STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Kamis, 28 Juli 2011

Tafsir Suroh Al-Furqon ayat 17 - 20

                                                                 
 ُلاءِ أَمْ هُمْ ضَلُّوا السَّبيلَ وَ يَوْمَ يَحْشُرُهُمْ وَما يَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللهِ فَيَقُولُ أَأَنْتُمْ أَضْلَلْتُمْ عِبادي هٰؤ
(17)
Dan pada had itu Tuhan akan mengumpulkan seluruh mereka dan segala yang mereka sembah selain Allah itu. Maka bersabdalah Tuhan : Kamukah yang telah menyesatkan hamba-hambaKu itu, ataukah mereka yang telah tersesat sendiri?

قالُوا سُبْحانَكَ ما كانَ يَنْبَغي‏ لَنا أَنْ نَتَّخِذَ مِنْ دُونِكَ مِنْ أَوْلِياءَ وَ لكِنْ مَتَّعْتَهُمْ وَ آباءَهُمْ حَتَّى نَسُوا الذِّكْرَ وَ كانُوا قَوْماً بُوراً
(18)
Menjawablah mereka: Maha Suci Engkau ya Tuhan, tiadalah layak bagi kami akan mengambil pula selain Engkau menjadi pemimpin-pemimpin. Tetapi Engkau telah memberikan kesenangan kepada mereka dan kepada nenek-moyang mereka, sehingga mereka pun lupa akan peringatan, maka lantaran itu jadilah kaum yang hancur luluh.


فَقَدْ كَذَّبُوكُمْ بِما تَقُولُونَ فَما تَسْتَطيعُونَ صَرْفاً وَلا نَصْراً وَ مَنْ يَظْلِمْ مِنْكُمْ نُذِقْهُ عَذاباً كَبيرا
(19)
Maka (sabda Tuhan): Sesungguhnya mereka telah membohongi apa yang telah kamu katakan itu. Maka tidaklah kamu akan berdaya untuk mengelakkan siksa dan tidak pula ada yang dapat menolong. Dan barangsiapa di antara kamu masih berlaku aniaya, akan Kami timpakan siksa yang besar.

وَما أَرْسَلْنا قَبْلَكَ مِنَ الْمُرْسَلينَ إِلاَّ إِنَّهُمْ لَيَأْكُلُونَ الطَّعامَ وَ يَمْشُونَ فِي الْأَسْواقِ وَ جَعَلْنا بَعْضَكُمْ لِبَعْضٍ فِتْنَةً أَتَصْبِرُونَ وَ كانَ رَبُّكَ بَصيرا
(20)
Dan tidaklah Kami mengutus sebelum engkau seorang Rasulpun melainkan semuanya memakan makanan dan berjalan dipasar-pasar. Dan Kami jadikan sebagian kamu menjadi percobaan bagi yang lain. Adakah kamu sabar ? Dan adalah Tuhan engkau itu selalu memperhatikan.

Pertentangan Yang Memuja Dengan Yang Dipuja
Kelak hari kiamat itu pasti datang: Seluruh insan akan dikumpulkan oleh Tuhan, dan dikumpulkan pula bersama dengan mereka segala orang atau barang yang selama ini mereka jadikan pujaan, yang mereka sembah. Entah yang mereka sembah dan puja itu berhala buatan tangan mereka sendiri, atau lambang yang timbul dari rangkaian khayal, lalu dipaksa supaya dipandang sebagai suatu kenyataan, atau syaitan dan hantu, pohon dan batu, keris atau pedang pusaka, atau kuburan guru yang telah mati, atau seorang pemimpin sudah dianggap sebagai Tuhan, walaupun lidah tidak mengakui.
Semua yang disembah itu akan dihidupkan bersama dengan yang menyembah tadi dalam suatu pertemuan besar, lalu ditanyakan kepada persembahan-persembahan itu apakah mereka yang telah mengajarkan ajaran yang sesat kepada si penyembah itu ? Adakah mereka menanamkan pengaruh dan penipuan, sebagai perbuatan Fir‘aun atau Namrudz di zaman purbakala, atau manusia-manusia yang lupa diri karena mencapai kebesaran di dunia modern, sehingga mereka meminta, supaya mereka diagungkan sebagaimana mengagungkan Tuhan , dan kalau sedikit saja kurang pemujaan kepada mereka, mereka pun marah , sehingga berakibat bahwa manusia yang disesatkan itu tidak sanggup berfikir dan meninjau kesalahan mereka?

Ataukah si pemuja penyembah tadi yang sesat karena ketolollannya . Mereka takut melihat tempat yang seram, lalu mereka puja tempat yang seram itu. Mereka muliakan suatu benda lalu mereka sembah?

Manusia-manusia yang telah mabuk oleh kebesaran bisa menyusun fikiran orang banyak secara teratur, supaya mengakui bahwa beliau adalah Maha Kuasa. Lama-lama datanglah bisik-desus teratur bahwa beliau mendapat wahyu dari Tuhan, bahwa perbuatan beliau tidak pemah salah dan di zaman purbakala sengaja dikatakan bahwa raja-raja bukanlah berasal dari manusia , tetapi putera Tuhan, keturunan dari Dewa Zeus (lskandar) atau anak dari Sang Surya Matahari atau Raja (Fir‘aun Mesir). Dai Nippon mempunyai dasar kepercayaan bahwa raja-rajanya adalah keturunan Amaterasu Omikami yang datang dari matahari dan menciptakan pulau-pulau Jepang.

Selain daripada itu raja-raja yang dipuja 0rang·0rang yang shalih atau orang-orang yang berjasa, seteah dia mati dipuja kubumya, setelah dia hilang dibuatkan patungnya.

Manusia-manusia ataupun raja, ataupun pemimpin, ataupun orang-orang yang berjasa yang dipuja, akan dihadapkan dalam sidang majlis Tuhan bersama dengan orang-orang yang memuja itu , ditanyai , kaliankah yang telah menyebabkan orang-orang ini jadi sesat ? Ataukah mereka sendiri yang tolol , yang sontok fikiran, lalu khayal ingatan mereka sendiri mereka tuhankan?

Salah satu dari keduanya pasti ada atau dipusatkan oleh orang-orang yang berkuasa itu, atau manusia sendiri sesat karena tidak ada bimbingan.Manusia sendiri menjadi sesat, karena tidak tahu jalan. Kebesaran alam yang diciptakan Tuhan mempesonakan sehingga lupa bahwa yang menciptakan alam itulah Yang Maha Besar, bukan alam itu sendiri, karena dia hanya ciptaan.

Pada ayat 18 ini dinyatakan jawaban orang-orang atau barang-barang yang dipuja itu atas pertanyaan Tuhan tadi. Maha Suci Engkau. lnsaflah kami bahwa ini tidak berarti apa-apa, tidak ada kekuatan dan kebesaran pada kami , hanyalah anugerah Engkau jua. Mereka itulah yang salah. Anugerah kesenangan dan kemewahan hidup yang pemah Engkau berikan kepada mereka, mereka lupa daratan, mereka tidak memperdulikan lagi pengajaran yang baik , sehingga akhimya mereka pun binasa. Hilanglah dasar tempat tegak dan kaburlah tujuan kehidupan. Dan kalau.dasar dan tujuan telah hilang tuntutlah
peribadi, dan apabila peribadi tidak tegak lagi itulah dia kebinasaan.

Di sini patutlah direnungkan apakah artinya kebahagiaan hidup itu. Banyaklah manusia yang salah faham, menggantungkan pengharapan hidup semata kepada kemewahan dan kecukupan. Di zaman moden orang berlomba menuju hidup yang mewah. Barang-barang yang kurang perlu dipandang sangat perlu, scbaliknya yang amat perlu tidak menjadi perhatian. Orang menyangka bahwa penilaian hidup adalah semata-mata pada pangkat yang tinggi, rumah yang mcwah, kendaraan mobil model yang paling baru. Sepintas lalu kelihatan kegembiraan mereka itu. Tetapi kian lama hilanglah suatu yang amat
penting yaitu kekayaan batin, Penuh di luar, tetapi kosong di dalam. Kemewahan kerapkali menjadi racun bagi jiwa. Diberi Allah Ta‘ala kesempatan, tetapi tidak pandai mempergunakan kesempatan itu. Akhimya menyembah dan memuja kepada benda dan makhluk, mendewakan sesama manusia atau barang yang tidak ada harganya, hanyalah dipaksakan kepada jiwa diri sendiri buat memujanya.

Di ayat 19 membalikkan bicara kepada 0rang-0rang yang memperserikatkan Tuhan dengan manusia atau benda itu. Tuhan bersabda: Sesungguhnya jelaslah sekarang bahwa pemuja-pemujamu itu telah mendustakan atau memungkiri apa yang kamu katakan. Mereka melepaskan diri daripada tanggung-jawab, mereka pun merasakan bahwa tidak ada sesuatu pun
yang berhak dijadikan sebagai pelindung selain Allah , tidak ada Wali lain. Wali hanya satu , yaitu Tuhan Allah.
Oleh sebab itu kamu tidaklah dapat menghindarkan diri lagi daripada siksa Ilahi dan tidak seorang pun yang dapat menolong dan membela kamu di dalam menghadapi azab `llahi itu. Dari masa ke masa Tuhan telah mengirimkan utusanNya buat memberikan penerangan yang jelas tentang Hak` Nabi dipuja, dengan sendirinya, kamu juga yang tidak perduli.

Sudahlah hal yang wajar bahwa barangsiapa yang bersalah akan merasai siksaan yang besar. Apatah lagi di dalam ayat yang lalu sudah dijelaskan pula oleh Tuhan;
إِنَّ اللهَ لا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَ يَغْفِرُ ما دُونَ ذلِكَ لِمَنْ يَشاءُ وَ مَنْ يُشْرِكْ بِاللهِ فَقَدِ افْتَرى‏ إِثْماً عَظيماً
"Tuhan tidak dapat mengampuni jika Dia dipersekutukan dengan yang lain, dan Dia dapat memberi ampun dosa yang lain, (selain syirik) bagi barang siapa yang dikehendakiNya. ” (an-Nisa’ 48)

Kemudian itu diulang lagi menjelaskan pada ayat 20, bahwasanya sejak zaman purbakala, jauh masanya sebelum Nabi Muhammad s.a.w. telah berulang-ulang jua Tuhan mengirimkan utusan ke dalam alam ini. Utusan itu dipilih dan kalangan manusia sendiri. Manusia, bukan malaikatl Manusia bukan jin ! Karena tidaklah sesuai kalau yang akan diben peringatan itu makhluk insani , lalu dipilih utusan yang bukan insani. Semua Rasul-rasul itu makan dan minum sebagai manusia yang lain, masuk pasar keluar pasar seperti manusia yang lain.

Bukan mereka segolongan kecil manusia yang hidup dalam istana gading, berani memberikan pelajaran tentang hidup, padahal dia sendiri tidak berani masuk ke dalam gelanggang hidup. Rasul·rasul itu hidup dalam kalangan manusia, makan dan minum, masuk pasar, artinya hidup di tengah·tengah masyarakat ramai. Mereka datang membawa wahyu, menunjukkan jalan dan tuntunan yang diberikan ilahi tentang bagaimana caranya melaksanakan dan mengisi hidup dengan cita-cita tinggi dan mumi.

Nabi Muhammad s.a.w. pemah mengatakan;

“Perkara-perkara yang berhubungan dengan agama , maka termasuklah ke dalam tugasku. Tetapi perkara-perkara yang berkenaan dengan duniamu , kamu lebih mengerti."

Dalam pergaulan hidup yang luas itu, Rasul-rasul sama-sama memikul yang berat dan menjinjing yang ringan. Kadang-kadang suatu pemikiran mendapat ujian atau percobaan sebab pergaulan hidup itu ialah tempat menguji kebenaran fikiran.
Itu sebaliknya maka dikatakan dalam inti ayat 20 ini.

“Dan Kami jadikan sebagian kamu menjadi ujian untuk yang Iain."

Banyak sekali rahasia jiwa yang terkandung di dalam ayat ini. Seorang Rasul ataupun seluruh Rasul menyerbukan dirinya ke tengah masyarakat, tetapi dia akan memimpin masyarakat itu kepada kehidupan yang lebih tinggi dan cita yang lebih mulia.

Bukan mereka di luar pagar menunjuk-nunjuk, ini benar ini salah, padahal tak berani ke tengah, Rasul bukan begitu.
Tetapi mereka berjalan di muka sekali memben contoh dan berkata: "Mari turutkan aku!”

Adu-mengadu nilai, banding-membanding kebenaran. Yang sejati tidak akan dijalankan dengan paksaan. Kebenaran memang dengan sendirinya , tetapi pintu hati buat menerima kebenaran, tidaklah semudah menarikkannya.

Kebenaran mutlak datang dari Tuhan, dan Rasul adalah saluran Tuhan menyampaikan kebenaran itu kepada manusia, berupa wahyu. Yang mendapat wahyu hanyalah Nabi itu saja. Ketika Nabi Muhammad Rasulullah s.a.w. menerima tugas wahyu itu, dia makan dan minum dan dia masuk ke tengah pasar, ke tengah pergaulan hidup. Kata wahyu itu dilemparkan nya ke tengah masyarakat. Ada golongan yang menerima sebagai Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali dan seluruh sahabat yang mula-mula, dan ada pula golongan yang menolak mentah—mentah , "air tidak lalu, bubur pun tidak lalu”, artiya tidak mau menerima sama sekali. ltulah golongan sebagai Abu Jahal, Abu Lahab dan Abu Sufyan dengan para pengikutnya pula.

Maka datanglah pertanyaan dalam ayat ini. “Atashbiruuna?” Apakah kamu tahan? Apakah kamu tabah? Apakah kamu kuat?
Pertanyaan ini tidak lagi dihadapkan kepada seorang Muhammad sebagai Rasul, tetapi kcpada seluruh yang telah memegang keyakinan yang telah diajarkan Muhammad. "Apakah kamu sekalian sabar ? " Nabi Muhammad s.a.w. dan para pejuang angkatan pertama telah berpulang ke rahmatullah. tetapi al-Quran masih tinggal, sehuruf pun tiada yang hilang, sebaris pun tiada yang lupa dan setitik pun tiada yang hapus. Al-Quran masih tetap tinggal sebagai pedoman, perjuangan kita.

Penerima-penerima waris dari Rasul dan meneruskan perjuangan ini.Sekali kita telah menyatakan tekad bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah, sekali kita telah bertekad menganggap al-Quran sebagai imam, tidaklah akan berarti pengakuan itu kalau kita bawa al-Quran itu bersemadi ke dalam istana gading, atau bersembunyi ke rimba sunyi. Bahkan kitapun harus makan minum untuk mcnguatkan tubuh, dan masuk ke tengah pasar ramai, ketengah masyara kat membawa obor kita. Di antara kita akan mendapat ujian tentang kebenaran pendinan kita, pendirian yang berdasarkan pada wahyu. Kebenaran yang mutlak. Apakah kita sabar kena angin dan taufan ?

Apakah kita tabah menghadapi kesulitan ? Kejayaan perjuangan kita sebagian besar tergantung kepada kesabaran dan ketabahan kita juga.·Kerap kali orang tidak Iekas menerima kebenaran yang kita bawa ,bukanlah karena dia tidak benar, melainkan karena kitalah yang tidak sanggup memperjuangkannya.

Kadang-kadang kita·gagal, maka jika kita gagal, janganlah ragu akan kebenaran yang kita perjuangkan. Mungkin teknik belum kena atau taktiknya belum sempuma. Tertumbuk biduk dibelokkan, tertumbuk kata difikiri ! Perjalanan teruskan juga.

Di akhir ayat diberilkanlah peringatan bahwa Tuhan selalu melihat memperhatikan dan memandang dengan amat teliti apa jua pun yang kita kerjakan . lsi yang mendalam lagi pada ayat ini, ialah bahwa sekalian Rasul itu adalah manusia belaka, manusia pilihan. Mereka adalah manusia yang dipilih-pilih dari kalangan manusia sendiri, akan diutus kepada sesamanya manusia. Maka jika dia memberikan contoh teladan dapatlah mata kita menyaksikan dan dapat pula kita tiru. Dengan tegas Tuhan bersabda:

"Sesungguhnya adalah Rasul itu menjadi teladan yang baik untuk kamu."

Kehidupan Nabi Muhammad s.a.w. adalah contoh kehidupan yang paling sempurna, yang dirumuskan oleh salah seorang Pujangga Islam dengan sebutan “The Ideal Prophet" atau " Al-Matsalul KamiI ", artinya teladan hidup yang paling sempuma. Maka sejak kita menerima taklif dari Ilahi, kita akan berusaha meneladan kehidupan itu sedaya upaya kita. Tujuan terakhir kehidupan kita ialah: "Hidup menyontoh kehidupan Nabi, menurut tenaga yang ada pada kita.”

Pengalaman ummat-ummat yang terdahulu menjadi perbandingan bagi kita ummat yang datang di belakang. Dan kita bersyukur bahwa al-Quran telah terkumpul secukup selengkapnya di dalam Mushhaf. Sehingga penyelewengan tidak bisa terjadi. Ummat Yahudi telah tersesat seketika dari rasa dendam mereka menuduh bahwa Nabi Isa ‘alaihis-salam adalah anak yang dilahirkan di luar nikah. Alangkah rendahnya tuduhan itu. Sebaliknya orang Kristen karena sangat cinta kepada Nabi Isa dan sebagai menghargai pengurbanan mengatakan pula bahwa beliau " Anak Tunggal Tuhan ”.

Tidak !

Seluruh utusan Allah itu adalah manusia yang telah dipilih. Dan rohnya telah dilatih buat menerima wahyu itu. Seluruh utusan, sejak Adam atau sejak Nuh, melalui Ibrahim, Musa, Isa dan sampai kepada Muhammad s.a.w. semuanya manusia. Manusia pilihan dan terpilih !

Kalau al-Quran sebagai tempat pulang yang mutlak bagi seorang Muslim tidak terpelihara baik-baik, ada juga kemungkinan bahwa Nabi Muhammad itu sendin pun akan dilupakan pula , kedudukannya dari manusia dinaikkan kepada derajat ke tuha nan Bahkan meskipun al-Quran ada, pemah juga dicoba orang buat membawanya ke sana, sebagaimana terjadi dalam pelajaran-pelajaran kaum Shufi yang kemasukan pengaruh dari kaum filsafat Neo Platonisme. Mereka mengatakan bahwa Muhammad itu adalah mempunyai dua arti.

Arti yang lahir ialah Muhammad anak Abdullah yang terjadi daripada 'alaq , sebagai manusia yang lain juga.
Tetapi arti yang hakiki, bahwa Muhammad itu adalah "Al·Haqiqatul Muhammadiyah",yaitu Allah Ta‘ala menyatakan diriNya yang hakikat Muhammad , (Ibraza Haqiqatihil Muhammadiyah), malahan Jismahu (tubuhNya) Waruhahu (rohNya) dan
Ma‘naahu. Malahan ada penafsir yang mengatakan bahwa ketika dia dilahirkan ke dunia langsung dari perutnya , seumpama orang yang dibedah .

Al-Quran dengan tegas menyatakan:

“Saya ini tidak lain, melainkan manusia sebagai kamu juga, lalu diwahyukan kepadaku."

Al-Quran sekali lagi al-Quran.

Jangan sampai kita diselewengkan oleh penafsir setengah penafsir yang sadar atau tidak sadar , sudah kemasukan pelajaran lain yang diselundupkan ke dalam Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar