BAB I
PENDAHULUAN
Ilmu
pengetahuan bagi manuasia merupakan suatu hal yang penting untuk
kelanjutan eksistensinya dan untuk mempertahankan hidupnya. Manusia
berpacu dengan waktu atau masa dan waktu itu ditentukan oleh
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu Allah SWT
membekali manusia dengan ilmu pengetahuan agar dapat mengatur dan
mengolah bumi untuk kepentingan seluruh umat manusia. Ilmu pengetahuan
itu dijadikan sebagai salah satu modal dasar untuk mengolah sumber daya
alam, agar manusia dapat lebih mengembangkan potensinya dalam mengenal
dan mengabdikan dirinya kepada Alloh SWT.
Manusia
yang dibina adalah makhluk yang memiliki unsur-unsur material (jasmani)
dan imaterial (akal dan jiwa). Pembinaan akalnya menghasilkan ilmu.
Pembinaan jiwanya menghasilkan kesucian dan etika, sedangkan pembinaan
jasmaninya menghasilkan keterampilan.
Untuk
lebih jelasnya berikut ini kami akan menguraikan dari mata kuliah Ilmu
Pendidikan Islam. dengan pembahasan Tujuan Ilmu Pendidikan Islam.
Demikianlah makalah ini kami buat dan sekiranya ada kekurangan yang
terdapat dalam makalah ini kami mohon ma'af dan kami siap menerima
kritikan sehat yang sifatnya membangun terutama dari Bapak/ Ibu Dosen
dan kepada sahabat-sahabati yang membaca makalah ini. Kami berharap
setelah membaca makalah yang sederhana ini kita dapat memetik ilmu dan
menambah wawasan kita semua.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
Membahas
masalah pendidikan tidak akan terlepas dari pengertian pendidikan
secara umum sehingga akan diperoleh batasan-batasan pengertian pedidikan
Islam secara lebih jelas.Menurut Hasan Langgulung, pengertian
pendidikan itu dapat ditinjau dari dua segi, yaitu dari sudut pandangan
masyarakat dan dari segi pandangan individu.
Masyarakat
memandang pendidikan sebagai pewarisan kebudayaan atau nilai-nilai
budaya baik yang bersifat ketrampilan, keahlian dari generasi tua kepada
generasi muda agar masyarakat tersebut dapat memelihara kelangsungan
hidupnya atau tetap memelihara kepribadiannya. Dari segi pandangan
individu pendidikan berarti upaya pengembangan potensi-potensi yang
dimiliki individu yang masih terpendam agar dapat teraktualisasi secara
konkrit, sehingga hasilnya dapat dinikmati oleh individu dan masyarakat.
Pada
prinsipnya tujuan pendidikan Islam haruslah selaras dengan tujuan
risalah Islam, sejalan dengan tujuan syari'at Islam. Karena itu tujuan
pendidikan Islam harus bersifat universal dan selalu aktual dengan
segala zaman, sebagaimana selalu aktualnya ajaran Islam, sehingga tujuan
syari'at Islam yang hendak mewujudkan rahmatan li al-alamin benar-benar
dapat direalisasikan.
Konsep
pendidikan Islam pada dasarnya berusaha mewujudkan manusia yang baik
atau manusia universal (insan kamil) yakni sesuai dengan fungsi
diciptakannya manusia dimana ia membawa dua misi, yaitu: pertama sebagai
'abdulloh (hamba Alloh) dan kedua, khalifatulloh fil ardl (wakil Alloh
di muka bumi).
- Tujuan Pendidikan IslamPendidikan adalah suatu proses dalam rangka mencapai suatu tujuan, tujuan pendidikan akan menentukan kearah mana peserta didik akan dibawa. Tujuan pendidikan Islam secara umum adalah untuk mencapai tujuan hidup muslim, yakni menumbuhkan kesadaran manusia sebagai makhluk Allah SWT agar mereka tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berakhlak mulia dan beribadah kepada-Nya.Tujuan pendidikan Islam adalah "suatu istilah untuk mencari fadilah, kurikulum pendidikan islam berintikan akhlak yang mulia dan mendidik jiwa manusia berkelakuan dalam hidupnya sesuai dengan sifat-sifat kemanusiaan yakni kedudukan yang mulia yang diberikan Allah Smelebihi makhluk-makhluk lain dan dia diangkat sebagai khalifah.Menurut Zakiah Daradjat Tujuan ialah suatu yang diharapkan tercapai setelah sesuatu usaha atau kegiatan selesai. Tujuan pendidikan bukanlah suatu benda yang berbentuk tetap dan statis, tetapi ia merupakan suatu keseluruhan dari kepribadian seseorang, berkenaan dengan seluruh aspek kehidupannya, yaitu kepribadian seseorang yang membuatnya menjadi "insan kamil" dengan pola taqwa. Insan kamil artinya manusia utuh rohani dan jasmani, dapat hidup berkembang secara wajar dan normal karena taqwanya kepada Allah SWT.Imam Al-Ghazali mengatakan bahwa tujuan pendidikan Islam yang paling utama ialah beribadah dan taqarrub kepada Allah, dan kesempurnaan insani yang tujuannya kebahagiaan dunia akhirat.Sedangkan Mahmud Yunus mengatakan bahwa tujuan pendidikan agama adalah mendidik anak-anak, pemuda-pemudi maupun orang dewasa supaya menjadi seorang muslim sejati, beriman teguh, beramal saleh dan berakhlak mulia, sehingga ia menjadi salah seorang masyarakat yang sanggup hidup di atas kakinya sendiri, mengabdi kepada Allah dan berbakti kepada bangsa dan tanah airnya, bahkan sesama umat manusia.Adapun Muhammad Athiyah Al-Abrasy merumuskan bahwa tujuan pendidikan Islam adalah mencapai akhlak yang sempurna. Pendidikan budi pekerti dan akhlak adalah jiwa pendidikan Islam, dengan mendidik akhlak dan jiwa mereka, menanamkan rasa fadhilah (keutamaan), membiasakan mereka dengan kesopanan yang tinggi, mempersiapkan mereka untuk suatu kehidupan yang suci seluruhnya ikhlas dan jujur. Maka tujuan pokok dan terutama dari pendidikan Islam ialah mendidik budi pekerti dan pendidikan jiwa.
Tujuan Pendidikan Islam Memiliki Ciri-Ciri Sebagai Berikut:- Mengarahkan manusia agar menjadi khalifah Tuhan dimuka bumi dengan sebaik-baiknya, yaitu melaksanakan tugas-tugas memakmurkan dan mengolah bumi sesuai dengan kehendak Tuhan.
- Mengarahkan manusia agar seluruh pelaksanaan tugas kekhalifahannya dimuka bumi dilaksanakan dalam rangka beribadah kepada Allah, sehingga tugas tersebut terasa ringan dilaksanakan.
- Mengarahkan manusia agar berakhlak mulia, sehingga tidak menyalahgunakan fungsi kekhalifahannya.
- Membina dan mengarahkan potensi akal, jiwa dan jasmaninya, sehingga ia memiliki ilmu, akhlak dan keterampilan yang semua ini dapat digunakan guna mendukung tugas pengabdian dan kekhalifahannya.
- Mengarahkan manusia agar dapat mencapai kebahagiaan hidup didunia dan diakhirat.
- Tujuan pendidikan Islam adalah membina dan memupuk akhlakul karimah. sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam:
عن ابي هر يرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : اِنَّمَا بُعِثْتُ لِاُ تَمِمَ مَكَا رِ مَ الْاَخْلاَقْ
- Dari Abu Hurairah Radliyallahu 'Anhu (semoga Allah meridlainya) ia berkata, bahwa Rasulallah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam telah bersabda: "Sesungguhnya aku diutus (oleh Allah) untuk menyempurnakan akhlak (manusia).
Menurut
Muhammad Athiyah Al-Abrasy dalam Kitab Al Tarbiyah Al Islamiyah wa
Falaasifatuha merumuskan bahwa tujuan pendidikan Islam adalah mencapai
akhlak yang sempurna. Pendidikan budi pekerti dan akhlak adalah jiwa
pendidikan Islam, dengan mendidik akhlak dan jiwa mereka, menanamkan
rasa fadhilah (keutamaan), membiasakan mereka dengan kesopanan yang
tinggi, mempersiapkan mereka untuk suatu kehidupan yang suci seluruhnya
ikhlas dan jujur. Maka tujuan pokok dan terutama dari pendidikan Islam
ialah mendidik budi pekerti dan pendidikan jiwa.
- Prinsip-Prinsip Dalam Formulasi Tujuan Pendidikan IslamTujuan pendidikan islam mempunyai prinsip-prinsip tertentu guna menghantar tercapainya tujuan pendidikan. Prinsip itu adalah:
- Prinsip universal (syumuliyah). Prinsip yang memandang keseluruh aspek agama ( aqidah, ibadah dan ahklak, serta muamalah), manusia ( jasmani, rohani, dan nafsani), masyarakat dan tatanan kehidupannya, serta adanya wujud jagat raya dan hidup.
- Prinsip keseimbangan dan kesederhanaan (tawazun qaiatishadiyah) prinsip ini adalah keseimbangan antara berbagai aspek kehidupan pada pribadi, berbagai kebutuhan individu serta tuntunan pemeliharaan kebudayaan, social, ekonomi, dan politik untuk menyelesaikan semua masalah dalam menghadapi tuntutan masa depan.
- Prinsip kejelasan (tabayun) prinsip yang didalamnya terdapat ajaran dan hokum yang member kejelasan terhadap kejiwaan manusia.
- Prinsip tak bertentangan. Prinsip yang didalamnya terdapat ketiadaan pertentangan berbagai unsure dan cara pelaksanaannya sehingga antara satu komponen dengan komponen yang lain saling mendukung.
- Prinsip realisme dan dapat dilaksanakan.
- Prinsip perubahan yang di ingini.
- Prinsip menjaga perbedaan-perbedaan individu.
- Prinsip dinamis dalam menerima perubahan dan perkembangan yang terjadi pelaku pendidikan serta lingkungan dimana pendidikan itu dilaksanakan.
- Formulasi Tujuan Pendidikan Islam
Upaya dalam mencapai tujuan pendidikan harus dilaksanankan dengan semaksimal mungkin, walaupun pada kenyataannya manusia tidak mungkin menemukan kesempurnaan dalam berbagai hal.Abd al-rahman shaleh abd allah menyatakan tujuan pendidikan islam dapat diklarisifikasikan menjadi empat dimensi, yaitu:- Tujuan pendidikan jasmaniMempersiapkan diri manusia sebagai pengemban tugas kholifah dibumi, melalui ketrampilan-ktrampilan fisik
- Tujuan pendidikan rohaniMeningkatkan jiwa dari kesetiaan yang hanya kepada allah SWT semata dan melaksanakan moralitas yang ditaladani oleh Nabi SAW.
- Tijuan pendidikan akalPengarahan inteligensi untuk menemukan kebenaran sebab-sebabnya dengan talaah tanda-tanda kekuasaan allah dan menemukan pesan-pesan ayatnya yang berimplikasi kepada peningkatan iman kepada sang pencipta.
- Tujuan pendidikan sosial.
- Tujuan pendidikan sosial adalah pembentukan kepribadian yang utuh yang menjadi bagian komonitas sosial.
Rumusan tujuan pendidikan islam yang dihasilkan dari seminar pendidikan islam sedunia tahun 1980 di Islamabad yang menyatakan pendidikan seharusnya bertujuan mencapai pertumbuhan yang seimbang dalam kepribadian manusia secara total melalui pelatihan spiritual, kecerdasan, rasio, perasaan dan panca indra. Oleh karna itu pendidikan seharusnya pelayanan bagi pertumbuhan manusia dalam segala aspek spiritual, intelektual, imajinasi, fisik, ilmiecara kolektifah,n s linguistic, baik secara individu maupun secara kolektif dan memotivasi semua aspek tersebut kearah kebaikan dan pencapaian kesempurnaan.
BAB III
KESIMPULAN
Dari
pembahasan diatas, maka dapat penulis simpulkan bahwa tujuan pendidikan
islam pada intinya adalah : Terwujudnya manusia sebagai hamba Allah.
Jadi menurut Islam, pendidikan haruslah menjadikan seluruh manusia yang
menghambakan kepada Allah. Yang dimaksud menghambakan diri ialah
beribadah kepada Allah. Islam menghendaki agar manusia dididik supaya ia
mampu merealisasikan tujuan hidupnya sebagaimana yang telah digariskan
oleh Allah SWT. Dan mengantarkan anak didik menjadi kholifah di bumi
guna mencapai kebahagian dunia dan akherat.
Pendidikan
adalah suatu proses dalam rangka mencapai suatu tujuan, tujuan
pendidikan akan menentukan kearah mana peserta didik akan dibawa. Tujuan
pendidikan Islam secara umum adalah untuk mencapai tujuan hidup muslim,
yakni menumbuhkan kesadaran manusia sebagai makhluk Allah SWT agar
mereka tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berakhlak mulia dan
beribadah kepada-Nya.
Pendidikan
Islam adalah usaha merubah tingkah laku individu didalam kehidupan
pribadinya atau kehidupan kemasyarakatannya dan kehidupan dalam alam
sekitar melalui proses pendidikan.
Tujuan
pendidikan Islam adalah "suatu istilah untuk mencari fadilah, kurikulum
pendidikan islam berintikan akhlak yang mulia dan mendidik jiwa manusia
berkelakuan dalam hidupnya sesuai dengan sifat-sifat kemanusiaan yakni
kedudukan yang mulia yang diberikan Allah Subhanahu wa Ta'ala melebihi
makhluk-makhluk lain dan dia diangkat sebagai khalifah.
Demikianlah
makalah ini penulis sampaikan, dengan segala keterbatasan tentunya jauh
dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, penulis mengharapkan kepada
kawan-kawan untuk sharing dalam masalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
http://dharwanto.blogspot.com/2011/08/tujuan-pendidikan-islam.html
Mujib Abdul. 2006.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta. Kencana Prenada Media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar