(2 SKS)
KOMPETENSI
- Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang etika profesi dan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru;
- Memiliki sikap sebgai seorang pendidik professional;
- Memiliki keterampilan merencanakan, melaksanakan dan mngevaluasi hasil bimbingan konseling.
SUBSTANSI MATERI
- Pengertian dan Hakekat profesi keguruan dan kompetensinya;
- Hakekat dan pendekatan system dalam pengembangan belajar-mengajar;
- Berbagai model pengembangan system pembelajaran;
- Strategi rencana pengembangan tujuan dan bahan pengajaran;
- Strategi rencana pengembangan media dan metode pengajaran;
- Strategi rencana pengembangan evaluasi dan umpan balik pengajaran;
- Pengetahuan tentang etika profesi guru;
- Teori tentang bimbingan konseling beserta metodologinya;
- Program bimbingan Konseling di sekolah beserta masalah yang dihadapi;
- Kesehatan mental Islami;
- Aplikasi Bimbinga konseling di madrasah.
REFERENSI
- Menjadi Guru Profesional;
- Quantum Learning;
- Quantum Teaching;
- Revolusi Belajar;
- Ad. Roijackers, Mengajar dengan sukses, Gunung Agung, Jakarta, 1980;
- Yies Sa’diyah, Bimbingan Konseling di sekolah, Bandung, 1997;
- Zakiyah Daradjat, Kesehatan Mental;
- Dahlan. MD, Beberapa Pendekatan dalam Penyuluhan, CV. Diponegoro, 1985;
- Prayitno, Profesionalisasi Konseling dan Pendidikan Konseling, Dikri, Jakarta, 1987;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar