STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Jumat, 27 Mei 2011

HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada saat ini sekolah merupakan tempat untuk menimba ilmu. Baik ilmu agama maupun ilmu-ilmu umum. Sudah banyak sekolah yang didirikan baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Contoh : SDN, SMPN, SMAN, MAN, MA dan lain-lain.
Peran sekolah juga tidak lepas dari peran masyarakat, artinya masyarakat juga punya andil besar dalam mewujudkan sekolah tersebut. Contoh : orang tua menyekolahkan anaknya pada sekolah A, sekolah B dan lain-lain.
Disinilah nanti akan diterangkan hubungan antara sekolah dengan masyarakat secara rinci.

B. Rumusan Masalah
Seberapa pentingkah untuk kita ketahui hubungan, tujuan dan jenis-jenis hubungan sekolah dan masyarakat ?
C. Tujuan
Untuk menerangkan dan menjelaskan bagaimana hubungan antara sekolah dengan masyarakat pada umumnya.
D. Manfaat
Agar kita tahu bagaimana hubungan sekolah dan masyarakat supaya kita bisa mengambil sikap dan jalan keluar menuju sekolah ideal (favorit) dan memajukan masyarakat.
BAB II
LANDASAN TEORI
Landasan teori disini ada 2 (dua) yaitu :
a. Sekolah adalah bagian yang integral dari masyarakat; ia bukan merupakan bagian yang terpisah dari masyarakat.
b. Masyarakat adalah pemilik sekolah; sekolah ada karena masyarakat memelurkannya.
BAB III
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Sebelum kita membahas hubungan sekolah dan masyarakat perlu kiranya kita membahas terlebih dahulu apa itu sekolah dan apa itu masyarakat.
Istilah sekolah disini merupakan konsep yang luas, yang mencakup baik lembaga pendidikan formal maupun lembaga pendidikan non formal. Sedangkan istilah Masyarakat merupakan konsep yang mengacu pada semua individual, kelompok, lembaga atau organisasi yang berada diluar sekolah sebagai lembaga pendidikan.
Pembahasan dalam bab ini akan mencakup tiga pokok bahasan, yaitu : pentingnya hubungan sekolah dan masyarakat, tujuan hubungan sekolah dan masyarakat dan jenis-jenis hubungan sekolah dan masyarakat.
  1. Pentingnya hubungan sekolah dan masyarakat
Ada pandangan filosofis tentang hakikat sekolah itu sendiri dan hakikat masyarakat dan bagaimana hubungan antara keduanya :
a. Sekolah adalah bagian yang integral dari masyarakat; ia bukan merupakan lembaga yang terpisah dari masyarakat
b. Hak hidup dan kelangsungan hidup sekolah tergantung pada msyarakat
c. Sekolah adalah lembaga sosial yang berfungsi untuk melayani anggota-anggota masyarakat dalam bidang pendidikan
d. Kemajuan sekolah dan kemajuan masyarakat saling berkolerasi; keduanya saling membutuhkan
e. Masyarakat adalah pemilik sekolah; sekolah ada karena masyarakat memerlukannya.
Betapa pentingnya hubungan sekolah dan masyarakat itu, terutama di negara kita dapat ditinjau dari sudut pandang historis, diantaranya :
a. Dari sejarah kita mengetahui bahwa dalam zaman kolonial belanda dahulu, sekolah-sekolah sengaja diisolasikan dari kehidupan masyarakat sekitarnya
b. Dalam zaman kemerdekaan ini sekolah merupakan lembaga pendidikan yang seharusnya mendidik generasi muda untuk hidup di masyarakat, sehigga
c. Sekolah haruslah merupakan tempat pembinaan dan pengembangan pengetahuan dan kebudayaan yang sesuai yang dikehendaki oleh masyarakat tempat sekolah itu didirikan.
  1. Tujuan hubungan sekolah dan masyarakat
T. Sianipar, meninjaunya dari sudut kepentingan kedua lembaga tersebut, yaitu lembaga sekolah dan lembaga masyarakat itu sendiri.
Ditinjau dari kepentingan sekolah, pengembangan penyelenggaraan hubungan sekolah dan masyarakat bertujuan untuk :
a. Memelihara kelangsungan hidup sekolah
b. Meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang bersangkutan
c. Memperlancar proses belajar mengajar
d. Memperoleh dukungan dan bantuan dari masyarakat yang diperlukan dalam pengembangan dan pelaksanaan program sekolah.
Sedangkan jika ditinjau dari kebutuhan masyarakat itu sendiri, tujuan hubungannya dengan sekolah adalah untuk :
a. Memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam bidang mental spritual
b. Memperoleh bantuan sekolah dalam memecahkan berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat
c. Menjamin relevansi program sekolah dengan kebutuhan masyarakat
d. Memperoleh kembali anggota-anggota masyarakat yang makin meningkat kemampuannya.
  1. Jenis-jenis hubungan sekolah dan masyarakat
Hubungan kerja sama sekolah dan masyarakat itu dapat digolongkan menjadi tiga jenis hubunan yaitu :
1) Hubungan edukatif
2) Hubungan kultural
3) Hubungan institusional
a. Hubungan edukatif : hubungan kerjasama dalam hal mendidik / murid, antara guru di sekolah dan orang tua di dalam keluarga. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi perbedaan prinsip atau bahkan pertentangan yang dapat mengakibatkan keraguan pendirian dan sikap pada diri anak / murid, dengan cara bekerja sama dalam berusaha memenuhi fasilitas-fasilitas yang diperlukan untuk belajar di sekolah maupun di rumah dalam memecahkan masalah-masalah yang mengangkat kesulitan belajar maupun kenakalan anak-anak.
b. Hubungan kultural : usaha kerja sama antara sekolah dan masyarakat yang memungkinkan adanya saling membinadan mengembangkan kebudayaan masyarakat tempat sekolah itu berada.
c. Hubungan institusional : hubungan kerja sama antara sekolah dengan lembaga-lembaga atau instansi-instansi resmi lain baik swasta maupun pemerintah, seperti hubungan kerja sama antara sekolah dengan sekolah-sekolah lain, dengan kepala pemerintah setempat, jawatan pertanian, perikanan dan peternakan dengan perusahaan-perusahaan negara / swasta yang berkaitan dengan perbaikan dan perkembangan pendidikan pada umumnya. Dengan adanya hubungan ini sekolah dapat meminta bantuan dari lembaga-lembaga lain itu, baik berupa tenaga pengajar, pemberi ceramah tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengadaan dan pengembangan materi kurikulum, maupun bantuan yang berupa fasilitas serta alat-alat yang diperlukan bagi kelancaran pelaksanaan program sekolah.
Hal ini dimaksudkan, karena sekolah sebagai lembaga pendidikan yang mendidik anak-anak yang nantinya akan hidup sebagai anggota masyarakat yang terdiri atas bermacam-macam golongan, jabatan, status sosial dan bermacam-macam pekerjaan, sangat memerlukan adanya hubungan kerja sama itu.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Makalah ini membahas tentang :
- Pentingnya hubungan sekolah dan masyarakat
- Tujuan hubungan sekolah dan masyarakat
- Jenis – jenis hubungan sekolah dan masyarakat ada 3 :
a. Hubungan edukatif
b. Hubungan kultural
c. Hubungan institusional
B. Saran
Kami sadar bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan maka dari itu kritik dan saran yang membangun sangat kami perlukan.
DAFTAR PUSTAKA
Ø Purwanto, Mp, Drs. M. Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung; Remaja Rosda Karya
Ø Sagala M.Pd, Dr. H. Syiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer, CV. Alfa Beta, Bandung 2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar