STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Rabu, 04 Januari 2012

Urgensi Ulumul Quran

Setelah berusaha sedikit membaca beberapa buku yang berkaitan dengan ulumul Qur'an kami menyimpulkan (pendapat kami semata) bahwa Yang dimaksud dengan ulumul Quran adalah Ilmu yang dikembangkan oleh para ilmuwan muslim yang digunakan sebagai alat untuk memahami makna yang terkandung dalam alquran dan berkaitan erat dengan tafsir Al Qur-an. Ulumul Quran adalah alatnya sedangkan Ilmu tafsir adalah satu diantara yang dipelajari dalam Ulumul Al Qur-an yang membahas tentang metode penafsiran AL Qur-an. Untuk lebih memahami apa yang dimaksud ulumul Quran , berikut ini adalah ilmu-ilmu yang biasanya dipelajari dalam ulumul Quran (Tertuang dalam buku karya Hasbie As shidiqiey) :

1. Ilmu Asbabun Nuzul (Mempelajari sebab-sebab turunnya Ayat Al Qur-an)

2. Ilmu Makiyah wal Madaniyah ( Menerangkan Surat Al-Quran mana yang diturunkan di Makkah dan yang diturunkan di Madinah)

3. Fawatihuh Suwari(kalimat-kalimat yang dipakai dalam pembukaan surat)

4. Ilmu Qiraat ( Ilmu cara-cara membaca Al quran)

5. Ilmu Nasikh dan Mansukh

6. Ilmu Rashmil Quraniyyi ( Cara-cara menulis lafadz-lafadz Al Qur-an)

7. Ilmu Muhkam wal Mutasyabih (Ilmu yang menerangkan ayat-ayat muhkamah dan mutasyabihat)

8. ILmu Amtsalil Quran (Ilmu tentang perumpamaan-perumpamaan dalam Al Qur-an)

9. Ilmu Aqsaamil Al Qur-an (Ilmu tentang sumpah dalam Al Qur-an)

10. Ilmu Qashashil Al Qur-an ( Ilmu tentang kisah-kisah dalam Al Qur-an)

11. Ilmu Jadalil Al Qur-an (Ilmu yang menerangkan tentang debat dalam Al Quran )

Dalam bukunya yang lain beliau memperinci pembagian Ulumul Qur-an.

Selain itu, sebagaimana ilmu lainnya, dalam mempelajari ilmu tersebut, diperlukan pula pengantar ulumul Quran. Dalam pengantarnya biasanya mempelajari tentang sejarah-sejarah yang berkaitan dengan turunya Al Quran ,Definisi Alquran dan wahyu,perkembangan ulumul Quran.

Kenapa Perlu Mempelajari Ulumul Qur-an

Tanpa mempelajari Uluumul Qur-an sebenarnya seseorang akan kesulitan memahami makna yang terkandung dalam Al Qur-an, bahkan bisa jadi malah tersesatkan.Apalagi ada 2 jenis ayat yaitu ayat-ayat muhkamaat dan mutsayabihaat. Sejak masa nabi Muhammad pun, terkadang sahabat memerlukan penjelasan nabi apa yang dimaksud dalam ayat-ayat tertentu. Sehingga muslimin yang hidup jauh sepeninggal Nabi S.a.w, terutama bagi yang ingin memahami kandungan Al Qur-an dituntut untuk mempelajari ilmu tersebut.


Beberapa buku yang bisa menjadi rujukan dalam belajar Ulumul Quran diantaranya:

1. Sejarah Dan pengantar Ilmu Alquran dan tafsir (ejaan lama) karya M. Hasbie As Shiddieqy. Buku yang komplek untuk awal pemahaman terhadap ilmu Al Qur-an.

2. Ilmu-ilmu Al Qur-an : Media-media pokok dalam menafsirkan Al Quran, Karya M hasbie ashidiqiey.Menurut Penulisnya buku ini disarikan dari kitab Al Burhan (Imam az-Zarkasy), Al itqan (Imam Sayuti) dan Mabahits Fi Ulumil Qur-an( Prof.DR.Subehi Ash-Shalih)

3. Pengantar studi Ilmu Al Qur-an, karya Syaikh Manna' Al-Qaththan

4. Al Quran dan Ulumul Quran, karya Muhammad Chirzin M.Ag

Read more: Urgensi Ulumul Quran - IslamWiki http://islamwiki.blogspot.com/2009/02/urgensi-ulumul-quran.html#ixzz1iXmu253R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar