STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Kamis, 30 Juni 2011

SILABUS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

 (2 SKS)

KOMPETENSI
  1. Memiliki Kemampuan yang komprehensif tentang manajemen lembaga pendidikan Islam;
  2. Menerima dengan kritis pentingnya manajemen lemabaga pendidikan Islam;
  3. Dapat menerapkan teori-teori manajemen lembaga pendidikan Islam.

SUBSTANSI MATERI
  1. Dasar-dasar studi manajemen lemabaga pendidikan islam: Pengertian dan pentingnya studi manajemen; beberapa peran manager; fungsi-fungsi manajemen; tingkat manajemen; manajemen menurut Islam;
  2. Sejarah Perkembangan ilmu manajemen: aliran klasik; aliran prilaku; pendekatan kontingensi (system);
  3. Lembaga Pendidikan sebagai suatu system sosial: pengertian system sosial; asumsi dasar tentang system sosial; elemen-elemen system sosial dan organisasi sosial;
  4. Kultur Organisasi: pengertian kultur; factor-faktor yang membentuk kultur; sumber-sumber kultur, pengaruh kultur terhadap manajemen lembaga pendidikan Islam;
  5. Lingkungan lembaga pendidikan: Pengertian lingkungan; dimensi lingkungan; tipologi lingkungan;
  6. Kultur Organisasi lembaga pendidikan: perspektif  birokrasi; perspektif system; kultur formal; perspektif mekanisme dan organic; struktur lembaga pendidikan Islam di Indonesia;
  7. Otorita dalam LPI: definisi otoritas; sumber otoritas; pemanfaatan otoritas dalam manajemen; tipologi otoritas; politik organisasi;
  8. Perencanaan dalam LPI: arti dan pentingnya perencanaan; langkah-langkah perencanaan; perencanaan strategi; perencanaan operasional;
  9. Pengorganisasian dalam LPI: pengertian pengorganisasian; prinsip-prinsip organisasi; bentuk-bentuk organisasi; departementasi; sentralisasi dan desentralisasi;
  10. Staffing dalam LPI: perencanaan SDM; rekruitmen SDM; proses seleksi SDM; pendidikan dan latihan; penilaian SDM; meningkatkan profesionalisme SDM;
  11. Pimpinan dan Kepemimpinan LPI: arti kepemimpinan; fungsi utama pemimpin; gaya kepemimpinan; factor-faktor yang mempengaruhi pemimpin; pemimpin yang ideal bagi LPI;
  12. Pengawasan dalam LPI: arti pengawasan, prasyarat pengawasan; langkah-langkah pengawasan; teknik pengawasan;
  13. Motivasi Kerja dalam LPI: pengertian motivasi; teori kebutuhan; teori harapan; teori tujuan; model-model motivasi;
  14. Membuat keputusan dalam LPI: model klasik (strategi Optimalisasi); model administrative (strategi pemuasan); model incremental (strategi pembatasan); model campuran (strategi adabtif);
  15. Komunikasi dalam LPI: arti komunikasi; peran komunikasi dalam organisasi; proses komunikasi; sumber hambatan komunikasi; meningkatkan komunikasi inter personal; memahami komunikasi non verbal;
  16. Mengatasi konflik: sumber-sumber konplik, sisi positif konflik, sisi negative konflik; model penyelesaian konflik.

REFERENSI
  1. Beare, Hedley, Caldwel, Brin J. & Milikan Roos H., Creating and Excellent School: Some New Management Technique, London: Routledge, 1989;
  2. David Gordon B. Olson, Margareth H., Managenet Information System, New York: Mc Graw Hill Book Campony, 1984;
  3. Kholis, Nur, Mengenal Organisasi Pendidikan, Malang: Tarbiyah Press, 1997;
  4. Dimmock, Clive (Ed), School Based Management and school effectiveness, London: Raoutledge, 1993;
  5. Nawawi Hadari, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung, 1985;
  6. Siagian Sindang, Management Strategic, Jakarta, Bumi Aksara, 1995;
  7. Effendy, Ek, Mochtar, Management: Suatu Pendekatan berdasarkan Islam, Jakarta: Bharata, 1996;
  8. Terry, George R., Prinsip-prinsip Management, terkjemahan J. Smith D.F.M, Jakarta, Bumi Aksara, 1993.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar