STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Senin, 12 Maret 2012

Penggunaan IT sebagai Media dan Sumber Belajar

Penggunaan IT sebagai media dan Sumber belajar sudah sangat diperlukan bagi guru dan siswa. Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas sudah saatnya dilaksanakan melalui Penggunaan IT sebagai Media dan Sumber Belajar,Hal ini sudah menjadi tuntutan zaman di mana perkembangan IT sejak memasuki  abad ke-21, berkembang  dengan pesat. Hal ini karena dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Termasuk didalamnya adalah dalam bidang pendidikan, dimana selain dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pendidikan dan pengajaran juga dapat bepengaruh terhadap prilaku peserta didik. Sehingga menjadi perlu untuk diperkenalkan secara dini melalui Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi agar peserta didik mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.

Hasil dari tekhnologi informasi ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya baik oleh guru maupun oleh siswa sebagai sumber belajar.

Penggunaan IT sebagai Media dan Sumber Belajar

dengan memasukkan materi pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada jenjang  formal mencakup penguasaan keterampilan komputer, prinsip kerja berbagai jenis peralatan komunikasi dan cara memperoleh, mengolah dan mengkomunikasikan  informasi. Disamping sebagai materi pembelajaran maka juga berkaitan dengan pemanfaaanmedia informasi dan tekhnologi sebagai seumber belajar.

Secara rinci dalam KTSP disusun tujuan utama pembelajaran IT adalah
  • Memahami teknologi informasi dan komunikasi
  • Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
  • Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
  • Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
Mengingat kemampuan dan keterbatasan tenaga pendidikan dan pebelajar dalam menguasai IT, maka perlu dilakukan sosialisasi, bagi guru melalui MGMP sWirelessecara formal dan dapat juga mengikutkan guru dalamberbagai bentuk pelatihan penggunaan IT. Disamping itu juga guru diharapkan dapat mengembangkan potensi dirinya dengan berusaha memperoleh informasi tentang IT untuk meningkatkan kemampuan pribadinya dalam bidang tersebut.
Sementara untuk siswa agar dapat memamhami dan menggunakan IT sebagai sumber belaajar tentu harus memperoleh dari kegiatan pembelajaran yang diajarkan guru dan dapat pula memperoleh informasi tentang IT melalui sosialisasi yang dilakukan oleh lembaga independen. Beberapa komponen materi yang dapat disampaikan berkatian dengan percepatan pengetahuan guru dan siswa untuk dapat menggunakan IT sebagai sumber belajar dan media pembelajaran adalah sebagai berikut:
  • Jaringan Telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit) memuat tentang penjelasan  fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit
  • Perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses Internet untuk Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses Internet
  • Akses Internetmemuat materi tentang deskripsi cara akses Internet dan cara Mempraktikkan akses Internet
  • Web Browser dan Search Engine berisi tentang penggunaan web browser untuk  memperoleh, menyimpan, dan mencetak  informasi
  • E-mail mengajarkan cara Menggunakan e-mail untuk keperluan informasi dan komunikasi
  • Blogging memuat materi Pengenalan dasar-dasar Blogging dan Mempraktekkan Membuat Blog
  • Etika dan Moral dalam penggunaan  Teknologi Informasi dan  Komunikasi berisi penjelasan tentang aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi
Beberap poit tersebut masih perlu dikembangkan sesuai dengan tingkat penguasaan siswa dan guru terhadap IT. Denan demikian diharapkan guru dan siswa telah mampu menggunakan IT sebagai media dan sumber belajar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar