STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Jumat, 08 Juli 2011

Pengolahan Statistik

Statistik sebagai ilmu pengetahuan dapat dibedakan dalam dua golongan, yaitu Statistik Deskriptif (Description Statistics) dan Statistik Inferensial (Inferencial Statistics).
  1. A. Statistik Deskriptif.
Dimaksud dengan Statistik Deskriptif adalah Statistik yang membahas atau mempelajari tentang cara-cara mengumpulkan, mengolah (mengatur), menyajikan dan menganalisa data angka dengan cara yang teratur, ringkas dan sederhana, sehingga mudah dimengerti dan menarik perhatian.
Istilah lain untuk Statistik Deskriptif adalah Statistik Deduktif. Statistik jenis ini sifatnya hanya menggambarkan data seringkas mungkin, seteratur mungkin dan sejelas mungkin, sehingga pembaca data mudah memperoleh pengertian dari padanya. Termasuk dalam kegiatan ini misalnya pembuatan tabel-tabel (daftar-daftar), grafik-grafik (diagram-diagram atau bagan-bagan), curve-curve, dan lain sebagainya.

  1. B. Statistik Inferensial.
Adapun yang dimaksud dengan Statistik Inferensial adalah Statistik yang bertujuan untuk menarik kesimpulan-kesimpulan, pengontrol keadaan, serta menyusun ramalan-ramalan secara ilmiah atas dasar data angka.
Istilah lain untuk Statistik Inferensial ialah Statistik Induktif. Statistik jenis ini berusaha untuk mencoba untuk dapat menarik kesimpulan-kesimpulan yang khas dimana dikehendaki suatu penilaian atau keputusan. Dengan demikian, maka Statistik Inferensial atau Statistik Induktif ini tarafnya lebih dalam dan lanjut dari pada Statistik Deskriptif atau Statistik Deduktif yang telah disebutkan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar