STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Jumat, 22 Juli 2011

Strategi Inkuiri dalam Pembelajaran

 Strategi Inkuiri dalam PembelajaranPenggunaan strategi yang tepat merupakan salah satu faktor bagi pencapaian pembelajaran efektif. Menurut Gulo (2002), strategi belajar mengajar yang efektif untuk mencapai tujuan tertentu tergantung pada kondisi masing-masing unsur yang terlibat dalam proses belajar mengajar secara faktual. Kemampuan siswa, kemampuan guru, sifat materi, sumber belajar, media pengajaran, faktor logistik, tujuan yang ingin dicapai adalahunsur-unsur pengajaran yang berbeda-beda di setiap tempat dan waktu.
Strategi pembalajaran inkuiri mengacu kepada pembelajaran melalui pengalaman. Hamalik (2001:63) mengemukakan bahwa pembelajaran berdasarkan inkuiri (inkuiri based teaching) adalah suatu strategi yang berpusat pada siswa di mana kelompok-kelompok siswa dibawa ke dalam suatu persoalan atau mencari jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan di dalam suatu prosedur dan struktur kelompok yang digaruskan secara jelas.
Peran guru dalam strategi inkuiri menurut Gulo (2002) adalah sebagai berikut:
  1. Motivator, yang memberi rangsangan kepada para agar aktif dan bergairah di dalam belajar
  2. Fasilitator, yaitu memberi petunjuk-petunjuk bagi penyelesaian persoalan belajar siswa
  3. Pengarah, yaitu memimpin arus kegiatan berpikir siswa pada tujuan yang diharapkan
  4. Administrator, yaitu bertanggungjawab terhadap seluruh kegiatan di kelas
  5. Manajer, yaitu mengelola sumber belajar, waktu dan organisasi kelas
  6. rewarder, yaitu memberi penghargaan terhadap prestasi yang dicapai siswa dalam rangka peningkatan semangat heuristik pada siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar