(2 SKS)
KOMPETENSI
- Memahami konsep-konsep dan teori-teori ilmu-ilmu pendidikan;
- Mampu menganalisis perkembangan teori-teori ilmu pendidikan;
- Terampil menerapkan teori-teori ilmu pendidikan dalam kehidupan sehari-hari;
- Terampil mengembangkan teori-teori ilmu pendidikan.
SUBSTANSI MATERI
- Pengertian, ruang lingkup;
- Latar belakang pembaharuan pendidikan;
- Pembaharuan pendidikan di Timur Tengah;
- Pembaharuan pendidikan di Asia Selatan (India dan Pakistan);
- Pembaharuan pendidikan di Indonesia;
- Perkembangan berbagai system pendidikan Islam di Indonesia.
REFERENSI
- Charles Adam, Islam dan Modernism;
- Zuhairini, dkk., Sejarah Pendidikan di Indonesia;
- Hasan Langgulung, Pendidikan Islam menghadapi Abad 21, Pustaka al-Husna, Jakarta, 1987;
- Ahmad Syalabi, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, terjemahan Muchtar Yahya dan Sanusi Latief, Bulan Bintang, Jakarta, 1973;
- TAP MPR 1993 dan Pidato Pertanggungjawaban Presiden Mandataris, Dikti, DEPDIKBUD, Jakarta, 1994;
- Deliar Noer, Gerakan Modern di Indonesia 1900-1942, LP3ES, Jakarta, 1982;
- Burhanuddin Daya, Pembaharuan Pendidikan di Indonesia Kasus Thawalib Sumatra.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar