STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Selasa, 12 Juli 2011

Aplikasi Komputer

BAB I
GAMBARAN UMUM


1.1. Definisi Komputer

Apakah Anda pernah mendapat pertanyaan yang berkisar tentang  apakah Komputer itu? Coba Anda renungkan dan mencoba untuk menjawabnya.
Istilah kumputer mem­punyai arti vang luas dan berbeda untuk orang yang  berbeda.
Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin Computare yang berarti menghitung ( to compute atau reckon)
Berikut ini diberikan beberapa definisi tentang komputer yang disajikan oleh beberapa buku komputer.
(Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer):
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
  • Menerima input.
  • memproses input tadi sesuai dengan programnya.
  • menyimpan perintah-perintah dan hasil dari penelaahan.
  • Menyediakan Output dalam bentuk Informasi.
Menurut Buku Computer Today (Donald H. Sanders):
Komputer adalah system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah –langkah instruksi program yang tersimpan di memori (Stored program)
Menurut buku: Computer Organization (V.C. Hamacher. Z. G. Vranesic. S.G. Zakv):
Komputer adalah mesin Penghitung Elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital. Memprosesnya sesuai dengan suatu programyang tersimpan di memorinya  (Stored Program)
Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Business (William M. Fuori):
Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitunan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmetika yang besar dan cepat.
Menurut buku Introduction To Computers (Gordon B.  Davis):
Komputer udalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
Dari beberapa Definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah :
  1. Alat elektronik
  2. Dapat menerima input data
  3. Dapat mengolah data
  4. Dapat memberikan Informasi
  5. Menggunakan suatu program yang tersimpan di Memori komputer (Stored program)
  6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
  7. Bekerja secara  otomatis
Sedang yang disebut dengan Program adalah kumpulan dari instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dangan cara yang sudah tertentu.
1.2. PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK
Pengolahan data dengan menggunakan  komputer terkenal dengan nama Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Data dapat berupa angka-angka, huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungan darinya. Data mentah masih belum bisa bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut.

1.3. SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Suatu proses pengolahan data etrdiri dari 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle), yaitu input, processing dan output



Tiga tahap dasar siklus pengolahan data tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut. Siklus data yang dikembangkan (expanded data processing cycle) dapat ditambahkan tiga atau lebih tahapan lagi, yaitu Origination, storage, dan distribution.






Origination : Proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan data ke dokumen
Input : Proses memasukkan data ke dalam proses komputer melalui alat input
Processing : Proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses, yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan, atau mencari.
Dalam mengolah data maka harus berbentuk sistem komputer. Sistem komputer adalah jaringan  dari pada elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi supaya tujuan tersebut tercapai maka ada elemen-elemen yang mendukungnya yaitu
  1. Sofware : Perangkat Lunak (Program, Aplikasi Dll) Adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
  2. Hardware : Perangkat Keras (Desktop, CPU, Mouse, Keyboard, Dll) adalah peralatan di sistem komputer yang secara phisik terlihat dan dapat dijamah.
  3. Brain Ware : Operator (orang yang mengoperasikan) adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
BAB II
PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS


Alat pengolah data, mulai dari yang paling sederhana, sampai sekarang ini dapat digolongkan kedalam 4 golongan yaitu :
  1. Alat manual (manual-device), mempergunakan alat-alat sederhana, tangan masih memegang peranan penting.
  2. Alat Mekanik (mechanical-device) yaitu alat mekanik yang digerakkan secara manual dengan tangan.
  3. Alat Mekanik Elektronik (electro mechanical-device), yaitu alat mekanik yang digherakkan oleh motor elektronik.
  4. Alat Elektronik (electronic-device), yaitu alat yang bekerjanya secara elektronik
2.1. Alat Manual.
Alat manual untuk emngolah data sudah dipergunakan orang sejak zaman primitif. Seperti :
  1. Tahun 300000 SM manusia sudah menggunakan tulang-tulang untuk mengingat dan berkomunikasi, seperti menghitung umur, mengukur jarak.
  2. Tahun 5000 SM  tablet-tablet tanah liat digunakan untuk perhitungan, kalender, rumus-rumus dan instruksi-instruksi untuk menghitung suatu nilai telah digunakan di timur-tengah oleh bangsa Babylonia.
  3. Tahun 1455 M Johann Gutenberg dari Mainz, Jerman, menemukan alat cetak dan menerbitkan salinan-salinan injil. Alat ini sangat populer di eropa dan menerbitkan ide-ide dari percetakan, dasar dari alat cetak printer.
2.2.         Alat Mekanik.
Perkembangan dari alat manual ke alat mekanik, yatu mekanik yang masih digerakkan oleh tangan, mulai dari tahun 1623. Wilhem Schickard (1592-1635) di Jerman, merancang suatu mesin penghitung didasarkan pada Napier’s Bones yang dapat melakukan perkalian, pembagian, menghitung Logarithma dan sebaliknya. Mesin ini baru setengah jadi sudah terbakar dan belum sempat diperbaiki Wilhem Schickard sudah meninggal.
Tahun 1642 ditemukan mesin penghitung otometis yang pertama oleh Blaise Pascal. Pada tahun 1911 Jay Monroe dan Frank S. Baldwin mengembangkan mesin hitung dengan Monroe Calculator yang banyak digunakan sebagai alat hitung untuk pekerjaan bisnis pada masa tersebut.
2.3. Alat Mekanik Elektronik.
Pada tahun 1980, seorang ahli statistik dari Buffalo, New York, Amerika Serikat, Dr. Herman Hollerith (1860-1929), bekerja sama dengan biro sensus Amerika Serikat untuk mempercepat pengolahan data sensus. Sensus sebelumnya pada tahun 1880 membutuhkan waktu 7 ½ tahun untuk menyelesaikan pengolahan datanya. Tahun 1887, Dr. Herman Holerith telah membuat dan menyelesaikan mesinnya dengan menggunakan kartu plong berukuran 3×5 inchi untuk merekam data dan sebuah kotak digunakan untuk mengurutkan data. Kartu plong dimasukkan secara manual, secara elektronik mesin menghitung untuk mentabulasi data. Walaupun populasi meningkat mencapai 63 juta rakyat yang disensus namun sensus pada tahun 1890 dapat diselesaikan hanya dalam waktu 2 ½ tahun dengan penghematan biaya oleh oleh biro sensus sebesar $ 5 juta.
Tahun 1931 Dr. Vannevar Bush (Massachussetts Institute of Technology) membuat komputer analog pertama untuk memecahkan persoalan persamaan differensial. Mesin ini disebut dengan nama Differential Analyzer.
2.4     Alat Elektronik
Tahun 1942 John V. Atanasoff, profesor matematika di IOWA State College bersama asistennya Clifford Berry, mengembangkan komputer ABC (Atanasoff-Berry Computer). Komputer ini merupakan komputer pertama yang menggunakan komponen tabung hampa udara. Komputer ini dibuat pertama kali pada tahun 1939 dan selesai pada tahun 1942.
Professor Howard Aiken (1900-1973), ahli matematika dari Harvard University, bekerja sama dengan beberapa peneliti lainnya membuat komputer yang mampu melakukan operasi arithmatika dan logika secara otomatis. Komputer ini mulai dibuat tahun 1937 yang pada mulanya masih mekanik-elektronik, baru pada tahun 1944 secara elektronik dibuat oleh perusahaan IBM dengan nama Harvard Mark I Automatic Sequence-Controlled Calculator (ASCC).Harvard Mark I tingginya sekitar 8 feet dan panjangnya 55 feet, dapat melakukan penrhitungan pertambahan atau pengurangan sebanyak 23 digit angka dalam waktu 0,3 detik dan perkalian 23 digit angka dalam waktu 6 detik. Berisi 760.000 spare-part (beberapa switch dan tabung-tabung) serta kira-kira 5000 mil kabel.
2.5 Komputer Generasi Pertama
Walaupun komputer sebelum tahun 1946 sudah elektronik, tetapi tidak dimasukkan sebagai komputer generasi pertama. Komputer generasi pertama dimulai pada tahun 1946 yang termasuk komputer generasi ini adalah komputer elektronik yang menggunakan konsep stored-program (operasi komputer dikontrol oleh program yang disimpan di memori komputer, hanya tiap-tiap instruksi dibacakan ke komputer, sedang program adalah kumpulan dari instruksi).
Komputer generasi pertama mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Komponen yang dipergunakan adalah tabung hampa udara (Vacuum tube) untuk sirkuitnya.
  2. Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin (machine language).
  3. Menggunakan konsep stored-program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage.
  4. Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk.
  5. Ukuran fisik Komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
  6. Cepat panas, sehingga diperlukan alat pendingin
  7. Prosesnya kurang cepat.
  8. Simpanannya kecil.
  9. Membutuhkan  daya listrik yang besar.
10.  Orientasinya terutama pada aplikasi  bisnis.
2.6. Komputer Generasi Kedua (1959-1964).
Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Komponen yang dipergunakan adalah transistor untuk sirkuitnya.
  2. Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi.
  3. Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan dari magnetic core storage, dapat menyimpan puluhan ribu karakter.
  4. Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk.
  5. Mempunyai kemampuan proses real-time dan time –sharing.
  6. Ukuran fisik lebih kecil.
  7. Proses operasi sudah cepat.
  8. Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
  9. orientasi tidak hanya pada aplikasi bisnis.
2.7. Komputer generasi ketiga (1964-1970)
Mempunyai ciri-ciri :
  1. Koponen yang dipergunakan adalah IC (integrated Circuits).
  2. Peningkatan dari Sofware-nya.
  3. lebih cepat dan tepat
  4. Kapasitas Memory lebih besar
  5. Menggunakan Simpanan luar yang sifatnya Random Access.
  6. Penggunaan listrik lebih hemat
  7. memungkinkan melakukan multi processing
  8. Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambar-gambar dan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, serta penggunaan alat pembaca tinta magnetik.
  9. Harga semakin murah.
  10. Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya.
2.8 Komputer generasi Keempat (1970-sekarang)
Sejak dari generasi ketiga, orang sulit untuk membayangkan Komputer generasi selanjutnya, karena sudah banyak sekali perkembangan-perkembangan yang telah terjadi yang sebelumnya belum terpikirkan. Tetapi sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang kemudian dianggap sebagai komputer generasi keempat.
Yang pertama adalah penggunaan Large Scale Integration (LSI) atau disebut juga dengan nama Bipolar Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah Chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan segi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu, LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (veri Large Scale Integration ).
Yang kedua adalah dikembangkan komputer micro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memory komputer (internal memory).
BAB III
PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Perkembangan perngkat lunak (Software) telah tumbuh dengan ssangat pesatnya sejak beredarnya komputer personal dipasaran. Dengean semakin murahnya komputer, semakin banyak orang yang memilikinya dan pemakai komputer membutuhkan bermacam-macam perangkat lunak untuk lebih mendayagunakan komputernya. Telah ribuan macam prangkat lunak yang tersedia dipasaran, terutama perangkat lunak paket yaitu program jadi untuk aplikasi tertentu.
Perangkat lunak sebelum komputer generasi pertama
Terdiri dari :
  1. Sistim Kode pertama (300 SM)
  2. Kutu yang pertama (1945)
Perangkat lunak semasa komputer generasi pertama.
Program yang dibuat pada generasi ini dilakukan dengan cara menghubungkan beberapa sirkuit di dalam komputer atau dengan membuat program dalam bahasa mesin yang disimpan dalam memori komputer secara permanen.
Perkembangan Bahasa pemograman tingkat tinggi.
Pemograman dengan bahasa tingkat tinggi dilakukan dengan menulis program dengan bahasa awam(bahasa inggris sehari-hari dengan aturan tertentu) yang kemudian akan diterjemahkan oleh komputer kedalam bahasa komputer (bahasa mesin)
Perkembangan perangkat lunak paket aplikasi.
Sejak beredarnya komputer personal, telah ribuan macam perangkat lunak untuk bermacam-macam keperluan aplikasi tersedia dipasaran guna memenuhi para pemakai komputer. Paket tersebut terdiri dari :
  • Ø Elecrtric Pencil (1976)
  • Ø Word Star (1979)
  • Ø Apple Writer (1979)
  • Ø Visicalc (1979)
  • Ø D Base-II (1981)
  • Ø Lotus 1-2-3

Perkembangan perangkat lunak sistim operasi.
Paket operasi atau program yang dibuat dengan High Level Language  tidak dapat dijalankan kalau tidak ada OS atau operating system yang mendukungnya. Sistim operasi ini yang akan mengatur semua proses dari sistim komputer.




















BAB  IV
PENGGOLONGAN KOMPUTER
Komputer oleh beberapa Profesional digolongkan dalam beberapa sudut pandangan. Ada yang menggolongkan berdasarkan data yang diolahnya, berdasarkan penggunaannya, berdasarkan ukurannya dan berdasarkan generasinya.
Berdasarkan data yang diolah.
Komputer digolongkan dalam 3 golongan :
  1. Analog Komputer, adalah komputer yang digunakan untuk data yang sifatya kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dlam bentuk phisik.
  2. Digital Komputer, adalah komputer yang digunakan untuk aplikasi bisnis dan aplikasi teknik dan data yang diterima dalam bentuk angka dan huruf.
Berdasarkan Penggunaannya
Komputer digolongkan dalam :
  1. Special-purpose computer, adalah komputer yang digunakan untuk menyelesaikan masalah khusus, yang biasanya berupa satu masalah saja. Program sudah tertentu dan sudah tersimpan dalam komputernya.
  2. General-purpose computer, adalah komputer yang dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah dan dapat mempergunakan program bermacam-macam untuk menyelesaikan permasalahan yang berbeda.
Berdasarkan Ukurannya
Komputer digolongkan kedalam :
  1. Micro Komputer, adalah jenis komputer yang  ukuran Main memorynya berkisar dari 16 MB sampai lebih dari 128 MB, dengan konfigurasi operand register 8 bit, 16 bit atau 32 bit, kecepatannya berkisar 200 Mhz – 500 Mhz.
  2. Mini Komputer, besifat multi user yaitu dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama oleh beberapa pemakai. Kecepatannya sampai 50 MIPS.
  3. Small Komputer, bersifat multi user dengan jumlah terminal ratusan buah, menggunakan sistem multi programing, multi processing, dan virtual storage.
  4. Medium Komputer, mempunyai sejumlah besar dan bermacam-macam alat input atau output. Biasanya digunakan untuk kominikasi data, dengan ratusan terminal yang terpisah dari pusat komputernya.
  5. Large Komputer, disebut juga dengan nama main frame komputer karena bentuk phisiknya besar seperti lemari. Digunakan pada perusahaan besar karena mempunyai kecwepatan sampai 400 MIPS.
  6. Super Komputer, adalah jenis komputer yang mempunyai banyak processor  yang dipasang secara paralel, seperti komputer yang digunakan diperusahaan telepon PTT di Belanda yang menggunakan sebanyak 48 Processor yang diparalel.















BAB V
MICROSOFT  WINDOWS
Perusahaan microsoft memasarkan sistem operasi windows fersi yang pertama pada tahun 1985. windows sebagai sebuah sistim operasi, sebenarnya belum bekerja sepenuhnya sebagai suatu platform, tetapi masih bekerja dibawah DOS. Ini berarti sebelum windows dioperasikan sistim operasi DOS sudah harus digunakan terlebih dahulu yang kemudian windows dipanggil melalui DOS tersebut. Kelebihan windows dari DOS adalah kemudahannya untuk digunakan karena menggunakan sistem GUI, multitasking (yaitu dapat mengerjakan beberapa program serentak dalam bentuk windows yang dapat dipindahkan dari satu windows  ke windows yang lain), dan dapat mentransfer informasi diantara aplikasi.

V.I.  Windows Xp Profesional

Windows Xp Profesional adalah suatu program windows yang paling baru saat ini yang merupakan product dari Microsoft Corporation.. Sistem Operasi pada program ini telah mendapatkan beberapa penyempurnaan diantaranya adalah Accessories dan Utility. Sehingga dengan program ini diharapkan dapat semakin membantu para user bisnis sesuai dengan kebutuhan. Windows Xp Profesional pada dasarnya berbasis pada Windows 2000 Profesional. Namun pada prinsipnya pengoperasian program/lembar kerja dari windows 3.11 sampai saat ini mempunyai banyak kesamaan.
Pada saat Booting (Menekan Tombol Power/Reset) anda akan dihadapkan pada Tampilan Utama Windows atau sering disebut dengan istilan Desktop. Dalam Desktop Terdiri dari beberapa item diantaranya adalah icon, background, taskbar, Start dan Systray.
8 Icon adalah gambar kecil yang mewakili suatu program.
8 Background merupakan latar belakang dari desktop.
8 Taskbar dapat didefinisikan suatu baris yang menginformasikan beberapa program yang aktif
8 Start digunakan untuk menampilkan nama­nama program yang telah tersedia pada komputer.
Sedangkan Systray menginformasikan jam dan tanggal
Pada dasarnya dalam Pengoperasian windows dibantu oleh alat yang dinamakan Mouse. Dengan adanya Mouse akan menimbulkan beberapa istilah yang sering kita dengar antara lain:
Clik: Proses menekan Tombol kiri Mouse kemudian Melepasnya.
Double Clik : Proses menekan Tombol Kiri Mouse sebanyak dua kali dalam waktu yang cepat.
Drag and Drop : Proses menekan Tombol kiri Mouse sambil melakukan penggeseran dan melepasnya kembali.
Clik Kanan : Proses menekan Tombol kanan Mouse sebanyak satu kali.
Mengganti Background suatu Desktop
J Lakukan Clik Kanan Pada Background yang aktif
J Pada Shortcut Cliklah Properties
J Pada Display Properties Cliklah Desktop
J Clik salah satu background yang diinginkan pada Daftar File Background
J Untuk Mengatur Tampilan background rubahlah Position sesuai keinginan :
  1. Strech : Gambar memenuhi layar monitor
  2. Center : Gambar ditengah layar dalam ukuran kecil.
  3. Tile : Gambar me menuhi layar dalam ukuran kecil berulang
J Clik Apply untuk menampilkan background pilihan ke desktop yang aktif.
J Clik OK untuk mengakhiri pemilihan background

CALCULATOR
Untuk rnempermudah melakukan kalkulasi program windows menyediakan accessories berupa Calculator.
Langkah yang digunakan untuk mengaktifkan Kalkulator antara lain
8 Clik Tombol Start
8 Arahkan ke All programs
8 Masuklah ke Folder Accessories Clik Calculator
+ untuk penjumlahan
- untuk pengurangan
* untuk perkalian
/ untuk pembagian
. untuk decimal
= untuk memperoses perhitungan
Backspace untuk menghapus satu angka terakhir
CE untuk membatalkan semua angka terakhir
C untuk menghapus semua proses kalkulasi MC untuk menghapus memori kalkulasi
MR untuk mengambil nilai dari memory
MS untuk simpan angka ke dalam memory
M+ untuk menambah angka pada memory dengan angka terakhir yang diketik




My Computer

Lakukan Double Clik Pada Icon My Computer
My Computer menginformasikan beberapa File dan Folder yang telah tersedia pada Hardisk. Didalam My Computer kita bisa melakukan format pada disket data yang akan kita gunakan untuk menyimpan file. My Computer juga menyediakan Fasilitas Search untuk mencari File, serta untuk membuat Folder sesuai dengan keinginan kita.
Memformat Disket : (Disket Yang kita gunakan berukuran 31/2) -
J Clik Kanan Pada 31/2Floppy A:
J Clik Format
J Pada Volume Label ketiklah (bebas) untuk memberikan label didalam disket yang akan kita format.
J Pada Format Option : Quick Format (Format secara cepat)
J Clik Start
J Tunggulah hingga Proses Format Selesai
J Clik Close
Devices with Removable Storage
31/2Floppy A

Folder (Ruang yang akan digunakan untuk menyimpan File).
  1. 1. Membuat Folder (Pada My Document)
  • Double Clik Icon My Document
  • , Clik File
  • Clik New Folder
  • Ketiklah Nama Folder yang diinginkan
  1. 2. Menghapus Folder
  • Clik Folder yang akan dihapus
  • Clik File
  • Clik Delete
  • Pada Pertanyaan Clik Yes (Jadi Hapus), No (Batal Hapus)
Mencari File (Search)
Untuk mempercepat Pencarian File Yang tersimpan dalam Hardisk Windows menyediakan Fasilitas Search.
Langkah yang kita lakukan adalah :
  • Clik Search
  • Clik Files and Folders
  • Pada All or Part of the File Name Isilah dengan nama file atau sebagian nama file yang akan anda cari
  • Pada A Word or Phrase in the file Isilah dengan sebagian kata/paragraph yang terkandung dalam file yang anda cari
  • Pada Look In : Isilah dimana Folder tempat kita menyimpan File
Menghapus File yang tidak Terpakai :
8 Clik File yang akan dihapus
8 Clik File
8 Clik Delete
8 Clik Yes untuk benar-benar menghapus File
8 Clik No untuk rnembatalkan penghapusan
Mengcopy File:
Clik Kanan pada File yang akan dicopy
Clik Copy
Clik Clik lah di Folder yang diinginkan
Clik Paste


Mengakhiri Program Windows

8 Clik Start
8 Clik Turn Off Komputer
8 Clik Turn Off
8 Tekan Tombol Power untuk mematikan CPU
Catatan : UntukMengakhiri suatu Program pastikan semua aplikasi sudah disimpan dan ditutup (close)
V.2. Aplikasi dalam Windows

A. Microsoft Word

Micorsoft Word adalah program aplikasi pengolah kata (Word Procesor) Yang paling banyak digunakan dipasaran. Microsoft Word terbaru adalah versi 2002 atau yang terkenal dengan nama Microsoft Word XP. Versi ini memiliki kelebihan – kelebihan dibandingkan versi terdahulu diantaranya fasilitas Task pane, Office Clipboard dan masih banyak lagi fasilitas lainya yang kesemuanya itu untuk mernpermudah penggunaan Ms Word 2002.

Memulai Microsoft Word
8 Klik tombol Start pada Task bar.
8 Arahkan ke menu pilihan All Programs.
8 Lanjutkan pilih / klik pilihan Microsoft Word.
8  Tunggu sampai muncul Jendela kerja word.
Catatan : Langkah-langkah tersebut dapat pula dilakukan dengan cara memilih / Double Klik pada icon Microsoft Word yang ada pada tampilan Windows/ Desktop.

Mengenal Jendela kerja







8 Icon Kontrol Menu, Untuk mengontrol jendela yang sedang aktif.
8 Baris Judul/Title Bar, Menampilkan nama file dan nama program yang sedang aktif, juga dapat dipakai untuk memindah jendela ke posisi lain dengan cara Drag pada baris tersebut.
8 Baris Menu/Menu Bar, Berisi menu _File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Windows dan Help. Cara memilih menu ini dengan klik menu tersebut atau tekan Alt kemudian tekan huruf yang tergaris dibawahnya pada menu pilihan.
8 Baris Toolsbar, Berisi tombol-tombol untuk menjalankan perintah yang sering digunakan dengan cepat dan mudah.
8 Task Pane, Jendela yang muncul secara otomatis disebelah kanan naskah isinya akan menyesuaikan pekerjaan yang sedang anda kerjakan.
8 Baris Penggulung/Scrool Bar, untuk melihat isi jendela bagian lain, menggeser kearah kiri/kanan gunakan Horisontal Scrool bar, keatas bawah gunakan Vertikal Scrool bar.
8 Titik sisip/Insertion Point, berbentuk garis vertikal berkedip posisi dimana carakter yang kita ketik akan muncul.
8 Garis Mistar, menampilkan batas kertas baik margin kiri, kanan, atas, bawah serta batas indentasi naskah.
8 Tombol Ukuran/Sizing Button, untuk  mengatur ukuran jendela kerja yang sedang aktif, diataranya :
v Minimize, Untuk memperkecil ejendela hingga menjadi icon pada taskbar.
v Maximize, Untuk rnemperbesar jendela hingga menjadi satu layar penuh.
v Restore, Mengembalikan ukuran jendela ke ukuran semula, pada posisi ini kita dapat rnengatur jendela sesuai kebutuhan.
v Close, Menutup jendela untuk mengakhiri dan keluar dari program aplikasi yang sedang dipakai.
Mengolah Naskah












1. Tipe Huruf Foot dan Ukuran Huruf Font Size
‘Memforrnat huruf/font ini dapat dilakukan sebelum naskah diketik,
  • Tentukan Huruf Dan Ukurannya
  • Ketik naskahnya atau sesudah diketik,
  • Sorot drag naskahnya
  • Tentukan jenis huruf dan ukurannya ketik naskahnya
2. Atribut TekglEfect Cetak
Penggunaan tombol ini sama dengan pen gunaan tombol font diatas, macan efect tersebut diantaranya
  • Bold efek tebal
  • Italic efek miring dan
  • Unerrline efek garis bawah.
3. Perataan Teks Aligment
Untuk menentukan bentuk perataan naskah perparagraf, Align Left rata kiri, Centre rata tengah, Align Right rata kanan, Justify rata kiri dan kanan.
4. Menghapus Teks.
Teks, kalimat atau paragraf yang tidak terpakai dapat anda hapus dengan cara disorot/blok dahulu kemudian tekan tombol DELETE pada keyboard atau klik tombol CUT gunting .
5.  Mengkopi Teks
Teks, kalimat atau paragraf dapat anda salin l kopi dengan cara disorot/blok dahulu kemudian tekan tombol Copy pada Toolsbar, tempatkan titik sisip pada posisi baru yang anda inginkan kemudian Paste.
6. Memindah Teks
Apabila anda ingin memindah Teks, kalimat atau paragraf , maka blok terlebih dahulu klik Cut Teks hilang, tempatkan titik sisip ke posisi baru kemudian Paste.
7. Membatalkan perintah
Kadang kita melakukan kesalahan perintah misalnya penghapusan teks, untuk mengembalikan teks yang terhapus itu gunakan tombol Undo
8. Mengatur Mistar Ruler.
Indentasi paragraf yaitu jarak huruf pertama paragraf dengan batas kiri kertas dapat
kita lakukan dengan menggeser tanda First Line Indent, OO jarak antara batas kiri dengan paragraf gantung baris kedua dan seterusnya dapat kita geser dengan tanda

Menyimpan File Save (Save As)



Naskah yang sudah maupun belum selesai dapat kita simpan sebagai dokumentasi guna keperluan pada kesempatan lain. Langkahnya :
ë Pilih File Save As / Ctrl + S atau klik Save pada tool bar /gambar diskete
ë Pada Save In : Pilih Drive, Folder yang di inginkan
ë Pada File Name :         isi nama file
ë Klik tombol Save.
Membuka File (Open File)
Naskah yang sudah disimpan dapat kita buka kembali guna keperluan pengeditan, pencetakan dan lainya. Langkahnya :
ë Pilih File Open / Ctrl + O atau klik Open pada toolbar /gambar Folder terbuka.
ë Pada Look In : Pilih Drive, Folder yang di inginkan
ë OPada File Name : isi nama file atau Klik Nama file yang ada pada daftar file.
ë Klik tombol Open.
Menutup File
Naskah dilayar yang sudah tidak terpakai dapat kita tutup. Langkahnya :
ë Pilih File
ë Close

Menyiapkan dokument baru yang masih kosong
ë Untuk mengetik naskah baru harus kita sediakan tempat kosong. Langkahnya :
ë Pilih File – New / Ctrl + N atau klik New pada toolbar /gambar Kertas
ë Pada Task pane klik Blank Document


Mengatur jarak spasi ketikan

Untuk mengatur jarak spasi baris paragrap dapat dilakukan perintah :
F Pilih/tempatkan titik sisip pada paragraph yang akan diatur spasinya.
F Klik Format – Paragraf muncul kotak dialog paragraph.
F Pada isian Befre : Diisi jarak spasi sebelum paragraph dan isian After diisi jarak spasi sesudah paragraph.
F Pada kotak Line Spacing : diisi jarak spasi yang diinginkan :
  1. Single : Untuk jarak spasi satu.
  2. 1.5 lines : Untuk jarak spasi satu setengah .
  3. Double : Untuk jarak spasi dua
  4. At Last : Untuk jarak spasi minimal.
  5. Exactly : Untuk Jarak spasi yang pasti
  6. Multiple : Untuk menggandakan jarak spasi satu jadi dua


Membuat obyek dengan toolbar drawing
  1. Pilih obyek yang diinginkan, arahkan mouse ke jendela teks maka mouse berubah menjadi +
  2. Drag areal untuk obyek
  3. Untuk merubah ukuran drag handlenya
  4. Untuk menghapus aktifkan kemudian delete .
  5. tombol – tombol Drawing
Jika ingin membuat obyek lain yang lebih komplek dapat kita lakukan dengan Autoshpes
























Menyisipkan gambar/Picture

F Klik Insert
F Arahkan ke Picture
F klik ClipArt
F Pada Task Pane pilih Search
F pilih gambar dan klik insert.
Membuat bagan
8   Klik Insert
8   Arahkan ke Diagram
8   Pilih bagan kemudian Ok
Menambah kotak
Subordinate menambah kotak dibawahnya.
Cowoker menambah dikanan/kirinya.
Assist menambah dibawah pilih gambar dan klik insert.

Bullet & Numbering .
Bullets
Simbol awal baris pada paragraph. Untuk memberikan bullet,
8 Blok paragraph tersebut
8 Klik menu Format
8 Klik Bullet and Numbering
8 Pilih symbol bullet pada daftar bullet
8 Klik Ok.
Jika simbol bullet yang kita inginkan tidak ada pada daftar, untuk mencari langkahnya Klik tombol Customize – Charakter
Numbering :
Penomoran paragraph.
8 Blok paragraph tersebut
8 Klik menu Format
8 Klik Bullet and Numbering
8 Klik Tab Numbered
8 Pilih bentuk penomoran pada daftar bullet
8 Klik Ok









Memformat documen menjadi bentuk kolom
Apabila kita ingin membuat naskah menjadi bentuk kolom maka lakukan langkah sebagai berikut :
8 Klik menu Format
8 Klik Column
8 muncul kotak dialog Tentukan jumlah dan bentuk kolom pada area Presets.
8 Pada kotak isian Number of Colums untuk menentukan banyaknya kolom yang akan dibuat.
8 Width and spacing untuk menentukan jarak antara kolom satu untuk dengan untuk lainnya dengan lainya.
8 Kotak opsi Line Between memberikan garis antara kolom satu lainya.
8 Kotak opsi Equal column width menentukan lebar kolom satu dengan samaltidak.
8 Jika ketentuan telah lengkap klik Ok.


Menyisipkan symbol
Symbol adalah huruf khusus yang dalam keyboard tidak tersedia seperti   ,  untuk menyatakan alamat dan lain sebagainya.
Untuk itu lakukan langkah :
8 Insert
8 Symbol
8 Pilih symbol yang anda inginkan
8 untuk mengakhiri klik Insert dan Close.


Drop Cap

Drop cap adalah huruf pertama pada paragraf yang ditampilkan lebih besar dan mencolok. Langkahnya :
8 Sorot paragraf
8 Klik menu Format
8 Klik Drop Cap
8 Pilih salah satu bentuk pada kotak Posisition None, Droped atau In Margin
8 Font untuk menentukan huruf yang akan digunakan
8 Line to Drop untuk menentukan banyaknya baris dikanan huruf, Distance from text untuk menentukan jenis huruf yang digunakan
8 Jika telah selsai klik Ok
Header dan Footer
Header dan footer adalah teks yang akan tercetak pada setiap halaman dalam dokumen yang kita buat.
Untuk menempatkan header atau footer dengan cara :
8 klik menu View, Header and footer akan muncul area teks.
8 Untuk pindah dari area header ke footer klik Switch Between Header dan footer atau sebalik.nya.
8 Untuk mengakhiri klik Close.
Footnote
Untuk membuat catatan/footnote dapat kita lakukan dengan cara
8 klik menu Insert
8 Klik Reference
8 pilih Footnote hingga muncul kotak dialog, Number format untuk enentukan jenis penomoran, Custom mark untuk menentukan symbol footnote, Start at untuk menentukan nomor awal footnote
8 Klik Insert untuk menuliskan footnote. Untuk mengakhiri penulisan footnote klik dalam naskah.
Mengetik Tabel
Dalam naskah dapat kita sisipkan tabel dengan cara :
8 Klik Table
8 Klik Insert
8 Klik Table
8 pada kotak isian Number of column isi banyaknya kolom, Number of row isi banyaknya baris
8 Klik Ok.
Pada Autofit behafior klik salah satu pilihan :
  1. Fixed column width, jika ingin lebar kolom kita atur sesuai dengan kebutuhan.
  2. AutoFit to contens, jika ingin lebar kolom secara otoatis menyesuaikan isi tabel.
  3. AutoFit to windows, jika ingin lebar kolom secara otoatis menyesuaikan dengan ukuran AutoFormat.~ I jendela.
  4. Jika anda ingin menggunakan format tabel yang telah disediakan oleh word maka klik tombol Autoformat, kemudian pilih nama format tabel pada daftar.


Memformat baris / kolom :
8 Drag kearah atas / bawah pembatas baris
8 Drag pembatas kolom.
Menambah baris / kolom :
Sorot baris / kolom
Klik Table-Insert Column untuk kolom, Insert Row untuk  baris.

Menghapus baris / kolom :
  1. Sorot baris/kolom
  2. 2. Klik Table-Delete Colomn untuk kolom, Delete Row untuk baris.
Menggabung beberapa sel :
  1. Sorot sel
  2. Klik Table- Merge Ceis.
Memberi warna sel :
  1. Sorot sel / kolom
  2. Klik Format – Borders and Shading.
  3. klik tombol Shading, pilih warna pada palete. Patern, untuk memilih bentuk arsiran.
Memasukkan rumus/formula :
  1. Tempatkan kursor di sel
  2. Table-Formula
  3. pada kotak Formula isi Sum(left), jumlah. Product, kali. Average, Rata-rata.
  4. Untuk mengkopi rumus tekan Ctrl + Y,

Border and shading :
untuk membuat border dan shading pada suatu paragraf langkahnya :
8 Drag paragraf
8 klik Format – Borders and Shading.
8 klik tombol Border, untuk menentukan letak border. tombol Shading, pilih warna pada palete. Patern, untuk memilih bentuk arsiran.
8 jika sudah selesai klik Ok.






WordArt
Select a WordArt style:
8  Untuk menyisipkan WordArt,
8 Klik menu Insert geser ke Picture klik WordArt,
8 pilih salah satu bentuk tampilan pada WordArt Gallery, klik Ok.
8 ketik teks yang akan dibuat wordart
8 klik Ok.
Kita dapat merubah ukuran wordart dengan cara drag handel – handelnya

Mail Merge­

Mail merge adalah fasilitas untuk membuat surat yang akan dikirimkan ke beberepa penerirna dengan isi yang sama, sebelum kita mengggunakan mail merge perlu diketahui dua hal penting yang harus kita ketahui yaitu :
v Main Documen merupakan format dasar dari surat yang akan kita kirimkan, berisi teks dan informasi yang tidak beraibah.
v Data Source, Merupakan kumpulan data yang akan kita gabungkan kedalam main documen, berisi nama field dan datanya.


Prosedurnya :
1. Ketik surat yang akan dijadikan main documen / master surat, dengan tempat yang berubah ( dalam contah yang tebal bergaris bawah) tidak diketik ! kosongi dahulu.
Contoh Surat :



PT. JASA RAHARJA
Jl. Mawar Merah No 123 2 (0271) 725756 Surakarta
No.      : 101/JR/IX/2002                    Surakarta, 1 Desember 2005
Hal       : Panggilan.
Kepada Yth,
Bapak Mulyo hartono
Jl. Mangaa Besar No. 324 Yogyakarta
Dengan hormat,
Menindaklanjuti surat permohonan yang bapak kirimkan pada bulan yang lalu, maka kami mengharapkan kehadirannya di kantor kami jam 09.00 wib. Guna menerima penjelasan mengenai cara dan prosedur untuk mendapatkan klaim asuransi.
Demikian atas perhatianya kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami
( Andry Setya Hutama) Manajer
Simpan surat tersebut dengan nama MASTER JASA
2. Click menu TOOLS, click Letters and Mailings, click Mail Merge Wizard. Jendela Task Pane akan ditampilkan disebelah kanan.
3. Pada bagian select document type pada Task Pane, pilih jenis dokumen yang dibuat :
J Letters, surat yang didistribusikan ke beberapa penerima.
J E-mail message, surat yang didistribusikan ke beberapa alamat e-mail. e& Labels, label surat yang datanya diambil dari file sumber data.
J Envelopes, membuat amplop surat yang alamat tujuannya diambil dari file sumber data.
J Directory, membuat dokumen tunggal yang berisi katalog / daftar alamat. Karena kita akan membuat surat masal maka klik Letters, kemudian klik Next : Starting Document yang ada di bagian bawah jendela task pane.
4. Pada bagian select starting document yang ada di Task Pene, klik salah satu tombol sebagai pilihan master dokumen yang akan kita pakai.
J Use the current document, menggunakam surat yang ada di jendela sebagai main dokumen.
J Start from a template, menggunakan template yang sudah siap pakai.
J Start from exciting document, mengambil file dokumen yang sudah ada. Beri tanda atau klik pada pilihan Use the current document, kemudian klik Next : starting recipients.
5. Pada bagian select recipients yang ada di Task Pane, klik salah satu tomhol pilihan cara penentuan sumber data (Data Source), sumber data ini berisi daftar data penerima surat.
J Use an exciting list, bila ingin menggunakan nama dan alamat yang dia,Ynbil dari sebuah file sumber data yang telah disimpan. Untuk melakukan pemilihan file data. Click Browse.
J Select from Outlook Contacts, bila ingin menggunakan nama dan alamat vana datanya diambil dari folder Outlook Contacts. Untuk menggunakannya click Choose Contacts Folder.
J Type a new list, bila kita akan membuat daftar nama dan alamat baru dengan panduan wizard.
Misalnya  kita membuat daftar nama baru maka ban tanda atau klik pada pilihan Type a new list; bornudian klik Create atau  Next.
Akan dimunculkan kotak dialog adrres list yang berisi  daftar filed, untuk mengganti nama field sesuai  kebutuhan klik Costumize.
J Ganti nama sesuaikan dengan kebutuhan dengan cara :
  • Klik Title – Rename – No Surat – Ok
  • Klik First Name – Rename – Status – Ok :2
  • Klik Last Name – Rename – -Mama – Ok
  • Klik Company – Rename – Alamatl – Ok
  • Klik Adres line 1 – Rename – Alamat2 – Ok
  • Klik Adres line 2 – Rename – Kota – Ok
  • Klik City – Rename – Jam – Ok
J Hapus nama yang tidak dipakai dari bawah Delete – yes.
J Jika sudah selesai klik Ok
J Isilah data yang akan dikirim pada kotak entry yang tersedia, untuk memasukkan data berikutnya kiik New Entry. Jika sudah tidak ada data yang akan kita masukkan klik Close. Muncul kotak  dialog save beri nama DATA JASA.



6. Memasukan field ke master surat.
  • Tempatkan titik sisip/kursor.
  • Klik tombol Insert merge field.
  • Pilih nama field – Insertclose. (pada master surat akan muncul nama field dengan diapit tanda < field >, contoh < No Surat>
  • Ulang langkah tersebut sampai semua filed masuk.
7. Melihat hasil mail merge.
  • Klik View Merge Data.
  • « : melihat data sebelumnya.
  • » : melihat data sesudahnya/berikutnya.
8. Klik Next sampai Next : Complete The Merge. Kemudian tentukan media hasil akhir dari surat kita dengan pilihan :
  • Print : Surat langsung dicetak ke printer/kertas.
  • Edit Individual latter: Surat di simpan ke file sebagai dokumen.
    • Setelah kita pilih salah satu mdia kemudian tentukan nomer record yang akan di gabung pada kotak dialog yang tersedia.
  1. All: semua
  2. Current record : Nomer yang aktif saja.
  3. From … To …. : Mulai data nomer berapa sampai berapa.
  4. Kemudian klik Ok.
  • Muncul hasil surat yang sudah tergabung sesuai data yang diminta dengan nama Latterl. Kemudian simpan dengan nama baru GABUNG JASA.






B. MICROSOF EXCEL

‘Microsoft Excel adalah program aplikasi yang dipergunakan untuk mengolah data yang herupa angka-angka untuk operasi perhitungan, pembuatan bagan, database sederhana serta grafik.
Cara mengaktiflcan Microsoft Excel 2002 (MS-Excel XP) adalah sebagai berikut :
  1. Click tombol Start.
  2. Arahkan ke All Programs.
  3. Click Microsoft Excel.
  4. Akan muncul seperti dalam tampilan dibawah ini
Adapun semua icon yang terdapat pada Microsoft Excel apabila bergambar sama dengan icon pada gambar aplikasi yang lain maka icon tersebut mempunyai fungsi yang sama. Istilah dalam Excel :
Baris : adalah angka-angka yang terdapat di samping kiri lembar kerja   1,2,3,4,5,6,…,dst
Cara mengubah tinggi baris :
Letakkan posisi penunjuk mouse ditengah-tengah baris yang akan diubah misal akan mengatur tinggi baris ke 8 maka diletakkan diantara baris ke 8 dan ke 9 sehingga penunjuk mouse berbentuk       jika ditarik ke atas maka baris ke 8 mengecil, jika ditarik kebawah maka baris ke        membesar.
Kolom : adalah huruf-huruf yang berada disebelah atas lembar kerja A,B,C,D,…,Z,AA;AB,…IV (256 kolom)
Cara mengubah lebar kolom :
Letakkan posisi penunjuk mouse ditengah-tengah kolom yang akan diubah misal akan mengatur lebar kolom C maka diletakkan diantara kolom C dan kolom D sehingga penunjuk mouse berbentuk           jika ditarik ke kiri maka kolom C mengecil, jika ditarik kekanan maka kolom C membesar.
Sheet   : lembar kerja, defaultnya 3 sheet, tetapi jumlah sheet dalam sebuah file bisa diubah sesuai kebutuhan pemakai serta nama sheetnya bisa diganti.
Cara menambah sheet:
  • Click kanan di salah satu sheet, lanjutkan dengan mengclick insert. Pada pilihan pilih
  • Cara mengubah nama sheet:
  • Click kanan di salah satu sheet, lanjutkan dengan mengclick rename. Tulis nama sheet yang diinginkan. Calwhin dalara satu file tidak boleh ada lebih dari satu sheet yang sama namanya.
Cara menghapus sheet:
  • Click kanan di sheet yang akan dihapus, lanjutkan dengan mengclick delete.
Sel : adalah tempat perpotongan antara baris dan kolom, yang merupakan alarnat tempat penulisan data. Contoh : A3, B2, H6 dst.
Range : adalah kumpulan dari beberapa sel. Contoh : A5:B7 (adalah sel yang terbentuk antara sel A5 sampai dengan B7 yaitu A5,A6,A7,B5,B6,B7.


Macam-macam Jenis Data
  1. 1. Data Label (String)
Adalah data-data yang umumnya berupa text atau naskah, bisa juga berupa angka tetapi tidak untuk perhitungan dan bernilai nol, seperti : narna, alamat, kota, nomer telpon, kode pos dsb. Didalarn sel penulisan (defaultnya) rata kiri, tetapi perataannya bisa diatur.
  1. 2. Data Anglia (Numeric)
Adalah data yang berupa angka, tetapi bisa diatur perataannya (rata kiri, tengah atau kanan). Defaultnya rata kanan tetapi bisa diatur perataannya. Apabila dihubungkan dengan suatu rumus atau formula diawali dengan tanda =.

A B C D E
1 No NAMA BARANG HARGA SATUAN TOTAL
2 1 Buku 3000 5 =C2*D2
3 2 Ballpoint 5000 6
4 3 Tip-Ex 7250 4
5 4 kertas 19000 3
Kolom total diisi dengan rumus perkalian antara Harga dikalikan dengan satuan.

Cara mengcopy rumus :
Letakkan pointer dibagian bawah kanan sel yang akan dicopy, dalam hal ini sel E2. sehingga terbentuk tanda (+) tarik (drag and drop) ke tempat akan dicopykan untuk soal ini ke sel E5.
  1. 3. Data Tanggal (Date)

Data tanggal adalah data yang ditulis dalarn format: mm./dd/yyyy atau bulan/tanggal/tahun yang diisi dengan bentuk numeric, sehingga bisa dioperasikan secara numeric, seperti :
Day (sel) -> untuk mengambil tanggal dari fimgsi tanggal (berbentuk numeric)
Month (sel)-> untuk mengambil bulan dari fungsi tanggal (berbentuk numeric)
Year (sel)-> untuk mengambil tahun dari fungsi

  1. 4. Data Waktu (Time)

Data waktu adalah data yang ditulis dalam format : =time(hh,mm,ss) yang diisi dengan bentuk numeric, sehingga bisa dioperasikan secara numeric, seperti :
  • Hour (sel) -> untuk mengambil jam dari fungsi waktu (berbentuk numeric)
  • Minute (sel)-> untuk mengambil menit dari fungsi waktu (berbentuk numeric)
  • Second (sel)-> untuk mengambil detik dari fungsi waktu (berbentuk numeric)
Secara operasional sama dengan memformat date.
PENGATURAN FILE
Menyimpan File:
Untuk  menyimpan file yang pertama kali, langkahnya :
  1. Click menu File
  2. Click Save
  3. Double click Folder ternpat penyimpanan pada kotak combo Save In
  4. Ketik nama file pada kotak isian File name.
  5. Click tombol Save.
Sedang untuk menyimpan file selanjutnya cukup mengclick icon Save yang terdapat pada menu standart Toolbars.
Membuka File :
Untuk  membuka file yang telaah tersimpan, langkahnya :
  1. Click menu File
  2. Click menu Open
  3. Double click Folder tempat penyimpanan pada kotak combo Look In.
  4. Click nama file
  5. Click tombol Open
Atau dengan mengclick icon Copy pada toolbar standart dan ikuti langkah no. 3 s/d 5.
Menentukan Area Pencetakan :
1.       Drag and drop (blok) area yang akan dicetak
2.       Click menu File
3.       Click pilihan Print Area
4.       Click Set Print Area
Menentukan Ukuran Kertas :
  1. Click menu File.
  2. Click menu Page Setup
  3. Click pada submenu Page
  4. Click salaah satu pilihan pada area Orientation
  5. Atur Scalling
  6. Click salah satu pilihan pada Paper Size
  7. Click Ok
Mencetak File
  1. Clikck menu File.
  2. Click Print









  1. Click salah satu pilihan yang tepat pada Printer Name
  2. Click salah satu pilihan pada Print Range (All, Pages)
  3. Click salah satu pilihan area Print What (Selection, Active Sheet, Entire Workbook)


MACAM – MACAM FUNGSI DALAM MICROSOF EXCEL
  1. 1. = sum (range)
Digunakan untuk menjumlahkan angka-angka yang berada didalam suatu range. Contoh , =-sum(B4:F4)
  1. 2. =count(range)
Digunakan untuk mencari banyaknya data yang berada didalam suatu range. Contoh : =count(B4:B12)
  1. 3. =average(range)
Digunakan untuk mencari rata-rata dari sekumpulan data didalam suatu range. Contoh : =average(D4:D12)
  1. =max(range)
Digunakan untuk nwncari nilai terbesar aiau tertinggi dari sekumpulan data didalam suatu range. Contoh : =max(C3:C18).
  1. =min(range)
Digunakan untuk mencari nilai terkecil atau terendah dari sekumpulan data didalarn suatu range, Contoh : =min(H8:H20)
Fungsi Financial
  1. 1. DB(cost ,salvape,life,period,month)
Digunakan untuk menghitung besarnya nilai depresiasi yang rlrenggunakan sistem Fixed-Declining dimana cost adalah nilai awal, salvage adalah nitai residu / sisa, life adalah lamanya masa penyusutan, period adalah waktu saat perhitungan nilai penyusutan dan month adalah pada bulan ke berapa rYilai penyusutan ini dihitung. Misal :dibeli sebuah kamputer Pentium II-450 Mhz seharga Rp. 7.000.000,­dengan umur ekonomis adalah 2 tahun dan merrpunyai nilai residu pada tahun ke­2 adalah Rp. 3.500.000,- maka jika kita menginginkan untuk menghitung nilai depresiasi pada bulan ke 10 tahun ke 1 adal.ah :
DB ( 7000000,3500000,2,1,10 ) akan menghasilkan Rp 1.709.166,67
  1. 2. DDB(cost,salvage,life,period)
Untuk menghitung besarnya nilai depresiasi yang menggi.makan sistem Double­Declining dimana cost adalah nilai awal, salvage adalah nilai residu / sisa, life adalah lamanya masa penyusutan, period adalah dvaktu saat penghitungan nilai penyusutan.
Misal : dibeli sebuah kemputer Pentium II- 450 Mhz seharga Rp. 7.000.000,­dengan umur ekonomis adalah 2 tahun dan mempunyai nilai residu pada tahun ke­2 adalah Rp 3.500.000,- tnaka jika kita mengingikan untuk menghitung nilai depresiasi pada bulan ke 10 tahun ke 1 ada’ah :
DDB ( 7000000,3500000,2,1 ) akan menghasilkan Rp. 3.500.000.
  1. 3. SLN(cost,salvage,life)
Untuk menghitung besarnya rrilai depresiasi yang menggunakan sistem Straight­line dimana cost adalah nilai awal, salvage adalah nilai residu / sisa, life adalah lama»ya masa penytisutan.
Misal : dibeli sebuah komputer pentium II- 450 Mhz seharga Rp. 7.000.000,­dengan umur ekonomis adalah 2 tahun dan mempunyai nilai residu pada tahun ke­2 adalah Rp. 3.500.000,- maka jika kita menginginkan untuk menghitung nilai depresiasinya adalah :
SLN ( 7000000,3500000,2 ) akan menghasilkan Rp.I .750.000,­
  1. 4. PMT(rate,nper,pv)
Untuk menghitung besarnya nilai angsuran / cicilan yang harus dibayarkan atas suatu pinjaman, rate adalah besarnya suku bunga ( ditulis dalarn prosen ), nper adalah lamanya wakttx pinjaman dan pv adalah besarnya nilai pinjaman.
Misalnya : dibeli sebuah komputer Pentium II- 450 Mhz seharga Rp. 7.000.000,­dengan lama waktu angsuran adalah 2 tahun dan suku bunga pinjaman sebesar 19.5 °,!o maka,jika kita menginginkan untuk menghitung nilai angsuran yang harus dibayarkan tiap tahunnya adalah :
PMT ( 19 5 %,2, 7000000 )akan menghasilkan Rp. 4.554.066.06.
Fungsi Logika :
Apabila kita dihadapkan pada suatu soal yang pemecahannya ada beberapa alternative pilihan jawaban maka cara mengerjakannya adalah dengan menggukan fungsi logika IF, yang bentuk umumnya sebagai berikut : (untuk 2 Kondisi)
=if (kondisi 1, statement1,if(kondisi2, statement2,statement3))
contoh :
Jika Golongan=”A”maka gaji pokok Rp. 300.000,-
Jika Golongan=”B”maka gaji pokok Rp. 400.000,-
Jika Golongan=”C”maka gaji pokok Rp. 500.000,-
Maka :

A B C D
1 NO NAMA PEGAWAI GOLONGAN GAJI POKOK
2 1 Maharani C
3 2 Andhika B
4 3 Kartika C
5 4 Bernedetta A
Maka rumus sel D2, adalah :
=if(C2=”A,300000,if(C2=”B”,400000,500000))
Fungsi Logika AND dan OR :
Apabila kita dihadapkan pada suatu soal yang pemecahannya ada beberapaalternatif pilihan jawaban dan pada kondisinya harus menggunakan salah satu operator (AND atau OR) maka cara mengerjakannya adalah dengan menggunakan fungsi logika IF, yang bentuk umumnya sebagai berikut :
=if(and(kondisi1,kondisi2),statement1,statement2)
Pada bentuk diatas statement 1 hanya akan dikerjakan jika ke 2 kondisi dipenuhi.
=if(or(kondisi1,kondisi2),statement1,statement2)
Pada bentuk diatas statement1 akan dikerjakan jika salah satu kondisi dipenuhi atau kedua kondisi dipenuhi semuanya.
Contoh :

A B C D E F
1 NO NAMA GOLONGAN STATUS GAJI BONUS
2 1 Maharani C Kawin 500,000
3 2 Andhika B Belum 600,000
4 3 Kartika C Belum 550,000
5 4 Bernedetta A kawin 600,000
Missal ada ketentuan bonus yang diberikan kepada karyawan yang bergolongan C atau yang sudah menikah sebesar 10% dari gaji, maka rumus pada kolom F, menjadi :
Pada sel F2 dituliskan :
=if(or(C2=”C”,D2”Kawin”),10%,0)*E2

Fungsi pembacaan Tabel :
Apabila kita menemui suatu kasus dimana satu table diisi berdasarkan data pada table yang lain, maka untuk mengerjakannya digunakan rumus berikut ini :
=vlookup(sel hubung, range table, no.kolom,0)
jika keterangan data pada table pembantunya disusun dalam satu baris.
=hlookup(sel hubung, range table, no.kolom,0)
jika keterangan data pada table pembantunya disusun dalam satu kolom.
Dengan keterangan bahwa :
Sel hubung adalah suatu sel atau formula yang mneghubngkan antara tabel yang diisi dengan tabel pembantunya.
Range tabel adalah range dari tabel pembantu tidak termasuk keterangan dari data pada tabel pembantu .
No. Kolom adalah nomor dari kolom pada tabel pembantu sesuai dengan apa yang akan diisikan dan dihitung dari sebelah kiri.
No. Baris adalah nomor dari baris pada tabel pembantu sesuai dengan apa yang diisikan dan dihitung dari sebelah atas.
Contoh :

A B C D
1 NO NAMA PEGAWAI GOLONGAN GAJI POKOK
2 1 Maharani C
3 2 Andhika B
4 3 Kartika C
5 4 Bernedetta A

A B
1 GOLONGAN GAJI POKOK
2 A 300,000
3 B 375,000
4 C 550,000
Maka rumus yang digunakan untuk mengisi kolom D pada tabel daiatas berdasarkan tabel pembantu yang ada dibawahnya adalah sebagai berikut :
Pada sel D2, rumusnya :
=vlookup(c2,$F$2:$G$4,2,0)

Mengurutkan Data (SORT)

A B C
1 PROGRAM KOTA SISWA
2 ANALIS YOGYA 50
3 PERAWAT SEMARANG 75
4 PERAWAT SOLO 50
5 ANALIS SEMARANG 100
6 ANALIS SOLO 50
7 PERAWAT YOGYA 75
Data yang telah dislesaikan kita kerjakan dapat kita urutkan sesuai dengan keinginan kita dengan menggunakan fasilitas SORT yang telah disediakan.
Seperti tanpak pada gambar diatas ini adalah tabel yang akan kita urutkan menurt program dan kota . lankahnya
  1. Blok tabel.
  2. Click menu Data.
  3. Click Sort.
  4. 4. setelah muncul jendela sort, Clicklah penanda segitiga pada Sort by untuk menentukan kunci pengurutan yang pertama (Program)
  5. 5. Clicklah penanda segitiga pada kota Then by untuk menentukan kunci pengurutan yang kedua (kota).
Pilihan Ascending untuk menentukan mode pengurutan emnaik atau dimulai dari data yang memiliki huruf awal A hingga data yang memiliki huruf awal Z.
Pili Descending sebaliknya, untuk menentukan mode pengurutan menurun atau dimulai dari data yang memiliki huruf awal Z hingga data yang emmiliki huruf awal A.
Kesalahan Formula
Apabila dalam mebuat formula terdapat kesalahan ketik, maka excel akan menampilkan konfirmasi yang menunjukkan kesalahan (eror) yang terjadi. Konfirmasi tersebut dapat dilihat jelas dari tabel berikut ini :
Error Keterangan
#Div/0! Pembagian dengan 0
#N/A Merujuk pada suatu harga yang tidak tersedia
#NAME? Menggunakan nama yang tidak dikenal oleh excel
#NUL! Berisi referensi yang menentukan sebuah interaksi sel-sel yang tidak valid
#NUM! Menggunakan bilangan yang salah
#REF! Merujuk pada suatu sel yang tidak valid
#VALUE Menggunakan argumen atau operator yang salah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar