Tabel 2.5 Pandangan Umum Eksistensialisme dalam Pendidikan.
No. | KOMPONEN | Keterangan |
(1) | (2) | (3) |
1 | Hakekat Pendidikan | § Menghendaki agar pendidikan selalu melibatkan pserta didik dalam mencari pilihan-pilihan untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing dan menemukan jati dirinya, karena masing-masing individu adalah makhluk yang unik dan bertanggung jawab atas diri dan nasibnya sendiri. |
2 | Tujuan Pendidikan | § Siswa mengembangkan potensinya masing-masing untuk mencari jati dirinya |
3 | Kurikulum | § Secara umum tidak ada penetapan kurikulum, karena setiap individu memiliki kebutuhan dan minat tertentu untuk dipenuhi. § Menekankan proses pemikiran refketif. § Ilmu-ilmu sastra dan seni sebagai nata pelajaran penting untuk intropeksi dan refleksi |
4 | Metode | § Mendorong siswa mengikuti proyek-proyek yang membantu mereka untuk mengembangkan ketrampilan dan pengetahuan yang diperlukan |
5 | Pelajar | § Adalah individu yang dapat mengembangkan potensinya masing-masing untuk mencari jati dirinya |
6 | Pengajar | § Pembimbing dan stimulator berfikir reflektif melalui panggilan pertanyaan-pertanyaan (inquiry) § Bukan pemberi instruksi § Memiliki kejuruan ilmiah, integritas dan kreatifitas § Figure yang tidak mencampuri perkembangan minat dan bakat siswa. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar