(3 SKS)
KOMPETENSI
- Memahami teori-teori Ilmu-ilmu Pendidikan Islam;
- Mampu menganalisis perkembangan teori-teori Ilmu Pendidikan Islam;
- Menerima dan merespon teori-teori Ilmu Pendidikan Islam;
- Terampil menerapkan teori-teori Ilmu Pendidikan Islam dalam kehidupan sehari-hari;
- Terampil mengembangkan teori-teori Ilmu Pendidikan islam.
SUBSTANSI MATERI
1. Epistemologi (dasar dan wilayah) pengembangan Ilmu pendidikan islam;
2. Teori-teori tentang pendidikan dan pengajaran dalam kaitannya dengan pengembangan ilmu pendidikan islam;
3. Perbedaan luas wilayah cakupan pengajaran dan pendidikan di dalam al-Qur’an dalam kaitannya dengan upaya pemikiran ilmu pendidikan Islam;
4. Teori-teori tentang kewajiban mendidik dan penanggungjawab pendidikan dalam pengembangan ilmu pendidikan Islam;
5. Teori-teori tentang lingkungan dalam kaitannya pengembangan ilmu pendidikan Islam;
6. Teori-teori tentang fitrah dalam kaitannya pengembangan ilmu pendidikan Islam;
7. Teori-teori tentang Pendidik dan peserta didik dalam kaitannya pengembangan ilmu pendidikan Islam;
8. Teori-teori tentang Pengembangan system pendidikan pesantren;
9. Teori-teori tentang pengembangan system pendidikan madrasah (sekolah);
10. Teori-teori tentang pengembangan alat-alat pendidikan Islam;
11. Teori-teori tentang pengembangan metode pendidikan agama Islam;
12. Teori-teori tentang pengembangan kurikulum pendidikan Islam;
13. Teori-teori tentang pengembangan teknik evaluasi pendidikan Islam;
14. Teori-teori tentang pendidikan anak prenatal;
15. Teori-teori tentang pendidikan anak di dalam rumah tangga (1-6 tahun);
REFERENSI
1. M. Athiyah al-Abrasyi, Prinsip-prinsip Pendidikan islam;
2. Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan islam;
3. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam;
4. Mahmud, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia.
5. Zakiah Daradjat (dkk), Ilmu Pendidikan Islam, Departemen Agama RI, Jakarta, 1985;
6. Abd. Rahman al-Nahlawi, Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Asalibuha, Dar Fikr, damaskus, 1979;
7. M. Quthub, Sistem pendidikan islam, penerjemah Salman harun, al-Ma’arif, bandung, 1984;
8. Ahmad tafsir, Ilmu pendidikan dalam Presfektif Islam, cet.II, remaja rosdakarya, Bandung, 1992;
9. Hasan Langgulung, manusia dan pendidikan, Pustaka al-Husna, Jakarta, 1986.
10. M. Athiyah al-Abrasyi, Dasar-dasar pokok Pendidikan Islam, Penerjemah Bustami A. Gani dan Djohar Bahri, Bulan Bintang, Jakarta, 1970;
11. Syed Muhammad al-Naquib al-Athas, Konsep Pendidikan islam, Penerjemah Haidar bagir, Mizan, Bandung, 1987.
12. Baihaqi AK, Pendidikan Anak dalam rumah Tangga menurut ajaran Islam, Bulan Bintang, Jakarta, TT;
13. Baihaqi AK, Pendidikan Anak Paranatal menurut ajaran Islam, Menara kudus, Jakarta, TT;
14. Abd. Rahman Shalih Abdullah, Landasan dan Tujuan Pendidikan Islam menurut Al-Qur’an dan implementasinya, Penerjemah H.M. Dahlan, CV. Diponegoro, Bandung, 1991.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar