PENDAHULUAN
Morfologi tumbuhan merupakan mata kuliah yang diberikan pada mahasiswa semester awal atau mahasiswa semester I. Pada penelitian ini obyek penelitian adalah mahasiswa semester I Jurusan Biologi FMIPA UNDIP dengan jumlah mahasiswa sekitar 43 orang mahasiswa.Tujuan pemberian mata kuliah morfologi tumbuhan yaitu agar mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan sifat dan bagian-bagian tumhuahan sehingga mahasiswa dapat mengembangkan, menganalisis persoalan, mencandra tumbuhan dan mengaplikasikan dengan bidang lain yang terkait.
Pembelajaran morfologi tumbuhan dari tahun ke tahun terlihat monoton di dalam ruang kuliah yang terbatas. Sementara lingkungan sekitar kampus hanya menyediakan sedikit lahan dan terbatas koleksi tanamannya untuk menunjang proses pembelajaran morfologi tumbuhan. Untuk itu perlu dicari alternative pembelajaran di luar ruang perkuliahan atau di luar lingkungan sekitar kampus dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada agar materi perkuliahan yang diberikan kepada mahasiswa lebih bermakna, aplikatif dan mahasiswa dapat memanfaatkan morfologi tumbuhan secara optimal di lapangan sesuai perkembangan yang ada di masyarakat.
Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran morfologi tumbuhan
adalah dengan menggunakan pendekatan SETS (Science Environment Technology and
Society) dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran. Pendekatan SETS adalah
suatu pendekatan yang menghubungkan ilmu pengetahuan yang diajarkan dosen dan biasanya dilakukan di kelas dengan keadaan lingkungan yang ada di sekitarnya, teknologi yang terkait dan dampaknya pada masyarakat. Pendekatan SETS ini didukung dengan beberapa metode pembelajaran agar lebih optimal dalam meningkatkan pembelajaran morfologi tumbuhan pada mahasiswa.Beberapa metode pembelajaran yaitu metode ceramah dan observasi lapangan, metode ceramah dan diskusi ilmiah, Metode ceramah dan praktikum & ceramah konvensional. Penelitian yang dilakukan oleh Indriyati & Nurwati (2001) tentang pembelajaran biologi dengan pokok bahasan manusia dengan menggunakan metode pendekatan SETS ternyata dapat menambah perhatian, minat dan hasil belajar mahasiswa.
Dengan pendekatan SETS yang didukung beberapa metode pembelajaran diharapkan dapat menyelesaikan masalah pembelajaran morfologi tumbuhan selama ini dan menciptakan suasana yang menyenangkan pada saat pembelajaran sehingga meningkatkan ketertarikan, perhatian serta keaktifan mahasiswa dan pada akhirnya mahasiswa mampu memahami materi pembelajaran morfologi tumbuhan yang disampaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar