumsikan bahwa
pembelajaran yang akan dilakukannya kemungkinan besar akan berjalan
efektif.
Nah, untuk menentukan atau memilih pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang sesuai, maka guru harus memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal, seperti:
Nah, untuk menentukan atau memilih pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang sesuai, maka guru harus memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal, seperti:
Kesesuaian pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran dengan tujuan pembelajaran.
Tidak semua pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran cocok
dengan tujuan yang ingin dicapai. Setiap pendekatan, metode, strategi,
dan teknik pembelajaran seringkali punya kompatibilitas tertentu dengan
tujuan pembelajaran tertentu. Taruh contoh mudah, bila tujuan
pembelajaran adalah: Siswa dapat merakit sebuah PC, maka metode ceramah
atau diskusi tidak akan dapat mencapai tujuan pembelajaran ini,
sebaliknya mungkin metode pembelajaran aktif akan berhasil.
Kesesuaian pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran dengan materi pembelajaran
Sudah barang tentu materi pembelajaran yang akan diberikan
kepada siswa sangat mempengaruhi pemilihan pendekatan, metode, strategi,
dan teknik pembelajaran. Ada materi-materi yang hanya cocok diberikan
melalui pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran tertentu
dan tidak cocok jika diberikan melalui pendekatan, metode, strategi, dan
teknik pembelajaran yang lainnya. Misalnya jika materi pembelajaran
berupa fakta maka ceramah dapat dipilih dan berfungsi dengan baik.
Sedangkan materi seperti pengetahuan prosedural seperti langkah-langkah
membuat kue donat cocok diberikan dengan pembelajaran langsung.
Ketersediaan media, alat, bahan, dan sumber belajar.
Kemampuan Siswa.
Gaya belajar siswa.
Ketersediaan waktu.
Jaminan adanya variasi.
Jaminan adanya interaksi antara guru-siswa, siswa-guru, dan siswa-siswa.
Selain itu untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memilih dan menentukan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran yang dilaksanakannya, ada baiknya guru rajin untuk membaca berbagai literatur terkait berbagai pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang sedang berkembang dan banyak digunakan dewasa ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar