STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Senin, 04 Juli 2011

SILABUS ILMU PENDIDIKAN

(2 SKS)

KOMPETENSI
  1. Memahami konsep-konsep dan teori-teori ilmu-ilmu pendidikan;
  2. Mampu menganalisis perkembangan teori-teori ilmu pendidikan;
  3. Terampil menerapkan teori-teori ilmu pendidikan dalam kehidupan sehari-hari;
  4. Terampil mengembangkan teori-teori ilmu pendidikan.

SUBSTANSI MATERI
  1. Pengertian, ruang lingkup;
  2. Latar belakang pembaharuan pendidikan;
  3. Pembaharuan pendidikan di Timur Tengah;
  4. Pembaharuan pendidikan di Asia Selatan (India dan Pakistan);
  5. Pembaharuan pendidikan di Indonesia;
  6. Perkembangan berbagai system pendidikan Islam di Indonesia.

REFERENSI
  1. Charles Adam, Islam dan Modernism;
  2. Zuhairini, dkk., Sejarah Pendidikan di Indonesia;
  3. Hasan Langgulung, Pendidikan Islam menghadapi Abad 21, Pustaka al-Husna, Jakarta, 1987;
  4. Ahmad Syalabi, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, terjemahan Muchtar Yahya dan Sanusi Latief, Bulan Bintang, Jakarta, 1973;
  5. TAP MPR 1993 dan Pidato Pertanggungjawaban Presiden Mandataris, Dikti, DEPDIKBUD, Jakarta, 1994;
  6. Deliar Noer, Gerakan Modern di Indonesia 1900-1942, LP3ES, Jakarta, 1982;
  7. Burhanuddin Daya, Pembaharuan Pendidikan di Indonesia Kasus Thawalib Sumatra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar