STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Rabu, 23 November 2011

PAKEM Sebagai Strategi Pembelajaran

PAKEM Sebagai Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran pada PAKEM menggunakan strategi belajar yang berpusat pada siswa. Menurut Hamalik (2001:201) strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah sebuah proses belajar mengajar yang berdasarkan kebutuhan dan minat siswa. Berbagai kegiatan belajar dirancang dengan sistem belajar yang fleksibel sesuai dengan kehidupan, gaya belajar dan tujuan pembelajaran, dimana guru hanya sebagai fasilitator, pembimbing, pengarah sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai tanpa mengenyampingkan potensi siswa.

Adapun beberapa strategi belajar berpusat pada siswa menurut Hamalik (2001:202) antara lain :
1. Pusat belajar pada modular
2. Pengajaran berpusat pada pengalaman
3. Pengajaran berdasarkan pada inkuiri
4. Pengajaran dalam bentuk pengajaran berdebat
5. Pengajaran dalam bentuk pengajaran komputer

Strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa atau lebih dikenal dengan student oriented merupakan pembelajaran yang lebih memberdayakan pada kemampuan siswa. Dalam aplikasinya siswa belajar tidak semata-mata hanya menekankan pada jawaban dari pertanyaan ulangan dan ujian, namun dituntut pada pengetahuan yang luas, bermanfaat, berkembang dan relevan dengan kehidupan sehari-hari (Nurhadi, 2003:5).

Strategi pembelajaran merupakan proses terpenting dalam pembelajaran karena dalam strategi pembelajaran terjadi proses pentransferan ilmu yang nantinya berpengaruh pada hasil belajar. Oleh karena itu, pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
merupakan strategi yang optimal dalam pembelajaran. Karena dalam PAKEM peserta didik harus lebih berani bertanya, mengungkapkan pendapat dan tidak takut salah maupun malu ditertawakan.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada diagram model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) sebagai berikut:















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar