STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Rabu, 04 Januari 2012

Pembagian Ilmu Al Quran dan Macamnya

Menurut Prof.M.Hasbi Ash Shidieqy ilmu-ilmu Al Qur-an yang terpokok yaitu :

'Ilmu Mawathinin Nuzul
Ilmu yang menerangkan tempat turun ayat, masanya, awal dan akhirnya. Dibahas dalam kitab AL ITQAN (As Sayuthy)

'Ilmu Tawarikhin Nuzul
Menjelaskan masa turun ayat dan tertib turunya satu persatu hingga akhirnya.

'Ilmu Asababin Nuzul
Ilmu yang menerangan sebab-sebab turunya ayat. diantaranya dijelaskan dalam kitab LUBABUN NUQUL (As Sayuthy). Perlu diingat bahwa banya riwayat dalam kitab ini yang tidak shahih.

'Ilmu Qiraat
Ilmu yang menerangkan macam-macam Qiraat. Dijelasakan dalam kitab An Nasyr fil Qira-atil 'asyr gubahan AL Imam Ibnul Djazary

'Ilmu Tajwid
Ilmu yang menerangkan cara-cara membac Al Qur-an

'Ilmu Gharibil Qur-an
Yaitu ilmu yang mempelajari tentang makna kata-kata yang ganjil yang tidak terdapat dalam kitab-kitab biasa atau tidak terdapat dalam percakapan sehari-hari. Diterangkan dalam kitab AL MUFRADAAT (Ar Raghib Al Asfahany)

'Ilmu I'rabil Qur-an
Ilmu yang menerangkan baris Al Qur-an dan kedudukan lafadz dalam kalimat. Dalam kitab IMLA-UR RAHMAH ('Abdul Baqa al 'Ukbary)


'Ilmu Wujuh Wan Nadha-ir
Ilmu yang menerangkan kata-kata dalam Al Qur-n yang memiliki banyak arti. Dalam kitab MU'TARAKUL AQRAN (As Sayuthy)


'Ilmu Nasikh wa Mansukh
Menerangkan ayat-ayat yang dianggp mansukh oleh sebgaian mufasirin. Diantara kitab yang membahasnya yaitu : Ushul Fiqh (Al Khudlary), An NAsih wa Mansukh (Ja'far An Nahhas), AL ITQAN.

'Ilmu Bada'il Qur-an
Menerangkan tentang keindahan-keindahan Al Qur-an. Dalam kitab AL ITQAN

'Ilmu I'jazil Qur-an
Ilmu yang menerangkan kekuatan susunan ayat Al Qur-an sehingga ia dipandang sebagai mukjizat. Dalam kitab I'jazul Qur-an (Al Baqillany)

'Ilmu Tanasubi Ajatil Qur-an
Menernagan persesuaian antara suatu ayat dengan yang sebelumnya dan sesudahnya. Kitabnya : Nazhmudurar (Ibrahm Al Biqa'y)

'Ilmu Aqsamil Qur-an
Menerangkan perumpamaan-perumpaman yang terdapat dalam Al Qur-an. Kitab ; Amtsalul Qur-n (Al Mawardy)

'Ilmu Djidalil Qur-an
Ilmu untuk mengetahui macam-macam debatan yang telah diahadapkan oleh kaum musyitikin dan lainya. Dalam ilmu ini kita bisa mengetahui cara-cara dan sikap-sikap yang dipergunakan Al Qur-an untuk berhadapan dengan orang yang keras kepala. Dikumpulkan oleh Najamudin At Thusy.

'Ilmu Adabi Tilawatil Qur-an
Ilmu untuk mempelajari segala macam aturan yang dipakai dan dilaksanakan di dalam membaca Al Qur-an. Kitab : At Tibyan (An NAwawy)

Read more: Pembagian Ilmu Al Quran dan Macamnya - IslamWiki http://islamwiki.blogspot.com/2009/02/pembagian-ilmu-al-quran-dan-macamnya.html#ixzz1iXlobabj

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar