1. 'Abduh, Muhammad (1849-1905)
Reformis Mesir dan Muslim apologis Muhammad Abduh murid dan teman al-Afghani. Meskipun sangat terpengaruh olehnya, "adalah kurang Abduh cenderung aktivisme politik dan berkonsentrasi pada agama, reformasi hukum dan pendidikan. Tulisan-tulisannya yang paling terkenal adalah risalah teologis, Risalat al-tawhid (Diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai Teologi Persatuan), Dan Alquran belum selesai komentar, Tafsir al-Manar (The Manar Komentar), Di mana ia berkolaborasi dengan Rasyid Ridha. Salah satu tema kunci dari karya-karya ini adalah bahwa karena modernitas didasarkan pada alasan, Islam harus kompatibel dengan hal itu. 'Modernisme Tapi' Abduh 'bergandengan tangan dengan kembali ke masa lalu yang ideal, dan' rasionalisme-nya 'itu marah oleh sebuah keyakinan di transendensi ilahi yang membatasi ruang lingkup penyelidikan intelektual. Dalam etika seperti dalam teologi, ia menganggap perdebatan klasik sebagai gersang dan memecah belah, meskipun pada isu kehendak bebas dan hukum moral posisinya sebenarnya sama dengan yang dari Mu'tazila.http://www.muslimphilosophy.com/ip/rep/H049
2.Biografi Allah bin Hasan Muhammad Abduh Khayr
Teolog Mesir dan nasionalis Hasan bin Muhammad Abduh Khayr Allah (1849-1905) adalah pendiri reformasi modernis dalam agama Islam, dari renaisans sastra Arab selama seratus tahun terakhir, dan nasionalisme Mesir.
Muhammad Abduh, lahir saham petani, dibesarkan di desa Mahallat Nasr di Delta Nil. pendidikan pertamanya terdiri dari penghafalan tradisional Quran. Pada 1862 ia belajar di akademi masjid-Ahmadi di kota Tanta provinsi. Pada 1866 Abduh meninggalkan Tanta untuk Kairo, di mana ia menyelesaikan program studi di universitas-masjid Azhar. Berbeda dengan banyak orang temannya, Abduh mengejar mata pelajaran sekuler seperti sejarah dan ilmu pengetahuan alam.
Salah satu titik balik dalam hidup Abduh adalah kedatangan di Kairo pada tahun 1872 dari aktivis politik misterius Jamal ud-Din al-Afghani, yang selama tiga benua, berteriak-teriak untuk regenerasi dunia Islam. Kedua orang menjadi teman yang cepat, dan di bawah pengaruh Jamal Abduh mulai memperpanjang rentang visi dari Mesir ke seluruh dunia Islam.
Guru dan WartawanSetelah menyelesaikan studinya pada tahun 1877, Abduh menjadi guru baik di Azhar dan Dar al-Ulum baru (perguruan tinggi). Pada tahun 1880 ia diminta untuk mengedit Al-Waqai al-Misriyah (Mesir Acara), lembaran resmi. Di bawah redaktur nya menjadi model untuk sebuah standar baru modern, prosa langsung serta kendaraan untuk menyatakan pendapat liberal.
Tapi hidup Abduh belum menjadi tenang. Ketika pemberontakan Kolonel Urabi terjadi pada tahun 1882, Abduh terlibat dan diasingkan. Dia mengambil tempat tinggal di Beirut, kemudian pergi ke Paris, dimana Jamal ud-Din telah memantapkan dirinya. Bersama-sama mereka mengedit jurnal berumur pendek tetapi sangat berpengaruh Al-Urwa al-Wuthqa (Obligasi Terkuat), yang disebut untuk reformasi di rumah dan mengecam kolonialisme di dunia Islam.
Abduh menghabiskan 1884 dan 1885 perjalanan sebelum mengambil tinggal lagi di Beirut, di mana ia mulai mengajar dari rumahnya dan ceramah di masjid-masjid. Dia segera diundang untuk mengajar di sekolah resmi. Pada 1888 Abduh kembali ke tanah airnya, tempat ia menjadi tokoh nasional. Dia segera memasuki peradilan dari "pengadilan asli," melayani pertama di provinsi dan kemudian, pada tahun 1890, di Kairo.
Resmi KarirPada tahun 1899 khedive menunjuk kepala Abduh mufti (ahli hukum) dari Mesir, dan pada tahun yang sama ia juga ditunjuk sebagai dewan penasehat legislatif. Nya jabatan sebagai mufti ditandai oleh liberalisme di interpretasi hukum dan reformasi pengadilan agama.
karir Abduh juga mencapai perbedaan besar dalam advokasi reformasi pendidikan. Pada 1895 Khedive Abbas II menunjuk dia untuk sebuah komisi baru dibentuk dibebankan dengan mereformasi Azhar terhormat, dan Abduh sehingga mampu melaksanakan setidaknya sebagian banyak ide-ide liberalnya.
Abduh berusaha untuk menengahi antara ajaran Islam dan budaya Barat. Untuk tujuan ini ia tak henti-hentinya desak kaum tradisionalis picik di rumah sementara menangkis penulis Barat yang ia merasa disalahpahami Islam. Setelah kembali ke Mesir, ia menganjurkan efektivitas pendidikan atas bahwa revolusi dalam regenerasi nasional.
Sastra Outputtulisan-tulisan Abduh memang cukup berat. Di antara buku-buku agama itu perhatian khusus harus dibuat dari Risalat al-Tauhid (1897; Surat pada [Kesatuan Allah], sebuah karya meringkas pandangan teologis-Nya); Al-Islam wa-al-Nasraniyah maal-Ilm wa-al-Madaniyah (1902, Islam dan Kristen dalam Kaitannya dengan Ilmu dan Peradaban), dan Al-Islam wa al-Raddul ala Muntaqidih (1909; Islam dan Bantahan untuk Kritik Its).
Dalam bidang bahasa dan sastra Abduh menulis komentar-komentar yang luas pada beberapa karya sastra Arab klasik dan coedited karya 17-volume pada filologi Arab; di bidang biasa nya Taqrir fi Islah al-Mahakim al-Shariyah (1900; Laporan Reformasi Pengadilan Shariyah) perlu dicatat.
Paling ambisius karya semua Abduh miliknya Tafsir al-Qur'an al-Hakim (1927-1935; Tafsir Al-Quran). Proyek besar tidak pernah selesai, tetapi 12 volume yang muncul adalah ekspresi yang paling penting dari pandangan modernis dari kitab Islam.
Bacaan lebih lanjut pada Allah bin Hasan Muhammad Abduh KhayrKajian pokok pada Abduh dalam bahasa Inggris di CC Adams, Islam dan Modernisme di Mesir (1933), Usman Amin, Muhammad Abduh (transitif 1953); dan Malcolm H. Kerr, Reformasi Islam: Politik dan Hukum Teori Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha (1966). Relevan tetapi lebih umum adalah Ahmed JM, Asal Usul Intelektual Mesir Nasionalisme (1960); Nadav Safran, Mesir di Cari Masyarakat Politik (1961); dan Albert Hourani, Arab Thought di Zaman Liberal (1962). Sebuah studi serius yang mencakup diskusi tentang Abduh, adalah Majid Fakhry, Sejarah Filsafat Islam (1970).
http://www.yourdictionary.com/biography/muhammad-abduh-ibn-hasan-khayr-allah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar