STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Jumat, 15 Juli 2011

Analisis Pemetaan SK-KD PAI SMA

Mata pelajaran : Pendidikan agama islam
Kelas               : X
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tingkatan
Ranah KD
Indikator Pencapaian
Tingkatan
Ranah KD
Materi Pokok
Alokasi
Waktu
Al-Qur’an
1.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi

1.1  membaca QS Al-baqarah ; 30, Al-Mukminun ; 12-14, Az-Zariyat ; 56 dan An-nahl ; 78


1.2  Menyebutkan arti QS Al-baqarah ; 30, Al-Mukminun ; 12-14, Az-Zariyat ; 56 dan An-nahl ; 78











1.3   Menampilkan perilaku ebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al-baqarah ; 30, Al-Mukminun ; 12-14, Az-Zariyat ; 56 dan An-nahl ; 78


·        mampu membaca QS Al-baqarah ; 30, Al-Mukminun ; 12-14, Az-Zariyat ; 56 dan An-nahl ; 78

·        mampu mengidentifikasi tajwid QS Al-baqarah ; 30, Al-Mukminun ; 12-14, Az-Zariyat ; 56 dan An-nahl ; 78
·        mampu mengartikan kata, ayat, dan menjelaskan isi kandungan dari QS Al-baqarah ; 30, Al-Mukminun ; 12-14, Az-Zariyat ; 56 dan An-nahl ; 78

·        mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam QS Al-baqarah ; 30, Al-Mukminun ; 12-14, Az-Zariyat ; 56 dan An-nahl ; 78
·        mampu menunjukkan perilaku khalifah uang terkandung dalam mengidentifikasi tajwid QS Al-baqarah ; 30, Al-Mukminun ; 12-14, Az-Zariyat ; 56 dan An-nahl ; 78 dalam kehidupan sehari-hari


Ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya di bumi

2.    Mamahami ayat-ayat Al-Qur’an entang keikhlasan dalam beribadah
2.1  membaca QS Al-An’am ; 162-163 dan Al-Bayyinah ; 5



2.2  menyebutkan arti QS Al-An’am ; 162-163 dan Al-Bayyinah ; 5











2.3  menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seprti terkandung dalam QS Al-An’am ; 162-163 dan Al-Bayyinah ; 5

·        membaca dengan fasih QS Al-An’am ; 162-163 dan Al-Bayyinah ; 5

·        mengidentifikasi arti dalam QS Al-An’am ; 162-163 dan Al-Bayyinah ; 5
·        menjelaskan penerapan ilmu tajwid dalam QS Al-An’am ; 162-163 dan Al-Bayyinah ; 5
·        menyimpulkan kandungan QS Al-An’am ; 162-163 dan Al-Bayyinah ; 5

·        menunjukkan perilaku yang mencerminkan isi surat Al-An’am ; 162-163 dan Al-Bayyinah ; 5

Ayat-ayat tentang prinsip-prinsip beribadah

Aqidah
3.    Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam asmaul husna

3.1  menyebutkan 10 sifat Allah dalam asmaul husna





3.2  menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna


3.3  menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam asmaul husna


·        menjelaskan pengertian iman kepada Allah
·        menyebutkan sifat-sifat Allah
·        menjelaskan asmaul husna

·        mengidentifikasi arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna

·        menunjukkan tanda-tanda penghayatan terhadap sifta-sifat Allah dalam perilaku sehari-hari
·        menunjukkan beberapa contoh 10 sifat Allah dalam asmaul husna


Iman kepada Allah dalam asm

Akhlak
4.    Membiasakan perilaku terpuji

4.1  menyebutkan pengertian perilaku husnudzon



4.2  menyebutkan contoh-contoh perilaku husnudzon

4.3  membeiasakna perilaku husnudzon dalam kehidupan sehari-hari


·        mendefinisikan  pengertian husnudzon
·        menjelaskan perilaku husnudzon

·        menunjukkan contoh perilaku husnudzon


·        membiasakan diri berperilaku husnudzon terhadap diri sendiri dan lingkungan


Husnudzon, perilaku akhlakul karimah terhadap diri sendiri, dan pada lingkungan

Fiqi
5.    Memhami sumber hukum islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah

5.1  menyebutkan pengertian kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum islam
5.2  menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum islam
5.3  menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari






Tarikh dak kebudayaan islam
6.    Memahami keteladana rasulullah dalam membina umat periode Makkah
6.1  menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
6.2  mendeskripsikan substansi dan setrategi dakwah Rasulullah periode Makkah





Al-Qur’an
7.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi
7.1   membaca QS Ali Imron ; 159 dan QS Asy-Syura ; 38
7.2  menyebutkan arti QS Ali Imron ; 159 dan QS Asy-Syura ; 38
7.3  menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imron ; 159 dan QS Asy-Syura ; 38





Aqiidah
8.    Meningkatkan keimanan kepada malaikat
8.1  menjelaskan tanda-tanda  beriman kepada malaikat
8.2  menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat
8.3  menampilkan perilaku sebagai cerminan kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari





Akhlak
9.    Membiasakan perilaku terpuji
9.1  menjelalskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjelanan, bertamu, dan atau menerima tamu.
9.2  Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjelanan, bertamu, dan atau menerima tamu
9.3  Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjelanan, bertamu, dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari.





10.    Menghindari perilaku tercela
10.1              menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi.
10.2              Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi.
10.3              Menghindari hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi.





Fiqih
11.    Memahami hukum islam tentang zakat¸haji, dan wakaf.
11.1              menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji, dan waqaf.
11.2              Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji, dan waqaf.
11.3              Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji, dan waqaf.





Tarikh dan kebudayaan islam
12.    Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode madinah


12.1              menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
12.2              mendeskripsikan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah






Mata pelajaran : Pendidikan agama islam
Kelas               : XI







Al-Qur’an
  1. memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan

                membaca QS al-baqarah : 148 dan QS al-Fatir : 32
                menjelaskan arti QS al-baqarah : 148 dan QS al-Fatir : 32
                 menampilkan perilaku kompetisi dalam kebaikan seprti terkandung dalam QS al-baqarah : 148 dan QS al-Fatir : 32





2. memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dlu’afa
2.1 membaca QS al-Isra’ : 26-27 dan QS al-baqarah : 177
2.2. menjelaskan arti QS al-Isra’ : 26-27 dan QS al-baqarah : 177
2.3 menmapilkan perilaku menyantuni kaum dluafa seprti terkandung dalam QS al-Isra’ : 26-27 dan QS al-baqarah : 177





Aqidah
3. meningkatkan keimanan kapada Rasul-rasul Allah

3.1 menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
3.2 menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
3.3 menmapilkan perilaku mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari





Akhlak
4. meningkatkan berperilaku terpuji

4.1 menjelaskan pengertian taubat dan raja’
4.2 Menmapilakn contoh-contoh perilaku taubat dan raja’
4.3 membiasakan perilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari





Fiqih
5. memahami hukum islam tentang mu’amalah

5.1 menjelaskan azas-azas transaksi ekonomi dalam islam
5.2 memberikan contoh-contoh transaksi  ekonomi dalam
5.3 menerapkan transaksi  ekonomi islam dalam kehidupan sehari-hari





Tarikh dan kebudayaan dalam islam
6. memahami perkembangan islam abad pertengahan (1250-1800)


6.1 menjelaskan perkembangan islam pada abad pertengahan
6.2 menyebutkan contoh peristiwa perkembangan islam pada abad pertengahanstiwa perkembangan islam pada abad pertengahan perkembangan islam pada abad pertengahan





­­Al-Qur’an
7. memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

7.1 membaca QS Al-Rum : 41-41, QS Al-A’raf : 56-58, dan QS Ash-shad : 27
7.2 menjelaskan arti QS Al-Rum : 41-41, QS Al-A’raf : 56-58, dan QS Ash-shad : 27
7.3 membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam QS Al-Rum : 41-41, QS Al-A’raf : 56-58, dan QS Ash-shad : 27





Aqidah
8. meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah

8.1 menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap kitab-kitab Allah
8.2 menerapkan hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah





Akhlak
9. membiasakan perilaku terpuji


9.1 menjelaskan pengerian dan maksud menghargai karya orang lain
9.2 menampilkan contoh perilaku menghargai karya orang lain
9.3 membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari





10. menghindari perilaku tercela
10.1 menjelaskan pengertian dosa besar
10.2 menyebutkan contoh perbuatan dosa besar
10.3 menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari





Fiqih
11. memahami ketentuan hukum islam tentang pengurusan jenazah

11.1 menjelaskan tata cara pengurusan jenazazah
11.2 memperagakan tata cara pengurusan jenazazah





12. memahami khutbah, tablig, dan dakwah
12.1 menjelaskan pengertian khutbah, tablig dan dakwah
12.2 menjelaskan tata cara khutbah, tablig, dan dakwah
12.3 memperagakan khutbah, tablig, dan dakwah





Tarikh dan kebudayaan islam
13. memahami perkembangan islam pada masa modern (1800-sekarang)

13.1 menjelaskan perkembangan islam pada masa modern
13.2 menyebutkan contoh peristiwa perkembangan islam pada masa modern





Mata pelajaran : Pendidikan agama islam
Kelas               : XI







Al-Qur’an
1. memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi

1.1  membaca QS al-kafirun, QS Yunus : 40-41, dan QS al-kahfi : 29
1.2  menjelaskan arti QS al-kafirun, QS Yunus : 40-41, dan QS al-kahfi : 29
1.3  membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS al-kafirun, QS Yunus : 40-41, dan QS al-kahfi : 29





2. memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja
2.1 Membaca QS Al-Mujadalah : 11, Dan QS Al-Jumuah : 9-10
2.2 menjelaskan arti QS Al-Mujadalah : 11, Dan QS Al-Jumuah : 9-10
2.3 membiasakan perilaku beretos kerja seprti terkandung dalam QS Al-Mujadalah : 11, Dan QS Al-Jumuah : 9-10





Aqidah
3. meningkatkan keimanan kepada hari akhir

3.1 menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
3.2 menerapkan hikmah beriman kepada hari akhir
3.3 membiasakan perilaku beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari





Akhlak
4. membiasakan perilaku terpuji

4.1 menjelaskan pengertian adil, ridlo, dan amal saleh
4.2 menampilkan contoh perilaku adil, ridlo, dan amal saleh
4.3 membiasakan perilaku adil, ridlo, dan amal saleh dalam kehidupan sehari-hari





Fiqih
5. memahami hukum islam tentang hukum keluarga

5.1 menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam islam
5.2 menjelaskan hikmah perkawinan
5.3 menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesai





Tarikh dan kebudayaan islam
6. memahami perkembangan islam  di Indonesia

6.1 menjelaskan perkembangan islam di Indonesia
6.2 menampilkan contoh perkembangan islam di Indonesia
6.3 mengambil hikmah dari perkembangan islam di Indonesia





Al-Qur’an
7. memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK

7.1 memahami QS yunus : 10 dan QS al_Baqarah ; 164
7.2 menjelaskan arti QS yunus : 10 dan QS al_Baqarah ; 164
7.3 melakukan pengembangan IPTEK seprti terkandung dalam QS yunus : 10 dan QS al_Baqarah ; 164





Aqidah
8. meningkatkan keimanan terhadap Qodho’ dan Qodar

8.1 Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada Qodho’ dan Qodar
8.2 menerapkan hikmah beriman kepada Qodho’ dan Qodar





Akhlak
9. membiasakan perilaku terpuji

9.1 menjelaskan pengertiandan maksud persatuan dan kerukunan
9.2 menmapilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan
9.3 membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan





10. menghindari perilaku tercela
10.1 menjelaskan pengertian isyrof, Tabir, Hibah, dan Fitnah
10.2 menjelaskan contoh perilaku isyrof, Tabir, Hibah, dan Fitnah
10.3 menghindari perilaku isyrof, Tabir, Hibah, dan Fitnah





Fiqih
11. memahami hukum islam tentang waris

11.1 menjelaskan ketentuan hukum waris
11.2 menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris





Tarikh dan Kebudayaan islam
12. memahami perkembangan islam di dunia

12.1 menjelaskan perkembangan Islam di dunia
12. 2 menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia
12.3 mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar