STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Minggu, 06 November 2011

Pendidikan dan Pendidikan Islam

BAB I
PENDAHULUAN

Pendidikan Islam mempunyai dasar yang salah satunya adalah al-Qur’an. Pendidikan pada hakikatnya merupakan suatu upaya mewariskan nilai yang akan menjadi penolong dan penuntun dalam menjalani kehidupan. Dalam hal ini tujuan pendidikan Islam adalah suatu yang diharapkan tercapai setelah sesuatu usaha dan kegiatan selesai. Setiap usaha, tindakan dan tindakan yang disengaja untuk mencapai suatu tujuan harus mempunyai landasan tempat berpijak yang baik dan kuat.. oleh karena itu, pendidikan Islam sebagai suatu usaha membentuk menusia, harus mempunyai landasan kemana semua kegiatan dan semua perumusan tujuan pendidikan Islam itu dihubungkan.

BAB II
PEMBAHASAN

Pengertian Pendidikan Dan Pendidikan Islam
Arti Pendidikan
Pendidikan di dalam latihan mental, moral dan fisik (jasmani) yang menghasilkan manusia berbudaya tinggi untuk melakukan tugas kewajiban dan tanggung jawab dalam masyarakat selaku hamba Allah.
Menurut langveld bahwa pendidikan dalam arti khusus adalah bimbingan bimbingan yang diberikan oleh orang dewasa kepada anak yang belum dewasa untuk mencapai kedewasaannya.
Pendidikan dalam arti luas merupakan usaha untuk mengubah dan memindahkan nilai kebudayaan kepada setiap inidividu dalam suatu masyarakat (Hasan Langgung, 1985).

Dalam GBHN tahun 1973 yang dikemukakan pengertian pendidikan bahwa “pendidikan pada hakikatnya merupakan suatu usaha yang disadari untuk untukmengembangkan kepribadian dan kemampuan manusia, yang dilaksakannya didalam maupun diluar sekolah, dan berlangsung seumur hidup”.
Dalam undang-undang RI No. 2 yahun 1989, bahwa pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan bagi perannya di masa yang akan datang
Arti Pendidikan Islam
Pendidikan Islam adalah sistem pendidikan yang daapt memberikan kemampuan seseorang untuk memimpin kehidupannya sesuai dengan cita-cita Islam, sistem, tujuan, metode dan materi kependidikan Islam disusun menjadi suatu ilmu.
Sedangkan hakikat pendidikan Islam adalah proses membimbing dan mengarahkan pertumbuha dan perkembangan anak didik agar mau jadi manusia dewasa sesuai tujuan pendidikan Islam.

Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam
Ilmu pendidikan Islam memilkik ruang lingkup sangat luas karena didalamnya mencakup segala bidang kehidupan manusia di dunia untuk membentuk sikap dan nila-nilai amaliah Islamiah dalam pribadi manusia.
Dimana ilmu pendidikan Islam dapat dicapai melalui proses pembelajaran dalam pendidikan Islam yaitu:
Pendidikan adalah subyek yang melaksanakan pendidikan Islam
Anak didik adalah obyek terpenting dalam pendidikan untuk membawa anak didik mencapai tujuan.
Memahami pendidikan Islam adalah bahan-bahan belajar ilmu agama Islam yang disajikan kepada anak didik
Metode pendidikan Islam, suatu cara untuk menyampaikan bahan materi pendidikan Islam.
Evaluasi pndidikan adalah memuat cara-cara bagaimana mengadakan evaluasi/penilaian terhadapa hasil belajar anak didik.
Media/alat-alat pendidikan adalah alat-alat yang digunakan selama proses pembelajaran agar tercapai tujuannya.
Lingkungan sekitar adalh keadaan-keadaan yang ikut berperan dalam pelaksanaan pembelajaran.

Alasan Penting Pendidikan Islam
Manusia diciptakan Allah dalam struktur yang paling sempurna di antar makhluk ciptaannya. Struktur manusia terdiri dari unsur jasmani dan rohani, dalam unsur jasmani dan rohani itu Allah memberikan seperangat kemampuan dasar yang memiliki kecendrungan berkembang. Oleh karena itu, manusia adalah makhluk yang berkembang karena dipengaruhi oelh pembawaan dan lingkungan yang merupakan hakikat wujud manusia. Dalam perkembangannya manusia cenderung beragama. Rasulullah saw mengatakan:
كُلُّ مَوْلُوْدٍ يُوْلَدُ عَلىَ الْفِطْرَةِ فَاَبَوَاهُ يُـهَوِّدَانِهِ اَوْ يُنَصِّرَانِهِ اَوْ يُمَجِّسَانِهِ (رواه البخارى ومسلم)
‘Tiap orang dilahirkan membawa fitrah, ayah dan ibunyalah yang menjadikannya yahudi, nasrani atau majusi”.
Manusia banyak memiliki kecendrungan disebabkan oleh banyaknya potensi yang dibawanya. Dalam garis besarnya kecendrungan itu dapat dibagi dua yaitu, kecendrungan menjadi orang baik dan kecendrungan menjadi orang jahat.
Pentingnya pendidikan Islam adalah untuk membentuk kepribadian muslim yang harmonis karena pendidikan Islam adalah penataan individu atau social yang dapat menyebabkan seseorang tunduk, taat pada Islam dan menerapkannya secara sepurana di dalam kehidupan individu dan masyarakat. Faktor tebessar yang membuat manusia itu mulia adalh karena ia berilmu

Persamaan dan Perbedaan Pendidikan dan Pendidikan Islam
Persamaan pendidikan dan pendidikan Islam
1. usaha (kegiatan) usaha itu bersifat bimbingan
2. sama-sama adanya pendidikan atau si terdidik
3. bimbingan/pendidikan itu mempunyai dasar dan tujuan
4. dalam usha itu tentu ada alat-alat/bahan yang digunakan
5. ada pendidika atau pembimbing
Perbedaan pendidikan dan pendidikan Islam
a. Pendidikan umum
Belajar mengajar tidak ada hubungannya denngan tuhan da agama untuk memnuhi kebutuhan hidup dan kewajibab sosial
Tidak membahas kehidupan sebelum dan sesudah mati, pendidikan hanya kepentingan hidup dunia sekarang
Pendidikan tidak dikaitkan dengan pahala dan dosa
Dengan akal manusia dapat mencapai tingkat setingginya, kemanapun akal relative tidak terbatas
Tinggi pendidikan didasarkan atas kemanusiaan
Hidup ebih baiksejahtera dan bahagia dalam kehidupannya
b. pendidikan Islam
Belajar mengajar sama dengan ibadah dan selalu dikaitkan denga pengabdian pada tuhan
Meyaikini hidup sebelum dan sesudah mati
Akal dan ilmu manusia itu terbatas yang tidak terbatas adalh ilmu tuhan
Terdapat hak-hak tuhan dan hak-hak manusia lainnya terdapat ilmu yang dimiliki seseorang
Tujuan pendidikan adalah terbentuknya insane-kamil

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Pendidikan adalah latihan mental, moral dan fisik (jasmani) yang menghasilkan manusia berbudaya tinggi untuk melaksanakan tugas kewajiban adan tanggung jawab. Sedangkan pendidikan Islam adalah sistem pendidikan yang dapat memberikan kemampuan seseoranng untuk memimpin dan mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan anak didik agar menjadi manusia dewasa. Sesuai dengan tujuan pendidikan Islam. Ruang lingkup ilmu pendidikan Islam sangatluas karena di dalamnya mencakup segala bidang kehidupan manusia di dunia untuk membentuk sikap dan nilai-nilai alamiah Islamiyah dalam pribadi muslim. Adapun pentingnya pendidikan Islam adalah untuk membentuk kepribadian muslim yang baik dan harmonis karena pendidikan Islam adalah penataann individu sosial yang dapt menyebabkan seseorang itu tumbuh taat kepada Islam dan menerapkannya secara sempurna di dalam kehidupan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar