Karakteristik1: Perencanaan dan Pengembangan Sekolah
- Perencanaan merupakan dasar bagi fungsi manajemen lain
- Perencanaan merupakan pernyataan mengenai kehendak di masa depan yang ingin dicapai
- Perencanaan meliputi jangka pendek, menengah dan panjang
- Sekolah yang efektif memiliki rencana pengembangan sekolah yang disepakati bersama
Karakteristik 2: Iklim dan Budaya Sekolah
- Penciptaan dan pemeliharaan iklim yang kondusif untuk belajar
- Penciptaan norma dan kebiasaan yang positif
- Penciptaan hubungan dan kerja sama yang harmonis yang didasari oleh sikap saling menghargai satu sama lain
Karakteristik 3: Harapan yang Tinggi untuk Berprestasi
- Penciptaan etos positif yang dapat mendorong siswa berprestasi
- Tanggung jawab yang tinggi bagi pembelajaran siswa,
- Harapan yang tinggi akan pekerjaan yang berkualitas tinggi,
- Pemberian perhatian pribadi kepada siswa perorangan.
Karakteristik 4: Pemantauan terhadap Kemajuan Siswa
- Pemberian pekerjaan rumah kepada siswa
- Terdapat prosedur penilaian yang dilakukan secara terprogram (formatif dan sumatif)
- Pemberian balikan yang segera kepada siswa
Karakteristik 5: Kepemimpinan Kepala Sekolah
- Sejauhmana tanggung jawab kepemimpinan diambil alih atau didelegasikan oleh kepala sekolah
- Gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala sekolah berperan penting.
- Pendekatan kepemimpinan partisipatif
Karakteristik 6: Pengembangan Guru dan Staf
- Guru merupakan fasilitator pembelajaran yang perlu dijaga kualitasnya
- Pengembangan profesional guru menentukan hasil pembelajaran
- Perlu adanya program pengembangan guru dan staf
Karakteristik 7: Penguatan Kapasitas Siswa
- Tujuan akhir program pembelajaran adalah pada peningkatan kemampuan siswa
- Pemberian kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan potensi dirinya
- Penyediaan program dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar
Karakteristik 8: Keterlibatan Orangtua dan Masyarakat
- Keterlibatan orangtua merupakan stimulus eksternal yang berperan penting bagi peningkatan kualitas pembelajaran
- Kerjasama orangtua dan sekolah dalam pemberian bimbingan belajar dan dalam menumbuhkan kedisiplinan kepada anak mereka
Karakteristik 9: Keterlibatan dan Tanggung Jawab Siswa
- Pembelajaran hanya mungkin terjadi bilamana siswa mempunyai pandangan yang positif terhadap sekolahnya dan peranan mereka di dalamnya
- Keterlibatan siswa menumbuhkan pada diri siswa rasa memiliki terhadap sekolah dan terhadap pembelajarannya sendiri
Karakteristik 10: Penghargaan dan Insentif
- Pemberian penghargaan jauh lebih penting ketimbang menghukum atau menyalahkan siswa
- Penghargaan dan insentif mendorong munculnya perilaku positif dan, dalam beberapa hal, mengubah perilaku siswa (dan juga guru).
Karakteristik 11: Tata tertib dan Kedisiplinan
- Kesepakatan kepala sekolah dan guru terhadap kebijakan disiplin sekolah
- Dukungan yang diberikan kepada guru bilamana mereka melaksanakan peraturan disiplin sekolah.
Arismunandar. (2006). Sistem Manajemen Sekolah (Materi Pelatihan Pengawas Sekolah)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar