STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Senin, 12 Maret 2012

Pandangan Umum Eksistensialisme dalam Pendidikan.

Tabel 2.5 Pandangan Umum Eksistensialisme dalam Pendidikan.
No.
KOMPONEN
Keterangan
(1)
(2)
(3)
1
Hakekat Pendidikan
§ Menghendaki agar pendidikan selalu melibatkan pserta didik dalam mencari pilihan-pilihan untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing dan menemukan jati dirinya, karena masing-masing individu adalah makhluk yang unik dan bertanggung jawab atas diri dan nasibnya sendiri.
2
Tujuan Pendidikan
§ Siswa mengembangkan potensinya masing-masing untuk mencari jati dirinya
3
Kurikulum
§ Secara umum tidak ada penetapan kurikulum, karena setiap individu memiliki kebutuhan dan minat tertentu untuk dipenuhi.
§ Menekankan proses pemikiran refketif.
§ Ilmu-ilmu sastra dan seni sebagai nata pelajaran penting untuk intropeksi dan refleksi
4
Metode
§ Mendorong siswa mengikuti proyek-proyek yang membantu mereka untuk mengembangkan ketrampilan dan pengetahuan yang diperlukan
5
Pelajar
§ Adalah individu yang dapat mengembangkan potensinya masing-masing untuk mencari jati dirinya
6
Pengajar
§ Pembimbing dan stimulator berfikir reflektif melalui panggilan pertanyaan-pertanyaan (inquiry)
§ Bukan pemberi instruksi
§ Memiliki kejuruan ilmiah, integritas dan kreatifitas
§ Figure yang tidak mencampuri perkembangan minat dan bakat siswa.
0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar