STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Senin, 18 Maret 2013

TIK: WINDOWS 8



A.      PENDAHULUAN
Windows 8 adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh.
Microsoft secara resmi mengumumkan jadwal perilisan sistem operasi terbaru, Windows 8 pada 26 Oktober 2012, bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8.
Microsoft telah megeluarkan versi Release Preview, untuk dicoba di seluruh dunia dan di tampung komentar mereka untuk pembangunan Windows 8 menjadi lebih baik Microsoft pun kini telah mengeluarkan Windows 8 Enterprise yang memiliki fitur paling lengkap di antara versi Windows 8 lainnya, seperti layar mulai yang memiliki pilihan latar belakang yang lebih banyak dan penuh warna.
Pada 29 Februari 2012 Microsoft juga telah merilis Versi Consumer Preview sebelum di keluarkannya versi beta pada bulan Maret 2012. Microsoft juga telah merilis Versi Release Preview , ini merupakan versi terakhir percobaan Windows 8, yang tidak akan di utak atik lagi jika tidak ditemukan bug yang terlalu besar.


B.       SEJARAH PENGEMBANGAN
Pengembangan Windows 8 sudah dimulai sebelum Windows 7 diluncurkan tahun 2009. Pada akhir Januari 2011, di Consumer Electronics Show (CES), Microsoft mengumumkan bahwa Windows 8 akan mendukung mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 dari Intel, AMD dan VIA Technologies. Tanggal 1 Juni 2011, Microsoft secara resmi meluncurkan antarmuka pengguna baru Windows 8 dan fitur-fitur tambahan lain di Taipei Computex 2011 di Taipei (Taiwan) yang dipresentasikan oleh Mike Angiulo dan di D9 conference in California (United States) by Julie Larson-Green and Microsoft's Windows President Steven Sinofsky. Blog "Building Windows 8" yang diluncurkan tanggal 15 Agustus 2011 memaparkan rincian fitur dan proses pengembangan Windows 8.


Description: C:\Users\PCAT-TAQWA02\Documents\win 8 article\Windows8102MultiMonitorAndApp.png
 














Windows 8 Developer Preview dengan sistem multilayar

Microsoft mengungkap sejumlah fitur baru dan pembaruan terhadap Windows 8 pada hari pertama konferensi Build tanggal 13 September 2011. Microsoft merilis Windows 8 Developer Preview (build 8102) pada hari itu juga yang dilengkapi SDK dan peralatan pengembang (seperti Visual Studio Express dan Expression Blend) untuk mengembangkan dengan antarmuka baru Windows 8. Menurut Microsoft, Developer Preview diunduh 535.000 kali dalam kurun 12 jam pertama setelah diluncurkan. Awalnya ditetapkan kedaluwarsa tanggal 11 Maret 2012, pada Februari 2012 tanggal kedaluwarsa Developer Preview diundur hingga 15 Januari 2013.

Tiga peluncuran utama Windows 8 bocor ke publik. Milestone 1, Build 7850, bocor tanggal 12 April 2011. Edisi salinan yang bocor tersebut adalah versi Enterprise. Milestone 2, Build 7955, bocor tanggal 25 April 2011. BSOD (Blue Screen of Death) lamanya digantikan oleh layar hitam baru yang kemudian tidak jadi disertakan. Build ini memperkenalkan UI Ribbon baru di Windows Explorer. Build 7959, dengan perubahan kecil tetapi merupakan versi 64-bit pertama, diluncurkan tanggal 1 Mei 2011. Logo "Windows 7" sementara diganti dengan teks "Microsoft Confidential". Tanggal 17 Juni 2011, build 7989 edisi 64-bit bocor.

Tanggal 13 September 2011, build 8102 (Windows 8 Developer Preview) dirilis ke publik di Konferensi Build Microsoft. Build ini terbuka penuh untuk pertama kalinya dan dilengkapi Start Screen baru, antarmuka pengguna Metro dan sejumlah sampel aplikasi buatan para karyawan magang di Microsoft. Windows Store tidak beroperasi di build ini. Build ini ditujukan pada pengembang yang ingin membuat aplikasi bergaya Metro.

Description: C:\Users\PCAT-TAQWA02\Documents\win 8 article\Windows_Explorer_Ribbon.png

Antarmuka File Explorer baru dengan "Ribbon" di Windows 8

Pada tanggal 29 Februari 2012, Microsoft meluncurkan Windows 8 Consumer Preview, versi beta dari Windows 8, build 8250. Untuk pertama kalinya sejak Windows 95, tombol Start tidak lagi muncul di taskbar, meski layar Start-nya masih harus dibuka dengan mengklik sudut kiri bawah layar dan tombol Start di kotak Charm. Presiden Windows, Steven Sinofsky, mengatakan bahwa lebih dari 100.000 perubahan dilakukan sejak Developer Preview diluncurkan. Sehari setelah diluncurkan, Windows 8 Consumer Preview diunduh lebih dari satu juta kali. Seperti Developer Preview, Consumer Preview dijadwalkan kedaluwarsa tanggal 15 Januari 2013.

Beberapa build lain juga diluncurkan sampai konferensi Japan's Developers Day, ketika Steven Sinofsky mengumumkan bahwa Windows 8 Release Preview (build 8400) akan diluncurkan pada minggu pertama bulan Juni. Tanggal 28 Mei 2012, Windows 8 Release Preview (edisi Standard Simplified Chinese x64, bukan versi spesifik Cina, build 8400) bocor di sejumlah situs web Cina dan BitTorrent. Tanggal 31 Mei 2012, Windows 8 Release Preview diluncurkan ke publik oleh Microsoft.

Sejumlah fitur utama yang dimasukkan di Release Preview adalah aplikasi Sports, Travel, dan News, plus versi Flash Player yang terintegrasi dengan Internet Explorer. Seperti Developer Preview dan Consumer Preview, the Release Preview dijadwalkan kedaluwarsa tanggal 15 Januari 2013.

Pada tanggal 1 Agustus 2012, Windows 8 (build 9200) dirilis dengan nomor build 6.2.9200.16384 . Microsoft berencana mengadakan acara peluncuran pada 25 Oktober 2012 dan meluncurkan Windows 8 untuk publik keesokan harinya. Akan tetapi, sehari setelah RTM, salinan versi akhir Windows 8 Enterprise N (untuk pasar Eropa) bocor di Internet, dan beberapa hari kemudian baik versi IA-32 dan x64 Pro dan Enterprise sama-sama bocor. Tanggal 15 Agustus 2012, Windows 8 dapat diunduh untuk pelanggan MSDN dan TechNet. Windows 8 tersedia untuk pelanggan Software Assurance pada tanggal 16 Agustus 2012. Windows 8 tersedia untuk pelajar yang berlangganan DreamSpark Premium pada tanggal 22 Agustus 2012, lebih cepat daripada pengumumannya.
Microsoft memulai kampanye iklan Windows 8 dan tablet Surface-nya pada Oktober 2012 dengan iklan televisi pertamanya ditayangkan tanggal 14 Oktober 2012. Anggaran iklan Microsoft untuk sistem operasi ini sebesar US$1,5–1,8 miliar, menjadikan Windows 8 peluncuran produk terbesar sepanjang sejarah Microsoft.


C.       Description: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/1/10/Tampilan_Task_Manager_Pada_Windows_8_Pre_Beta_Release.png/250px-Tampilan_Task_Manager_Pada_Windows_8_Pre_Beta_Release.pngFITUR













Tampilan Windows Task Manager pada Windows 8 Pre Beta Release
·         Desain aplikasi Windows 8 UI, yang dapat dibuat dari bahasa pemograman apa saja, seperti : HTML/CSS, JavaScript, C, C++, C#, dll.
·         Hilangnya tombol Start (digantikan oleh Start Screen dan Charms)
·         Kompatibel dengan arsitektur Intel, AMD, dan ARM (khususnya tablet)
·         Kompatibel dengan perangkat berspesifikasi rendah seperti Tablet, Laptop, Netbook, bahkan Smartphone
·         Portabel di USB (Windows To Go)
·         Windows Explorer menggunakan ribbon seperti Office 2010 & 2007
·         Hybrid Boot, fitur untuk mempercepat waktu start-up dengan menyimpan memori inti Windows ke dalam hard disk dan me-load-nya tiap booting.
·         Fitur recovery baru, Refresh dan Reset. Refresh akan mengembalikan semua file Windows ke kondisi awal tanpa mengubah pengaturan, berkas, atau aplikasi Windows 8 UI. Reset akan mengembalikan komputer ke kondisi standar pabrikan.
·         Rancangan baru dari Windows Task Manager
·         Proses aktivasi yang mudah
·         dsb.

D.      PERBEDAAN ANTARA WINDOWS 7 DAN WINDOWS 8

Berikut beberapa perbedaan fitur antara WINDOWS 7 dan WINDOWS 8:
1. Fitur Pada Layar Sentuh
Perbedaan pada dua sistem antara windows 7 dengan windows 8 yang paling mendasar yaitu ada pada layar sentuh atau touchscreen. Sebenarnya untuk fitur layar sentuh ini di windows 7 sudah ada namun kurang maksimal. Maka dari itu dengan kehadiran windows 8 yaitu melengkapi kekurangan yang ada pada windows 7. Bagi sobat yang tidak memiliki PC dengan layanan fitur sentuh, tidak perlu khawatir karena PC juga bisa menggunakan layanan layar sentuh dengan bantuan software trackpad dari microsoft, yang mampu mendeteksi layanan sentuhan dari penggunanya.

2. Tidak Ada Start Button – Metro UI
Bila Anda tidak menyukai Start Button pada Windows versi-versi yang sebelumnya, secara default pada Windows 8 Start Button telah dihilangkan dan digantikan dengan Metro UI (User Interface). Tapi tenang saja, bila Anda keberatan Microsoft mengatakan bahwa akan disediakan cara untuk mengembalikan desktop kembali seperti biasa seperti Windows versi sebelumnya walaupun tetap secara default, UI-nya tetap akan diset baru.
Description: Desktop

3. Task Manager yang Lebih Sederhana
Mungkin Anda sering melihat tabs yang ada dalam Task Manager, mungkin biasanya yang sering dilihat hanya Applications dan Processes. Di Windows 8, Task Manager hanya akan seperti ini:
Description: Task Manager Sederhana

Hanya sebuah list aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan dan dapat dihentikan dengan sekali klik. Untuk melihat bagian processes cukup klik More details dan Anda akan dapat melihat seperti ini:
Description: Task Manager Details

4. Perubahan pada Move, Rename, Copy, dan Delete
Bila Anda melakukan copy file apapun, baik satu file maupun banyak file, semua info akan digabungkan menjadi satu kotak dialog. Jadi bila Anda melakukan 5 proses copy yang terpisah, Anda tidak akan melihat 5 kotak dialog seperti biasanya. Selain itu, Anda juga mendapatkan fitur pause. Lihat gambar berikut ini untuk lebih jelasnya.
Description: Copy

Bila Anda klik More details, Anda akan dapat melihat kecepatan dan banyaknya data yang sedang di-copy.
Description: Copy Details

5. Windows Explorer Baru
Windows Explorer yang sekarang pun akan menggunakan ribbon interface seperti yang mungkin sering Anda lihat pada Office 2007 dan 2010. Seperti inilah tampilannya:
Description: Explorer Baru

6. Startup Cepat
Lamanya booting sering menjadi permasalahan dalam Windows. Di dalam Windows 8 ada sebuah mode startup yang cepat. Mungkin hal ini seperti melakukan restart pada komputer namun tanpa merestart sepenuhnya. Anda tetap akan melihat sesi baru di mana semua aplikasi telah tertutup seperti restart biasa tapi dengan menggunakan waktu yang jauh lebih sedikit.


7. Browsing Bebas Plugin
Internet Explorer (IE) 10 memiliki perubahan user interface yang cukup signifikan dan juga mengubah pola Anda melakukan browsing. IE 10 lebih menggunakan HTML 5 dibandingkan dengan plugin dan secara default akan berjalan tanpa plugin. Bila Anda membutuhkan sesuatu seperti Adobe Flash untuk membuka sebuah halaman, Anda dapat mengubahnya ke tampilan “desktop”.
Description: Browsing
8. Booting Lebih Baik
Pada Windows versi-versi sebelumnya bila Anda melakukan booting dengan opsi advanced tampilannya akan sangat membosankan, tampak sama seperti DOS command prompt. Tampilan booting sekarang sangat cantik. Anda akan melihat tampilan yang menarik dengan berbagai pilihan pengaturan.
Description: Boot Advanced Options

9. Sign In dengan Windows Live ID
Pada Windows 8, Anda dapat melakukan sign in dengan Windows Live. Dengan integrasi SkyDrive, sekarang Anda dapat sign in dengan Windows Live dan mendapatkan file, pengaturan, aplikasi, dan lain-lain yang tersimpan. Anda dapat masuk ke Windows 8 pada mesin yang lain.
Fitur ini juga akan menyimpan semua favorites di IE, wallpaper desktop, dan lain-lain. Anda dapat membeli tempat penyimpanan ekstra dan menyimpan file-file Anda pada SkyDrive dan mengaksesnya secara online dengan menggunakan mobile device seperti iPad, Iphone, dan Android.

11. Refresh dan Reset
Ada dua fitur baru pada Windows 8 yaitu opsi refresh dan reset. Reset akan membuang semua data personal, aplikasi, dan pengaturan kemudian menginstall ulang Windows. Refresh akan menyimpan semua data, aplikasi, dan pengaturan, kemudian menginstall ulang Windows. Pada Windows versi sebelumnya, akan cukup sulit untuk menginstall ulang Windows tanpa menghapus semua personal data. Opsi ini pun dapat digunakan saat booting sehingga bila Anda mengalami masalah dalam booting, Anda tetap dapat menggunakan fitur ini.
Description: Refresh dan Reset
11. Scaling untuk Ukuran Layar yang Berbeda-Beda
Windows 8 memungkinkan Anda untuk melakukan scaling atau pengubahan ukuran ke resolusi layar, ukuran layar, dan densitas pixel yang berbeda. Anda dapat menggunakan Windows 8 di berbagai tempat mulai dari Windows phone sampai kepada layar 30 inchi dengan resolusi 2560×1600. Sebagian besar aplikasi Windows 8 akan didesain untuk secara otomatis mengatur dirinya sendiri di berbagai ukuran layar dan menampilkan lebih banyak atau lebih sedikit konten berdasarkan ukuran.

12. Search dan Sosial Windows 8
Fitur pada menu search juga bisa dilakukan di menu start, sama seperti pada windows 7. Di windows 8, anda juga bisa dengan mudah dan sederhana secara cepat untuk mengakses jejaring sosial, karena adanya aplikasi seperti Gmail, Yahoo!, Facebook, Twitter, Google Plus, dan Linkedln yang sudah terintegrasi secara otomatis yang terdapat pada tampilan, dan bahkan sobat juga bisa langsung mendapatkan pemberitahuan dari jejaring sosial tersebut.

13. Windows Store
Fitur windows Store merupakan layanan yang utama pada windows 8 yang sudah tersinkronisasi dan menyediakan berbagai macam aplikasi baik berupa aplikasi yang berbayar maupun yang gratisan. Sobat juga bisa membuka menu windows store ini melalui fitur charm, Jika aplikasi nya sudah harus di update maka akan ada pemberitahuan untuk mengupdate aplikasi tersebut.

14. Fitur Charm
Fitur Charm ini bisa dikatakan sebagai fitur baru yang ada pada windows 8 karena pada versi sebelumnya yaitu windows 7 tidak terdapat layanan ini. Dengan adanya fitur ini, sobat bisa langsung mengakses menu Share, device, search serta setting lainnya hanya dengan menuju kearah sebelah kanan layar.

15. Layar atau Tombol Start
Fitur layar atau tombol start pada windows 8 sedikit berbeda dengan windows 7, tombol pada windows 8 tersembunyi. Tombol pada fitur ini berfungsi hampir mirip dengan layar home yang ada pada Windows Phone dan hanya muncul jika sobat mengarahkan panah mouse ke arah pojok kiri bawah layar.

16. Fitur pada Multi Monitor Lebih Baik
Mungkin sebagian dari kita memakai satu monitor sudah cukup namun jika anda seorang design pasti akan memerlukan dua monitor, dan dari kinerja windows 8 lebih baik dari windows 7. background dapat dirubah sesuai dengan keinginan dan memakan daya RAM yang cukup sedikit sehingga meningkatkan kinerja sistem windows 8.

17. Windows 8 telah Miliki Device ARM
Jika pada sebelumnya Windows hanya mendukung PC desktop dengan prosesor AMD dan Intel yang x86-based, namun untuk sekarang ini Windows 8 juga bisa digunakan pada beberapa device yang menggunakan ARM. Dalam hal ini dilakukan hanya untuk bisa bersaing dengan iPad dan tablet Android. Namun, hanya Windows 8 jenis RT (Run Time) saja yang memiliki device ARM ini. Fitur yang cukup terbaru dan cukup bersaing bukan?



18. Fitur Cloud Windows 8
Fitur Cloud Windows 8 ini juga merupakan fitur terbaru dari windows 8 karena sobat dapat mudah menyimpan data, gambar, foto, dan lain sebagainya ke sistem cloud windows secara online, karena fitur ini telah tersingkronisasi dengan aplikasi skydrive. Dengan adanya fitur ini sobat dapat mudah membackup data sobat sesuai dengan keinginan, dan jika suatu saat sobat mau mengambilnya kembali sobat dapat dengan mudah mendownload nya.

E.       PERSYARATAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER (MINIMUM HARDWARE REQUIREMENTS)
Dengan berbagai fiturnya yang terbaru tentu saja Windows 8 membutuhkan komputer yang memadai agar Windows 8 dapat berjalan dengan Optimal. Berikut spesifikasi komputer yang di butuhkan untuk dapat menjalankan Windows 8 :

Kriteria
Minimum
Disarankan
1 GHz clock rate
IA-32 or x64 architecture
Support for
PAE, NX and SSE2[95][96]
x64 architecture
Second Level Address Translation (SLAT) support
IA-32 edition: 1 GB
x64 edition: 2
GB
4 GB
DirectX 9 graphics device
WDDM 1.0 or higher driver
DirectX 10 graphics device
1024×768 pixels
1366×768 pixels
Input device
Hard disk space
IA-32 edition: 16 GB
x64 edition: 20
GB

Other

USB 3.0 port
UEFI v2.3.1 Errata B with Microsoft Windows Certification Authority in its database
Trusted Platform Module (TPM)
Internet connectivity

F.       EDISI DAN HARGA
Windows 8 ini tersedia dalam empat edisi: satu hanya bernama Windows 8 ditujukan untuk konsumen mainstream. Windows 8 Pro berisi fitur tambahan ditujukan untuk power user dan lingkungan profesional. Windows 8 Perusahaan mengandung fitur tambahan ditujukan terhadap lingkungan bisnis, dan hanya tersedia melalui lisensi volume. RT jendela hanya tersedia sebagai pre-loaded software pada baru ARM berbasis perangkat dibangun khusus untuk OS.

Windows Media Center tidak disertakan secara default dalam setiap edisi Windows 8, tetapi tersedia untuk pembelian sebagai add-on untuk Windows 8 Pro, atau sebagai bagian dari upgrade "Pro Pack" untuk versi dasar Windows 8 yang juga termasuk upgrade Pro. Windows Media Center add-on yang ditawarkan secara gratis hingga 31 Januari 2013.

Pengguna versi Windows sebelumnya dapat membeli upgrade ke Windows 8 Pro secara online (menggunakan download yang dapat secara optional dibakar ke DVD), atau melalui salinan kotak di ritel pada DVD. Microsoft menawarkan Windows 8 upgrade Pro dengan harga diskon sebesar $ 39.99 USD secara online, atau $ 69,99 untuk DVD kotak eceran, dari peluncuran hingga 31 Januari 2013; sesudahnya Windows 8 harga telah $ 119,99 dan harga Pro $ 199,99. Selain itu, "OEM" "FULL" dan SKU dari Windows (yang dapat diinstal pada komputer dengan tidak ada sistem operasi yang ada) telah diganti dengan "Pembangun Sistem" tunggal SKU, dimaksudkan untuk digunakan oleh produsen peralatan asli dan penggemar membangun mereka sendiri sistem.

Microsoft juga menawarkan program upgrade bagi PC baru beli pre-loaded dengan Windows 7 Home Basic, Home Premium, Professional, atau Ultimate antara 2 Juni 2012 dan 31 Januari 2013-di mana pengguna digital bisa membeli Windows 8 Upgrade Pro untuk $ 14,99 USD [107] Beberapa produsen PC telah menawarkan potongan harga dan pengembalian uang pada Windows 8 upgrade yang diperoleh melalui program pada model tertentu, seperti Hewlett-Packard (di AS dan Kanada pada model tertentu), dan Acer (di Eropa pada model Ultrabook yang dipilih). .

Pada bulan November 2012, keluhan diajukan dengan Persaingan Australia dan Komisi Konsumen, menyatakan bahwa Microsoft adalah konsumen sengaja menyesatkan dengan tidak termasuk label menonjol pada Windows kemasan ritel 8 yang menunjukkan hanya versi upgrade yang tidak dapat diinstal tanpa versi yang sudah ada Windows hadir (tidak seperti versi sebelumnya, yang tidak mengandung tanda-tanda seperti, dan dijual secara eceran di kedua upgrade dan versi penuh).

G.      KOMPATIBILITAS PERANGKAT LUNAK
Edisi Desktop tiga Windows 8 yang dijual dalam dua sub-edisi: 32-bit dan 64-bit. 32-bit sub-edisi berjalan pada CPU yang kompatibel dengan arsitektur x86 generasi ke-3 (dikenal sebagai IA-32) atau yang lebih baru, dan dapat menjalankan aplikasi 32-bit dan 16-bit, meskipun 16-bit dukungan harus diaktifkan terlebih dahulu. (16 -bit aplikasi yang dikembangkan untuk CPU yang kompatibel dengan generasi 2 x86, pertama kali disusun pada tahun 1978. Microsoft mulai bergerak menjauh dari arsitektur ini sejak Windows 95.

64-bit sub-edisi berjalan pada CPU yang kompatibel dengan generasi ke-8 x86 (dikenal sebagai x86-64, atau x64) atau yang lebih baru, dan dapat menjalankan program 32-bit dan 64-bit. 32-bit program dan sistem operasi dibatasi untuk mendukung hanya 4 gigabyte memori sementara sistem 64-bit secara teoritis dapat mendukung 2.048 gigabyte memori. 64-bit sistem operasi membutuhkan satu set yang berbeda dari driver perangkat daripada 32-bit sistem operasi.

Windows RT, edisi satunya Windows 8 untuk sistem dengan prosesor ARM, hanya mendukung aplikasi yang disertakan dengan sistem (seperti versi khusus dari Office 2013), dipasok melalui Windows Update, atau aplikasi  Windows Store, untuk memastikan bahwa sistem hanya berjalan aplikasi yang dioptimalkan untuk arsitektur. RT jendela tidak mendukung menjalankan aplikasi IA-32 atau x64. Toko jendela aplikasi dapat menjadi lintas-kompatibel [klarifikasi diperlukan] antara Windows 8 dan Windows RT, atau disusun untuk mendukung arsitektur tertentu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar