STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Sabtu, 28 Mei 2011

PSIKOLOGI BELAJAR

A. PENGERTIAN PSIKILOGI BELAJAR

Psikologi belajar ialah sebuah ilmu pengetahuan yang didasarkan pada riset-riset psikilogis yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu anda melaksanakan tugas-tugas dalam proses belajar yang lebih efektif.

B. RUANG LINGKUP PSIKOLOGI BELAJAR 

1. context of teaching learning (situasi dan tempat yang berkaitan dengan belajar dan mengajar)
2. process of teaching learning (proses ataun tahapan-tahapan dalam belajar mengajar)
3. out comes of teaching learning (hasil-hasil yang dicapai dalam proses belajar mengajar)

C. MANFAAT PSIKOLOGI BELAJAR 

Manfaat psikologi belajar ialah untuk memberikan bekal kepada guru dan calon guru bahwa anak berbeda dalam hal pembawaan kematangan jasmani intelejensi dan keterampilan motor

D. SEPULUH MACAM KEGIATAN DALAM PENDIDIKAN 

1. seleksi penerimaan siswa baru
2. Dalam perencanaan pendidikan
3. Penyusunan kurikulum
4. penelitian kependidikan
5. administrasi pendidikan
6. pemilihan materi pembelajaran
7. interaksi belajar mengajar
8. pelayanan bimbingan dan penyuluhan
9. metodelogi mengajar
10. pengukuran dan evaluasi

E. MANFAAT MEMPELAJARI PSIKOLOGI BELAJAR

1. dapat mengetahui proses perkembngan siswa
2. dapat mengetahui cara belajar siswa
3. dapat menghubungkan mengajar dengan belajar
4. pengambilan keputusan untuk pengelolaan proses belajar mengajar
5. sejaarah dan metode psikologi belajar

F. PROSES PERKEMBANGAN

1. perkembangan ialah perubahan yang progresif dan terus menerus dalam diri organisme yang berlangsung secara terus menerus sejak lahir hingga mati
2. perkembangan itu berarti pertumbuhan
3. perkembangan adalah perubahan dalam bentuk dan penyatuan bagian-bagian yang bersifat jasmaniah kedalam bagian-bagian yang fungsional
4. perkembangan ialah kematangan atau kemunculan pola-pola dasar tingkah laku yang bukan hasil; belajar

G. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN

a. Nativisme
Perkembangan manusia dipengaruhi oleh pembawaan yang diterima ileh orang tuanya sedankan pengalaman atau lingkungan tidak berpengaruh sama sekali
b. Empirisme
Tabularasa suatu istilah dari bahasa latin yang berarti lembaran kosong, paham ini menekankan pentingnya pengalaman lingungan dan pendidikan sebagai faktor yang mempengaruhi perkembangan.
 Perkembangan manusia tergantung kepada lingkungan dan pendidikan.
c. Kovergensi
Berarti pembawaan dan lingkungan pada tatanan praktis jika seorang berasal dari orang tua yang cerdas dan pintar, dan mendapat pendidikan yangf berkualitas tinggi maka akan menjadi anak yang cerdas dan pintar.

H. HUKUM-HUKUM PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN 

1. pertunbuhan dalah kuantitatif dan sekaligus kualitatif pertumbuhan mencakup dua aspek yaitu ” perubahan kualitatif sekaligus perubahan kuantitatif”. perubahan kuantitatif mencakup ”devision” dan perbanyakan kromoson sel-sel penambahan jumlah seperti Gigi,rambut pembesaran material jasmaniah.
2. Pertumbuhan suatu proses yang berkesinambungan mulai dari keadaan yang sederhana sampai kepada keadaan yang kompleks. Bagaiman pertumbuhan anak dari lahir sampai duduk berbalik berdiri.
3. Tempo pertumbuhan tidak sama. Ada pertumbuhan yaqng begitu lambat dan ada yang cepat
4. taraf perkembangan berbagai aspek pertumbuhan adalah berbeda aspek pertumbuhan seperti fungsi jasmani bahasa dan kapasitas intelektual mempunyai taraf per kembangan yang berbeda
5. kecepatan serta pertumbuhan dapat dimodifikasi oleh kondusi didalam dan diluar badan seperti gig,. Aktifitas istirahat, tekanan kejiwaan kesehatan jasmani maupun rohani.
6. masing-masing individu tum buh menurut caranya sendiri
a. perbedaan kondisi lingkungan internal
b. perbedaan kondisi lingkungan eksternal
c. perbedaan hereditas
d. perbedaan aktivitas
e. Perbedaan kondisi psikologis
f. Perbedaan usia
g. Perbedaan jenis kelamin
h. Perbedaan hasil belajar

I. HUKUM PERKEMBANGAN 

1. Hukum konvergensi bahwa perkembangan merupakan gabungan antara pembawaan dan linkungan
2. Hukum perkembangan dan pengembangan diri
3. Hukum masa peka bahwa dalam setiap diri individu memiliki masa peka yang pada saat itu anak dapat men jalani pelajaran
4. Hukum keperluan belajar-perkembangan yang terjadi pada manusia memerlukan belajar, seorang anak yang hendak berkembang dari dapat duduk menjadi berdiri
5. Hukum kesatuan anggota badan. Bahwa perkembangan suatu anggota tubuh dibarengi oleh perkembangan anggota tubuh yang lain. demiokian juga perkembangan rohani
6. Hukum tenpo perkembangan. Bahwa proses perkembangan seseorang tidak sam dalam kecepatannya
7. Hukum irama perkembangan. Perkembangan seseorang mengalami na ik turun
8. Hukum rekapitulasi. Bahwa sebuah mikrokosmik yang mencerminkan evolusi kehidupan jenbis mahluk hidup

J. HUBUNGAN PERKEMBANGAN DENGAN BELAJAR

Dalam proses belajar, perkembangan ranah kognitif memberikan arti ,manfaat yang besar.
a. mengembangkan kecakapan koknitif strategi yang penting dikembangkan dalam ranah kognitif adalah strategi belajar memahami isi atau materi pelajaran, strategi memahami arti penting isi atau materi pelajaran dan aplikasinya serta menyerap pesan-pesan yang terkandung didalam materi.
b. Menegembangkan kecakapan efektif, pengembangan ranah kognitif yang telah dijelaskan diatas, juga dibarengi dengan pengembangan ranah efektif.
c. Mengembangkan kecakapan psikomotor, pengembangan kecakapan psikomotor harus berbarengan dengan pengembangan kedua ranah sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar