STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Sabtu, 02 Juli 2011

11 Karakteristik Manajemen Sekolah

Karakteristik1: Perencanaan dan Pengembangan Sekolah
  • Perencanaan merupakan dasar bagi fungsi manajemen lain
  • Perencanaan merupakan pernyataan mengenai kehendak di masa depan yang ingin dicapai
  • Perencanaan meliputi jangka pendek, menengah dan panjang
  • Sekolah yang efektif memiliki rencana pengembangan sekolah yang disepakati bersama
Karakteristik 2: Iklim dan Budaya Sekolah
  • Penciptaan dan pemeliharaan iklim yang kondusif untuk belajar
  • Penciptaan norma dan kebiasaan yang positif
  • Penciptaan hubungan dan kerja sama yang harmonis yang didasari oleh sikap saling menghargai satu sama lain
Karakteristik 3: Harapan yang Tinggi untuk Berprestasi
  • Penciptaan etos positif yang dapat mendorong siswa berprestasi
  • Tanggung jawab yang tinggi bagi pembelajaran siswa,
  • Harapan yang tinggi akan pekerjaan yang berkualitas tinggi,
  • Pemberian perhatian pribadi kepada siswa perorangan.
Karakteristik 4: Pemantauan terhadap Kemajuan Siswa
  • Pemberian pekerjaan rumah kepada siswa
  • Terdapat prosedur penilaian yang dilakukan secara terprogram (formatif dan sumatif)
  • Pemberian balikan yang segera kepada siswa
Karakteristik 5: Kepemimpinan Kepala Sekolah
  • Sejauhmana tanggung jawab kepemimpinan diambil alih atau didelegasikan oleh kepala sekolah
  • Gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala sekolah berperan penting.
  • Pendekatan kepemimpinan partisipatif
Karakteristik 6: Pengembangan Guru dan Staf
  • Guru merupakan fasilitator pembelajaran yang perlu dijaga kualitasnya
  • Pengembangan profesional guru menentukan hasil pembelajaran
  • Perlu adanya program pengembangan guru dan staf
Karakteristik 7: Penguatan Kapasitas Siswa
  • Tujuan akhir program pembelajaran adalah pada peningkatan kemampuan siswa
  • Pemberian kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan potensi dirinya
  • Penyediaan program dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar
Karakteristik 8: Keterlibatan Orangtua dan Masyarakat
  • Keterlibatan orangtua merupakan stimulus eksternal yang berperan penting bagi peningkatan kualitas pembelajaran
  • Kerjasama orangtua dan sekolah dalam pemberian bimbingan belajar dan dalam menumbuhkan kedisiplinan kepada anak mereka
Karakteristik 9: Keterlibatan dan Tanggung Jawab Siswa
  • Pembelajaran hanya mungkin terjadi bilamana siswa mempunyai pandangan yang positif terhadap sekolahnya dan peranan mereka di dalamnya
  • Keterlibatan siswa menumbuhkan pada diri siswa rasa memiliki terhadap sekolah dan terhadap pembelajarannya sendiri
Karakteristik 10: Penghargaan dan Insentif
  • Pemberian penghargaan jauh lebih penting ketimbang menghukum atau menyalahkan siswa
  • Penghargaan dan insentif mendorong munculnya perilaku positif dan, dalam beberapa hal, mengubah perilaku siswa (dan juga guru).
Karakteristik 11: Tata tertib dan Kedisiplinan
  • Kesepakatan kepala sekolah dan guru terhadap kebijakan disiplin sekolah
  • Dukungan yang diberikan kepada guru bilamana mereka melaksanakan peraturan disiplin sekolah.
Sumber:
Arismunandar. (2006). Sistem Manajemen Sekolah (Materi Pelatihan Pengawas Sekolah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar