STIT AT-TAQWA CIPARAY BANDUNG

Jumat, 11 November 2011

Tujuan Pembelajaran Qur'an Hadits

Tujuan adalah suatu rumusan yang menunjukkan dan menjelaskanhal yang ingin dicapai. Tujuan tersebut menunjukkan atau menjelaskanperubahan apa yang harus terjadi, sebagai akibat dari pengajaran yang dialami oleh murid. Antara lain perubahan dalam pola berfikir, dalamperasaan serta dalam tingkah laku murid. Pengajar harus dapat mmbuatperubahan itu terjadi, dan inilah yang disebut mengajar.Dengandemikian tujuan itu sesuatu yang diharapkan atau diinginkan dari subyekbelajar, sehingga memberi arah, kemana kegiatan belajar-mengajar ituharus dibawa dan dilaksanakan. Oleh karenanya tujuan itu perludirumuskan dan deskripsinya harus jelas.35Tujuan pembelajaran atau biasa yang disebut dengan tujuaninstruksional adalah merupakan tujuan yang hendak kita capai dalamsetiap bagian mata pelajaran apa yang kita ajarkan pada suatu sekolahtertentu. Tujuan instruksional ini yang akan menjawab pertanyaan apayang harus dicapai oleh peserta didik dalam mata pelajaran tertentu padasatuan bahan atau waktu tertentu?.36Abdurrahman Annahlawi mengemukakan bahwa tujuan jangkapendek dari pendidikan dengan al Qur’an ialah peserta didik mampumembacanya dengan baik, memahaminya dengan baik dan menerapkansegala ajarannya. Dengan kata lain jika pelajaran al Qur’an telah mampumerealisasikan tujuannya, niscaya akan termasuk cara terbaik untuk merealisasikan tujuan tertinggi pendidikan islam. sebagaimana firmanAllah Q.S Al-imron ayat 102: sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu matimelainkan dalam keadaan beragama Islam."Jadi yang dimaksud dengan tujuan pembelajaran Qur’an haditsadalah suatu rumusan yang menunjukkan atau menjelaskan perubahan apayang harus terjadi, sebagai akibat dari pembelajaran Qur’an hadits yangdialami oleh peserta didik, antara lain seperti dari aspek kognitif adalahpeserta didik dapat memilih Al Qur’an sebagai pedoman hidupnya,ditinjau dari aspek afektif, peserta didik dapat menghargai pilihannyabahwa al Qur’an adalah pedoman hidup manusia yang paling benar, danaspek psikomotorik, peserta didik mampu bertindak dan mengamalkanpilihannya (Al Qur’an sebagai pedoman hidup) dalam kehidupan seharihari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar